ANALISIS ISI KUALITATIF KOMUNIKASI DIGITAL AKUN INSTAGRAM @BTN_GN_RINJANI DALAM KAMPANYE ZERO WASTE

Authors

  • Dahlia Dahlia Universitas Ahmad Dahlan
  • Ardiyanto Wardhana Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31539/608p0203

Keywords:

Analisis Isi; Instagram; Komunikasi Digital; Kampanye Zero Waste

Abstract

Masalah sampah di Indonesia, khususnya limbah plastik dan sisa makanan, mencapai level mengkhawatirkan dengan 33% tidak terkelola pada tahun 2023. Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menghadapi masalah besar karena penumpukan sampah dari para pendaki. Menanggapi hal ini, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) meluncurkan inisiatif "Go Rinjani Tanpa Sampah 2025," yang melarang penggunaan plastik sekali pakai dan mewajibkan penggunaan wadah daur ulang. Kampanye ini ditujukan melalui akun Instagram resmi @btn_gn_rinjani sebagai kanal utama untuk distribusi informasi dan edukasi. Penelitian ini mengkaji pola narasi, teknik visual, strategi partisipatif, serta mutu keterlibatan konten Instagram @btn_gn_rinjani dengan menggunakan analisis isi kualitatif. Temuan riset mengindikasikan bahwa akun ini berhasil dalam pendidikan visual (gambar, video, infografis) yang menyoroti tanggung jawab pendaki dan memperlihatkan kegiatan pembersihan jalur. Komunikasi juga berperan aktif dalam mendorong partisipasi komunitas melalui posting gotong royong dan membagikan konten pengguna, membangun rasa kebersamaan. Pemakaian hashtag yang konsisten seperti #rinjanizerowaste dan #Rinjanikita, ditambah dengan ajakan bertindak yang jelas, berhasil meningkatkan interaksi. Akun ini secara unik menggambarkan alam Rinjani sebagai makhluk hidup yang harus dilindungi, menumbuhkan rasa empati. Studi ini berkontribusi pada pengembangan komunikasi lingkungan digital yang didasarkan pada bukti dan praktik unggulan dalam kampanye pelestarian.

References

ANTARA News. (2023). Konsep "zero waste" jadi solusi paling realistis untuk tangani sampah. (https://www.antaranews.com/berita/3428160/konsep-zero-waste-jadi-solusi-paling-realistis-untuk-tangani-sampah diakses 18 Juli 2025)

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora. (2024). Strategi Komunikasi Pembangunan dalam Pemanfaatan Media Sosial Instagram oleh @Giliecotrust sebagai Media Kampanye Zero Waste.

Bea Johnson, 2013, The Ultimate Guide to Simplifying Your Life by Reducing Your Waste, Penguin Books, London.

Blumer, H. (1969). Symbolic Interactionism: Perspective and Method. Berkeley: University of California Press.

Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2007). Social network sites: Definition, history, and scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 13(1), 210–230. https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2007.00393

CNBC Indonesia. (2024). RI Hasilkan 69,7 Juta Ton Sampah per Tahun, Ini Datanya (https://www.cnbcindonesia.com/news/20240625131019-4-549127/ri-hasilkan-697-juta-ton-sampah-per-tahun-ini-datanya diakses 17 Juli 2025)

Fleishman, A. (1989). Some Surefire Ways to Foul up Communication. ET Cetera, 56(2), 121–167.iyaa

GoodStats. (2024). Jutaan Ton Sampah Tidak Terkelola di 2024.

Hadisaputro, D. F., & Hernawati, R. I. (2020). Sosialisasi Zero Waste Lifestyle DiLingkungan Fakultas Ekomoni & Bisnis Universitas Dian Nuswantoro. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat,3(3),165-172

History, A. (2025). SOCIAL MOVEMENTS IN PROMOTING ENVIRONMENTAL AWARENESS : ZERO WASTE. 5(1), 192–221. https://doi.org/10.46306/bbijbm.v5i1.122

IAPA. (2023). Peran komunikasi digital dalam pembentukan opini publik. Proceedings of IAPA Conference, 1-15.

Iqbal, M., & Suheri, T. (2019). Kampanye Zero Waste di Cibunut, Bandung.

JATIMTIMES. (2024). Rinjani Menuju Zero Waste 2025: Pendaki Wajib Gunakan Wadah Daur Ulang (https://jatimtimes.com/baca/326487/20241130/151100/rinjani-menuju-zero-waste-2025-pendaki-wajib-gunakan-wadah-daur-ulang diakses 17 Juli 2025)

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Katadata. (2024). Seruan Mendaki Nol Sampah Menggema di Gunung Rinjani.

Kim, D. K. D., & Kim, G. L. (2020). An Analysis of Government Communication in the United States During the COVID-19 Pandemic: Recommendations for Effective Government Health Risk Communication. World Medical and Health Policy, 12(4), 398–412. https://doi.org/10.1002/wmh3.363

Krippendorff, K. (2018). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. Sage Publications.

Kriyantono, R. (2008). Manajemen Periklanan: Teori dan Praktik. Universitas Brawijaya Press.

Kurniawan, S., & Sari, M. . (2020). Konsep Dasar Perancangan Wisata Gastronomi di Kecamatan Ubud, Gianyar. Jurnal Ilmiah Arsitektur Universitas Warmadewa, 10(2), 356–364. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/undagi/index

Laksana, A., Ferdiana, R., & Falah, M. (2023). Strategi komunikasi digital yang efektif dalam membangun citra positif dan kepercayaan masyarakat. Jurnal Komunikasi Digital, 5(2), 45-60.

Lester, F. K. (2013). Thoughts About Research on Mathematical Problem-Solving Instruction. The Mathematics Enthusiast. MCB UP Ltd.

Lindenfeld, & Kenslea. (2019). A Narrative Systematic Review of Life Skills Education: Effectiveness, Research Gaps and Priorities. International Journal of Adolescence and Youth, 24(3), 362–379. https://doi.org/10.1080/02673843.2018.1479278

Nafsyah, A. S., Maulidyah, S. R., Nurlia, A. S., & Adhyanti, W. P. (2022). Analisis konten media sosial Instagram by. u sebagai media penyebaran informasi & komunikasi. MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 1.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial : Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Nelson, T. O. (1984). Metamemory: A Theoretical Framework and New Findings (G. H. B. T.-P. of L. and M. Bower (ed.); Vol. 26, pp. 125–173). Academic Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0079-7421(08)60053-5

Norgaard, K. M. (2011). Living in Denial: Climate Change, Emotions, and Everyday Life. MIT Press.

Onong Uchjana Effendy, Hubungan Masyarakat : Suatu Studi Komunikologis. Bandung, Indonesia: Remaja Rosda Karya, 2002

Pendidikan, A. J., Sains, S. D. A. N., & Lingkungan, D. P. (2022). Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains. 2.

Rogers, E. M., & Kincaid, L. (1981). Communication Networks : Toward a New Paradigm For Research. McGraw Hill Education.

Setiawan, D., & Kurniawan, A. (2022). Peran storytelling dalam strategi komunikasi digital untuk pemasaran dan edukasi. Jurnal Pemasaran Digital, 4(1), 12-25.

Suhendra, S., & Selly Pratiwi, F. (2024). Peran Komunikasi Digital dalam Pembentukan Opini Publik: Studi Kasus Media Sosial. Iapa Proceedings Conference, 293. https://doi.org/10.30589/proceedings.2024.1059

Swarnawati, A., Yuningsih, S., Purnamasari, O., & Nurhayati, E. S. (2023). Strategi komunikasi lingkungan dalam kampanye minim sampah. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 7(1), 77-88.

Tempo.co. (2025). Penanganan Sampah di Indonesia

(https://www.tempo.co/data/data/penanganan-sampah-di-indonesia-1210880 diakses 17 Juli 2025)

Uthama Satyavira, J., & Kartika, T. (2024). Strategi Komunikasi Pembangunan dalam Pemanfaatan Media Sosial Instagram oleh @Giliecotrust sebagai Media Kampanye Zero Waste. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(3), 1553–1562. https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i3.680

Viva.co.id. (2024). Zero Waste Movement: Langkah Nyata untuk Selamatkan Bumi

Zaxrie, S. A., Rina, N., Thoibah, S., Putri, K., & Sosial, M. (2024). Peran Media Sosial Sebagai Saluran Komunikasi Digital Dalam Kehumasan The Role Of Social Media As A Digital. Indonesian Jurnal of Digital Public Relations, 3(1), 26–39.

Downloads

Published

2025-11-02