PENGARUH PEMASARAN HIJAU, WORD OF MOUTH, DAN KESADARAN MEREK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK EIGER
DOI:
https://doi.org/10.31539/vwb49390Keywords:
Pemasaran Hijau, Word of Mouth, Kesadaran Merek, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran hijau, word of mouth, dan kesadaran merek pada keputusan pembelian produk Eiger (Studi kasus eiger store kabupaten banyumas). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitaf dengan pendekatan kausalitas. Sampel penelitian berjumlah 125 responden yang pernah membeli produk eiger di Store kabupaten banyumas, dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemasaran hijau berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan variabel kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta secara simultan pemasaran hijau, word of mouth, dan kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Eiger.
References
Arviana, N. D., Baidlowi, I., Hidayat, M. S., & Timur, J. (2024). Pengaruh Strategi Green Marketing , Green Product dan Green Brand terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Ramah Lingkungan ( Studi Pada The Body Shop di Mojokerto ) lama menjadi salah satu pelopor dalam industri kecantikan yang berkomitmen pada pri. Journal of Management and Social Science, 3(3).
Ayes, Y. T., Hariyadi, G. T., Yovita, L., & Putra, F. I. F. S. (2024). Diferensiasi Produk, Eco-label, Dan Brand Awareness Sebagai Peran Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Produk Eiger. Jurnal Maneksi, 13(2), 500–512. https://doi.org/10.31959/jm.v13i2.2327
E.Fransisca. (2018). Pengaruh brand awareness dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 53(9), 1689–1699.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Sembilan) Edisi 10. In Semarang, Universitas Diponegoro.
Khanady, K., & Susanto, S. (2022). E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian. BISMA Cendekia, 2(3), 151–157. https://doi.org/10.56473/bisma.v2i3.79
Marketing, G., Ambassador, B., Brand, D. A. N., Nabila, M. S., Made, N., Pratiwi, I., Mulyati, A., Perkembangan, F., Makanan, B., Kunci, K., Marketing, G., Ambassador, B., & Awareness, B. (2024). AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FORE COFFEE. 10(2), 50–61.
Nabella, S., & Ida, F. (2024). Pengaruh Word Of Mouth, Persepsi Harga, Brand Image, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Ulang Hand & Body Vaseline di Kota Semarang. Economics and Digital Business Review, 5(1), 439–452.
Nabila Ayu Khairunnisa, Oktini, D. R., & Permana, R. M. T. (2024). Pengaruh Word Of Mouth dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Bandung Conference Series: Business and Management, 4(1), 65–72. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v4i1.10199
Pidada, I. A. I., & Supartyani, N. W. (2022). Gaining Purchase Intention By Electronic Word of Mouth and Brand Ambassador. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga, 32(1), 70–80. https://doi.org/10.20473/jeba.v32i12022.70-80
Pramesti Kusnara, H., Sri Rahmawati, R., & Vindria Rusman Putri, T. (2024). Tren Konsumen Generasi Z dalam Pembelian Online Produk Eiger: Implikasi bagi Strategi Pemasaran Bisnis Digital. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 3388–3395.
Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV (Issue April).
Ramadhan, M., Simon, Z. Z., & Zhafiraah, N. R. (2024). The effect of Green Marketing, Brand Image, Advertising and Price on Purchasing Decisions. Marketing and Business Strategy, 1(2), 93–106. https://doi.org/10.58777/mbs.v1i2.225
Salam, A., & Sukiman, S. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Merek Aqua. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 69. https://doi.org/10.32502/jimn.v11i1.3427
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). PENGARUH DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07
Suherman, A. A., & Puspaningrum, A. (2023). Pengaruh Green Marketing, Green Brand Image, dan Green Trust Terhadap Purchase Decision. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 2(4), 1002–1012. https://doi.org/10.21776/jmppk.2023.02.4.15
Wafa, S., Ramadhani, V., Prabawani, B., & Purbawati, D. L. (2022). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nike Basketball Shoes ( Studi pada Komunitas Bola Basket di Wonosobo ) Pendahuluan Perkembangan teknologi pada era globalisasi mengakibatkan perusahaan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 257–264.
Winalda, I. T., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Word of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1573–1582. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1573-1582
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shelvia Nur Pangesty, Faizal Rizky Yuttama, Puspita Lianti Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.