ANALISIS PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE, SHOPPING LIFESTYLE, AVAILABILITY OF MONEY, DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PELANGGAN E-COMMERCE

Authors

  • Nadhifah Khoirunisa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhammad Abdul Aris Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31539/xbsvhr02

Keywords:

Hedonic Shopping Value, Shopping Lifestyle, Availability of Money, Positive Emotion, Impulsive Buying.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Hedonic Shopping Value, Shopping Lifesyle, Availability of Money, dan Positive Emotion terhadap Impulsive Buying pada pelanggan e-commerce. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Populasi penelitian adalah penggunaan e-commerce di Kota Surakarta dan sekitarnya, dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden yang ditentukan menggunakan rumus Lameshow dan teknik pengambilan sampel acak (random sampling). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disusun berdasarkan indicator setiap variabel dan dianalisis menggunakanregresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Hedonic Shopping Value, Shopping Lifesyle, Availability of Money, dan Positive Emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying. Secara simultan, keempat variabel independent tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap Impulsive Buying. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi nilai hedonis, gaya hidup berbelanja, ketersediaan uang, serta emosi positif yang dirasakan konsumen, maka semakin besar kecenderungan konsumen untuk melakukan pembelian impulsif pada platform e-commerce. Implikasi penelitian ini adalah bahwa pelaku bisnis e-commerce perlu memeperhatikan faktor-faktor hedonis, gaya hidup, ketersediaan uang, dan penciptaan pengalaman belanja yang menimbulkan emosi positif agar mampu mendorong keputusan pembelian impulsif yang menguntungkan perusahaan.

References

Aini, N. K., & Trifiyanto, K. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Value, Shopping Lifestyle, Money Availability terhadap Impulse Buying. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 5(2), 166–180. https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i2.435

A. Muri Yusuf. (2010). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Vol. 17). https://kangkholidblog.wordpress.com/wp-content/uploads/2021/10/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-penelitian-gabungan-by-muri-yusuf-z-lib.org_.pdf?utm_source=chatgpt.com

Adeoye, M. A. (2023). Review of sampling techniques for education. ASEAN Journal for Science Education, 2(2), 87–94. https://ejournal.bumipublikasinusantara.id/index.php/ajsed

Ahmad Maulana, Mukhlis, N. N. (2019). The Effect of Shopping Life Style and Positive Emotion on Buying Impulse(Case Studyof thePalembang City Hypermarket. 11(1), 373426.

Amin, N., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Jurnal Al-Istishna Perbandingan Tingkat Kepatuhan Syariah Terhadap Penggunaan E-Wallet Antara Generasi Milenial dan Generasi Z di Kecamatan Tanete Riattang. 01(02), 107–120.

Anggreani, D. D. M. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Perilaku Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Pada Toko Belanja Online Shopee). https://journal.unika.ac.id/index.php/jemap/article/view/2633/pdf

Ardiyanto, F. (2020). Pengaruh Positive Emotion, Time Availability, dan Money Availability terhadap Impulsive Buying Behavior Konsumen Mahasiswa pada Department Store di Kota Yogyakarta. Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 14(1), 850–862. https://doi.org/10.31316/akmenika.v14i1.1012

Aritiya, O. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value, Online Store Beliefs Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying ( Studi Kasus Pada Karyawan Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Di Surabaya Pelanggan Marketplace Shopee). 1–15.

Arnold dan Reynolds. (2003). Hedonic Shopping Motivation. Journal of Re- tailing, 79, pp. 77-95. 8(2), 80–89. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.80-89

Asriningati, M., & Wijaksana, T. I. (2019). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Online Store Beliefs terhadap Impulse Buying pada lazada.co.id. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 9–18. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1317473&val=617&title=Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Online Store Beliefs Terhadap Impulse Buying Pada Lazadacoid

Fahriansah, F., Safarida, N., & Midesia, S. (2023). Buy Now, Think Later: Impulsive Buying Behavior Among Generation Z In Indonesia. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 12(2), 386–421. Https://Doi.Org/10.22373/Share.V12i2.17453

Fattrah, M. I. (2017). Pengaruh Availability Of Money And Time, Hedonic Shopping Value, Dan Store Atmosphere Terhadap Perilaku Impulse Buying Pelanggan Transmart Carrefour Cilandak. June, 1–14.

Faturrazaq, R. A., & Sukresna, I. M. (2023). Pengaruh Motivasi Hedonisme Dan Korean Wave Terhadap Impulsive Buying Dengan Personal Branding Syariah Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4523. Https://Doi.Org/10.29040/Jiei.V9i3.11420

Fauziyyah, A. N., & Oktafani, F. (2017). Pengaruh shopping lifestyle dan fashion involvement terhadap impulse buying behavior (studi pada masyarakat Kota Bandung). Skripsi, 8(1), 1–14. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jurisma/article/view/994/740

Fredrickson, B. L. (2004). What good are positive emotions? Psychologist, 17(6), 331. https://doi.org/10.1037//1089-2680.2.3.300

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43

Mandolfo, M., & Lamberti, L. (2021). Past, Present, and Future of Impulse Buying Research Methods: A Systematic Literature Review. Frontiers in Psychology, 12(July), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.687404

Maryati, W., Hartini, S., & Premananto, G. C. (2020). The Role of Religiosity and Spirituality on Impulsive Buying. Al-Uqud : Journal of Islamic Economics, 5(1), 119–150. https://doi.org/10.26740/al-uqud.v5n1.p119-150

Muhammad Haddid Azizi, Muhammad Naufal Arfani, Yerlinda Agustina, V. F. S. (2020). The Influence of Hedonic Pleasure, Availability of Time, and Availability of Money on Impulse Buying (Studies on The Marketplace Shopee). Terbuka Journal of Economics and Business, 1(2), 35–44. https://doi.org/10.33830/tjeb.v1i2.1309

Musyafi, A., Iskandar, K., & Undartik, S. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada Konsumen Swalayan Nirmala Brebes (The Effect of Hedonic Shopping Value and Shopping Lifestyle on Impulse Buying For Self-Service Consumers at Nirmala Brebes). Journal Economics and Management (JECMA), 3(01), 22–30.

Muzdalifah, L., Manajemen, P., Ekonomi, F., Impulsif, P., Konsumen, S., & Situasional, F. (2023). Konsumen Online terhadap Pembelian Impulsif: Sifat Konsumen dan Faktor Situasional Consumer’s Online to Impulse buying: Consumer traits and Situational factors. Greenomika, 05(1), 13–28. https://journal.unusida.ac.id/index.php/gnk%7C

Nadia Nur Lailatul R, Dina Amalia Khoirun Nadha R, & Moch. Fahmi Syehfuddin. (2024). Dampak Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle pada Keputusan Pembelian Impulsif Pelanggan Shopee di Sidoarjo. Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 37–51. https://doi.org/10.61132/rimba.v2i3.1028

Ningrum, R. A., & Widanti, A. (2023). The Effect of Shopping Lifestyle and Sales Promotion On Impulse Buying Moderated by Openness to Experience On Shopee. International Journal of Management and Digital Business, 2(12), 14–29.

Pipih Sopiyan, & Neny Kusumadewi. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 207–216. https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i3.115

Pramesti, A. D., & Dwiridotjahjono, J. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Perilaku Impulse Buying pada Pengguna Shopee di Surabaya. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 945–962. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i5.1182

Pujiastuti, F. (2024). Analisis Hedonic Shopping Value,Availability Of Moneydan Availability Of Time Sebagai Faktor Penentu Pure Impulse Buying Pada E-Commerce. February, 4–6.

Rofiudin, M., Shabry, M., & Juniarsa, N. (2022). Pengaruh Harga Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Beli Konsumen Tokopedia Pasca Covid 19 Di Malang Raya. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 19(2), 2022.

Solenski, V. (2017). Influence of Price Discount and Sales Promotion on Impluse Buying azwa Parfume Pekanbaru. Jurnal FISIP, 4(2), 1–10. https://media.neliti.com/media/publications/208456-none.pdf?utm_source=chatgpt.com

Supardi, S. (1993). Populasi dan Sampel Penelitian. Unisia, 13(17), 100–108. https://doi.org/10.20885/unisia.vol13.iss17.art13

Wahyuni, S. (2021). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle terhadap Pembelian Impulsif pada Toko Online Shop (Studi Kasus : Masyarakat Gang Albadar 6). 1–92.

Wardana, R., Barkah, Bintoro Bagus Purmono, R. F., & Yakin, I. (2024). The Influence of Employee Engagement and Work Environment on Employee Performance at PT. Agronusa Alam Perkasa. Jurnal Ekonomi, 13(1), 2278–2290. https://doi.org/10.54209/ekonomi.v13i01

Wijayanto, G., Saraswati, N. W. S. D., Musfar, T. F., Jushermi, J., & Marzolina, M. (2023). Gender: Moderate Effect of Hedonic Browsing and Utilitarian Browsing Toward Online Impulse Buying Generation Z on Shopee in Pekanbaru City. Hawalah: Kajian Ilmu Ekonomi Syariah, 1(4), 173–185. https://doi.org/10.57096/hawalah.v1i4.19

Wijiyanto, A. A., Basiya, R., & Semarang, U. S. (2023). The Effect Of Hedonic Consumption, Availability Of Money And Positive Emotion On Impulsive Purchase In E-Commerce Shopee (Case Study In Semarang Communities). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(3), 3339–3352. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Zainuddin Iba, W. A. (2024). Wawancara, Kuesioner, dan Observasi. In Pembangunan DAM (Issue July).

Zayusman, F., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada Pelaggan Tokopedia di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(1), 360–368. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/mnj/article/view/5529/2855.

Downloads

Published

2025-10-05