PENGARUH MANAJEMEN KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA (K3) DAN KEADILAN ORGANISASI TERHADAP KEBERLANJUTAN PERUSAHAAN: KOMITMEN AFEKTIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS: PT. MUTIARA AGAM, KABUPATEN AGAM)

Authors

  • Meiviana Mustika Universitas Bung Hatta
  • Zaitul Zaitul Universitas Bung Hatta
  • Listiana Sri Mulatsih Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.31539/yzz1xw13

Keywords:

Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Keadilan Organisasi, Komitmen Afektif, Keberlanjutan Perusahaan, PT Mutiara Agam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Keadilan Organisasi terhadap Keberlanjutan Perusahaan dengan Komitmen Afektif sebagai variabel mediasi pada PT Mutiara Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) untuk menguji hipotesis yang telah dikembangkan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 155 responden yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Keberlanjutan Perusahaan, sedangkan Keadilan Organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Keberlanjutan Perusahaan. Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja juga tidak berpengaruh signifikan terhadap Komitmen Afektif, sedangkan Keadilan Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Komitmen Afektif. Selain itu, Komitmen Afektif tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Keberlanjutan Perusahaan namun dengan arah negatif. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa Komitmen Afektif tidak memediasi pengaruh Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja terhadap Keberlanjutan Perusahaan, tetapi memediasi pengaruh Keadilan Organisasi terhadap Keberlanjutan Perusahaan dengan tipe indirect-only mediation.

References

Berkelanjutan, D. A. N. (2024). Peran ekonomi syariah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi hijau dan berkelanjutan. 255–262.

Dumitriu, D., Militaru, G., Deselnicu, D. C., Niculescu, A., & Popescu, M. A. M. (2019). A perspective over modern SMEs: Managing brand equity, growth and sustainability through digital marketing tools and techniques. Sustainability (Switzerland), 11(7), 1–24. https://doi.org/10.3390/su11072111

Dyllick, T., & Hockerts, K. (2002). Beyond the business case for corporate sustainability. Business Strategy and the Environment, 11(2), 130–141. https://doi.org/10.1002/bse.323

Greenberg, J. (1987). A Taxonomy of Organizational Justice Theories. Academy of Management Review, 12(1), 9–22. https://doi.org/10.5465/amr.1987.4306437

Neal, A., & Griffin, M. A. (2006). A study of the lagged relationships among safety climate, safety motivation, safety behavior, and accidents at the individual and group levels. Journal of Applied Psychology, 91(4), 946–953. https://doi.org/10.1037/0021-9010.91.4.946

Tan, Z. C., Tan, C. E., & Choong, Y. O. (2023). Occupational Safety & Health Management and Corporate Sustainability: The Mediating Role of Affective Commitment. Safety and Health at Work, 14(4), 415–424. https://doi.org/10.1016/j.shaw.2023.10.006

Downloads

Published

2025-10-05