FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT GENERASI Z DALAM MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL APLIKASI DANA DI KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31539/97t9vm36Keywords:
Minat Penggunaan, Generasi Z, Dompet Digital, Teknologi Finansial, Inovasi, DANA.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat Generasi Z dalam menggunakan aplikasi dompet digital DANA di Kota Semarang. Fokus utama penelitian adalah pada lima variabel independen, yaitu kemudahan penggunaan, keamanan, literasi keuangan, pemahaman terhadap teknologi finansial, dan inovasi. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei terhadap 135 responden Generasi Z yang merupakan pengguna DANA. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel teknologi finansial dan inovasi yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan aplikasi DANA. Sementara itu, kemudahan penggunaan, keamanan, dan literasi keuangan tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa minat Generasi Z dalam menggunakan dompet digital lebih dipengaruhi oleh pemahaman mereka terhadap teknologi dan ketertarikan terhadap fitur-fitur baru yang inovatif, dibandingkan aspek teknis lainnya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembang aplikasi keuangan dan pihak terkait untuk meningkatkan adopsi layanan keuangan digital di kalangan generasi muda.
References
(OJK), O. J. K. (2022). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-2022.aspx
Ajzen, I. (2020). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324. https://doi.org/10.1002/hbe2.195
Arta, I. A., Chasanah, A. N., Prawitasari, D., & Samasta, A. S. (2025). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA DI ERA DIGITAL. 5(1), 4306–4319.
Aulia, A., & Hartono, S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Financial Technology dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Penggunaan Digital Wallet. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 26(1), 1–12.
Aurel, V., Abdurrahman, A., & Indriya, F. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Risk dan Trust Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Pospay. SEIKO: Journal of Management & …, 6(1), 48–61. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3410
Budianto, A. N., Yudi, S., & Yuliani, I. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Adopsi Mobile Payment di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 1–15.
Cholid, M. N., & Adityo, T. H. (2021). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan Dompet Digital (Studi Kasus pada Pengguna LinkAja di Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(11), 1–17.
Dewi, L. P., & Jatra, I. M. (2023). Pengaruh Norma Subjektif dan Kontrol Perilaku yang Dirasakan terhadap Niat Pembelian Online pada Mahasiswa. Jurnal Manajemen Bisnis, 20(1), 77–90.
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2020). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Indonesia., B. (n.d.). Statistik Sistem Pembayaran Digital di Indonesia. https://www.bi.go.id
Indonesia, B. (2023). Statistik Sistem Pembayaran Digital di Indonesia. https://www.bi.go.id/id/statistik/sistem-pembayaran/uang-elektronik/
Indonesia, D. (2024). Tentang Kami dan Statistik Pengguna. https://www.dana.id/
Junaedi, E., & Neneng, N. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Pt. Bank Syariah Indonesia Di Tangerang. I-BEST: Islamic Banking & Economic Law Studies, 2(1), 13–32. https://doi.org/10.36769/ibest.v2i1.338
Keuangan, O. J. (2022). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021-2025. OJK.
Kurniati, R., Utami, A. D., & Noviarini, R. (2023). Peran Inovasi Produk dan Promosi dalam Meningkatkan Loyalitas Pengguna Aplikasi Mobile Banking Generasi Z. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 26(1), 101–115.
Laloan, W. T. J., Wenas, R. S., & Loindong, S. S. R. (2023). EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO THE INFLUENCE OF EASE OF USE , PERCEIVED BENEFITS , AND RISKS ON INTEREST IN QRIS E-PAYMENT USERS IN STUDENTS OF THE FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS , Jurnal EMBA Vol . 11 No . 2 April 2023 , Hal . 375. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(2), 375–387.
Lestari, R. T., Setyawati, E., & Sukirno, A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Aplikasi Pembayaran Digital pada Mahasiswa Generasi Z. Jurnal Manajemen, 14(3), 321–335.
Safitri, M., Oktavia, V., & Oktoriza, L. A. (2025). Perencanaan Keuangan Dan Niat Investasi Di Antara Generasi Milenial: Efek Moderatif Dari Toleransi Risiko. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 13(01), 1–9. https://doi.org/10.35450/jip.v13i1.1006
Nurjanah, S., Handayani, R., & Rahmawati, A. (2021). Pengaruh Inovasi dan Promosi Terhadap Minat Penggunaan Fintech pada Mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 11(2), 167–180.
Pranata, F., Hartono, S., & Arista, D. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Keamanan, dan Kontrol Perilaku yang Dirasakan terhadap Minat Menggunakan Pembayaran Digital. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 45–58.
Prasetio, B. B., Wijayanti, I. E., & Kurniawan, D. (2022). Peran Keamanan dan Kepercayaan dalam Keputusan Pembelian Online: Studi pada E-Commerce. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 22(1), 1–14.
Putri, N. A., Kurniawan, R., & Widiastuti, R. (2023). Perilaku Penggunaan E-Wallet pada Generasi Z: Studi Kasus di DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 10(1), 1–15.
Rachman, A. (2021). Implementasi Model TPB pada Adopsi Layanan Keuangan Digital oleh Gen Z dengan Faktor Feature Usability dan Accessibility Menggunakan SEM dan R Programming. Telkom University Open Library. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/212779/
Rinjani, A. N., Nandika, K. A., Dahnaily, S., Nafisiyah, M., & Fauziyah, I. S. (2024). Pengaruh Bank Digital Terhadap Minat Gen Z. Indonesian Journal of Economics, Management, and Accounting, 1(4), 210–215.
Riyanto, F., Purusa, N. A., Zakaria, F., & Chaichotchuang, E. (2025). Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis Behavioral Factors Determining Interest in Using Online Loans Generation Z : A Study in Indonesia. 10(1), 55–65. https://doi.org/10.33633/jpeb.v10i1.12147
Rosanti, R. R., & Wijaya, E. D. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengalaman Penggunaan, dan Risiko terhadap Minat Generasi Z Menggunakan Layanan FinTech. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 28(1), 35–49.
Salsabila Aninda, P., Wibowo Noor Fikri, A., Indra Wahyu Putra, C., Kurniawan, D., & Hasanuddin. (2025). Pengaruh Financial Technology, Literasi Keuangan, Motivasi Investasi Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Pada Generasi Z Di Kecamatan Tambun Selatan. 2(2), 1122–1131.
Sari, D. R., Maulana, A., Rosa, A., & Wahab, Z. (2024). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan (Behavior Intention) Aplikasi Brimo di Kota Prabumulih. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(11), 6773–6789. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i11.52258
Setiawan, A., & Susilo, A. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Pembayaran Digital. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 123–138.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (3 (ed.)). Alfabeta.
Sukmawati, D., Rofiq, M., & Amalia, R. (2022). Literasi Keuangan dan Minat Mahasiswa Menggunakan Fintech: Perspektif Generasi Z. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 26(2), 245–258.
Syamsurizal, A., Wibowo, S., & Santoso, A. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Financial Technology dan Minat Penggunaan Digital Wallet. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(2), 150–165.
Utami, N. P., & Junaidi, J. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Pengguna Terhadap Keamanan Transaksi Digital. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 1–14.
Veronica Ong, & Nuryasman MN. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, DanLiterasi Keuangan Terhadap Minat Penggunaan Linkaja. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 04(02), 516–524.
Wahyuningtyas, D., Nugroho, A., & Fitriana, R. (2020). Persepsi Keamanan dan Kepercayaan Pengguna Terhadap Aplikasi Mobile Payment. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 22(1), 89–102.
Wibowo, S., Santoso, A., & Puspita, R. (2022). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Adopsi Dompet Digital dengan Model UTAUT2. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 1–15.
Widiyati, H. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Dompet Digital di Kota Semarang. Jurnal Sentrikom, 11(2), 134–143. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/Sentrikom/article/view/3401
Yunita Sirait, S., Moody Manalu, H., & Simbolon, R. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Financial Technology terhadap Inklusi Keuangan. Bandung Conference Series: Business and Management, 4. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i1.2388
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Krisna Yunantha Putra Ariyadi, Fakhmi Zakaria, Linda Ayu Oktoriza, Almira Santi Samasta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

