TINJAUAN SISTEMATIS TENTANG STRATEGI, TANTANGAN, DAN PENINGKATAN DAYA SAING UMKM DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31539/m2n6a548Keywords:
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Indonesia, strategi manajerial, tantangan struktural, adaptasi digital, tinjauan literatur sistematisAbstract
Tinjauan literatur sistematis ini menegaskan peran kritis Usaha Mikro,Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian Indonesia, dengan kontribusi signifikan terhadap PDB dan penyerapan tenaga kerja. Mensintesis temuan dari sepuluh studi terkini (2021-2024), makalah ini mengkaji tantangan multidimensional—internal dan eksternal—yang dihadapi UMKM. Kajian ini mengidentifikasi respons strategis kunci, yang meliputi adopsi pemasaran digital, inovasi produk, pengembangan manajemen operasional dan SDM, serta dukungan kolaboratif pemerintah dan lembaga. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi-strategi tersebut secara sinergis sangat penting untuk meningkatkan keunggulan kompetitif, ketahanan bisnis, dan ekspansi pasar. Temuan ini memberikan arahan jelas bagi perumusan kebijakan dan landasan berharga bagi penelitian lanjutan, menjembatani kesenjangan antara wacana akademis dan penerapan praktis di era digital.
References
Aini, A. N., Safitri, E. N., Majalina, G., Abidin, M. Z., & Khoiriawati, N. (2024). Analisis Peluang Dan Tantangan Teknologi Terhadap Pemberdayaan UMKM Di Indonesia. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(5), 2564–2571. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2842
Anfas, A., & Hidayanti, I. (2022). Keunggulan Bersaing UMKM Berbasis Sumber Daya di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 484–494. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i1.3500
Aprieni, Meilantika, F. R., Sihotang, L., & S, F. V. R. (2024). UMKM Memiliki Peran Penting Dalam Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 2(4), 188–193. https://doi.org/10.59024/jise.v2i4.976
Berliandaldo, M., Wijaya Holman Fasa, A., Kholiyah, S., Chodiq, A., & Hendrix, T. (2021). Transformasi Digital Dan Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Yang Adapti F Dan Berkelanjutan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Analis Kebijakan, 4(2), 54–73. https://doi.org/10.37145/jak.v4i2.468
Budiarti, E., & Kurniati, K. N. (2024). Developing Children’s Creativity Through the TikTok Social Media Platf orm. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 18(1), 154–169. https://doi.org/10.21009/jpud.181.11
Damayanti, A., & Suwandi. (2025). Peningkatan Literasi Digital dan Pemasaran Online UMKM di Desa Karang Anyar. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi Dan Politik, 3(2), 452–459. https://doi.org/10.61787/erevww53
Dian Rahmawati, I., Sumarno, S., & Komala Sari, D. (2024). Digitalisasi Umkm dan Peningkatan Literasi Keuangan Pada UMKM. Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 33–41. https://doi.org/10.51771/jukeshum.v4i1.720
Diniati, A., Sutarjo, M. A. S., & Primasari, I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran Digital bagi Pelaku UM KM Kabupaten Sumedang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 553–561. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i4.458
Gunartin, G. (2017). Penguatan UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. https://doi.org/10.32493/eduka.v2i2.3764
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Hasaniyah, A., Wahyuni, U., & Habibi, N. S. (2025). Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Era Ekonomi Digital. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 952–961. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41725
Muharam, H., Gursida, H., Hurdawaty, R., Asmana, Y., Hammad, H., & Suyatno, E. (2023). Sosialisasi Akses Permodalan Di UMKM Tajur Halang MAkmur Kabupaten Bog or Jawa Barat. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 188–196. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v4i1.95
Pahlevi, A. S. (2017). Gagasan Tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional (Studi pada Pote nsi, Peluang dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Kota Malang).
PradonoTri, P., Minarsih, M. M., & Fathoni, A. (2015). Pengaruh Modal, Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dan Promosi Terhadap Pemberdayaan UMKM (Studi Kasus Pada Pemilik Usaha di Sekitar Pasar Babadan, Ungaran).
Ramadhan, A. R., & Nafia, N. (2024). Strategi Adaptasi Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Pada Masa Pandemi Dan Pasca Pandemi. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (JEBISMA), 2(2). https://doi.org/10.70197/jebisma.v2i2.73
Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pa sar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65
Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592
Sitorus, O. F., Ningsih, R. A., Andini, A., Rahmawati, N. A., & Alfarisi, M. Y. (2025). Mengatasi Tantangan Transformasi Digital Umkm: Tantangan Dan Solusi Me lalui Kegiatan Pendampingan di Jakarta dan Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(6), 939–948. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2768
Sunarso, S. (2020). Peran Kreativitas Dan Inovasi Usaha Dalam Meningkatkan Nilai Tambah Produk UKM. https://doi.org/10.33370/PRC.V3I0.442
Sundah, P. M., Adeline, C., & Purba, H. (2021). Digitalisasi UMKM sebagai Langkah Mewujudkan Pemulihan dan Resiliensi Pelaku Usaha di Masa Pandemi. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corpora Te Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 1202–1206. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1228
Syamsulbahri, D. (2018). UMKM Dalam Perspektif Pembiayaan Inklusif Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 26(1), 59–76. https://doi.org/10.14203/jep.26.1.2018.59-76
Triwijayati, A., Luciany, Y. P., Novita, Y., Sintesa, N., & Zahruddin, A. (2023). Strategi Inovasi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pertumbuhan Organisasi di Era Digital. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(03), 306–314. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i03.564
Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonom i Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170–186. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i3.1147
Yunus, R. M. (2022). Tantangan UMKM Dalam Memasuki Pemasaran Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1689–1698. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2624
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mohamad Irfan, Abdurrohim Abdurrohim, Agus Usman, M Irfan Nst

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.