PERAN BRAND TRUST DAN DAYA TARIK KONTEN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIASI PENGARUH KLAIM PRODUK BERLEBIHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SKINCARE DI KOTA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31539/m2e3tq21Keywords:
Brand Trust, Daya Tarik Konten Media Sosial, Klaim Produk berlebihan, Keputusan Pembelian, SkincareAbstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana klaim produk berlebihan pada promosi skincare memengaruhi keputusan pembelian konsumen di Kota Pekanbaru, serta peran brand trust dan daya tarik konten media sosial sebagai variabel mediasi. Latar belakang penelitian adalah maraknya klaim berlebihan di media sosial yang berpotensi memengaruhi persepsi dan niat beli konsumen di era digital. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kausal (eksplanatori). Data dikumpulkan melalui kuesioner online pada responden berusia 20–45 tahun yang aktif menggunakan media sosial (n = 170, pelaksanaan Mei–Juni 2025). Analisis data dilakukan dengan SEM-PLS (SmartPLS) untuk menguji pengaruh langsung dan mediasi antarvariabel. Hasil utama menunjukkan bahwa klaim produk berlebihan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian namun pengaruh langsungnya relatif kecil (β = 0,222). Klaim tersebut secara signifikan meningkatkan brand trust (β = 0,493) dan daya tarik konten (β = 0,464). Brand trust memiliki pengaruh kuat terhadap keputusan pembelian (β = 0,442), sementara daya tarik konten juga berpengaruh positif (β = 0,315). Uji mediasi memperlihatkan mediasi signifikan: klaim → brand trust → keputusan pembelian (koefisien mediasi ≈ 0,218, t = 4,979, p < 0,001) dan klaim → daya tarik konten → keputusan pembelian (koefisien mediasi ≈ 0,146, t = 3,863, p < 0,001). Temuan ini menunjukkan bahwa efek klaim berlebihan terhadap keputusan pembelian lebih banyak berjalan tidak langsung melalui pembentukan kepercayaan merek dan melalui daya tarik konten ketimbang efek langsungnya.
References
Agustina, L. (2020). Viralitas Konten Di Media Sosial. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 1(2), 149–160. https://www.researchgate.net/publication/348296842
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766
Arief, M., Suyadi, I., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kepercayaan Merek dan Komitmen Merek Terhadap Loyalitas Merek (Survei pada Warga Kelurahan Penanggungan Konsumen Produk Aqua di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 44(1), 144–153.
Aulia, C., Rachma, N., & Afi, R. S. (2019). Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Loyalty Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Super Geprek. E-JRM : Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 8(9), 139–152.
Awalin, H. F., Murni, S., & Hutabarat, D. (2025). Consumer Legal Protection for Overclaimed Skincare Products. 10, 32–39. https://doi.org/10.30596/dll.v10i1.22493
Bisnis, J., Syariah, E., Rahmawati, K., Permana, E., & Jakarta, N. (2025). Analisis Overclaim Marketing dalam Membangun Kepercayaan Konsumen pada Produk Daviena Skincare Program Studi Administrasi Bisnis Terapan , Jurusan Administrasi Niaga , Politeknik marketing adalah Daviena Skincare . Produk ini banyak dipromosikan melalui m.
Camacho, M. (2025). The Mediating Effect of Brand Evangelism , Brand Trust , and Brand Satisfaction The Mediating Effect of Brand Evangelism , Brand Trust , and Brand Satisfaction on Corporate Social Responsibility Practices and Repurchase Intention. April.
Coutinho, M. F., Dias, Á. L., & Pereira, L. F. (2023). Credibility of Social Media Influencers: Impact on Purchase Intention. Human Technology, 19(2), 220–237. https://doi.org/10.14254/1795-6889.2023.19-2.5
Dawati, F. (2020). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Muslim Di Pasar Aceh. In Skripsi. epository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19595/1/Faini Dawati, 150604098, FEBI , IE, 085225959624.pdf
Erkli, Y. T. (2022). Ayrıntılandırma Olasılığı Modeli Perspektifiyle Etkileyici Pazarlama. Journal of Academic Tourism Studies, Cilt:3 Say(Cilt:3 Sayı:1), 1–12. https://doi.org/10.29228/jatos.57482
Fatma, N., Irfan, N. F., & Latiep, I. F. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Produk Menggunakan Persepsi Harga dan Kualitas Produk. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2), 533–540.
Fatwa, E. P., & Mui, D. S. N. (2025). Pemasaran skincare dengan cara overclaim di e-commerce (perspektif fatwa dsn mui dan undang-undang tentang.
Fauziah, F., Nurlenawati, N., & Triadinda, D. (2025). Pengaruh Fear Of Missing Out ( Fomo ) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Dengan Konten Media Sosial Tiktok. 14, 1420–1436. https://doi.org/10.34127/jrlab.v14i2.1478
Franco Valdez, A. D., Valdez Cervantes, A., & Motyka, S. (2018). Beauty is truth: The effects of inflated product claims and website interactivity on evaluations of retailers’ websites. Journal of Business Research, 90(April), 67–74. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.04.027
Hutabarat, W., Sinambela, M., & Hartati, R. (2024). The Role of Digital Literacy in Shaping Students ’ Perceptions of Exaggerated Claims in Skincare Advertisements.
Khatimah, H. K., & Komalasari, D. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty PIXY Cosmetics Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 16(1), 16–33. https://doi.org/10.33558/optimal.v16i1.4451
Lulu Sabilla Rachma1), T. B. (2024). The Influence Of Overclaims, Perceptions Of Product Quality, And The Influence Of Influencers On Customer Trust In Marketing Ski. Αγαη, 15(1), 37–48.
Maria, R. T. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan. In Fakultas Ekonomi.
Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran Pada Pt. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi, 1(1), 165–182. https://doi.org/10.31575/jp.v1i1.9
Pee, L. G., & Lee, J. (2016). Trust in User-Generated Information on Social Media during Crises : An Elaboration Likelihood Perspective. Asia Pacific Journal of Information Systems, 26(1), 1–22. https://doi.org/10.14329/apjis.2016.26.1.1
Purwaningrum, C. (2023). The influence of Brand Awareness and Consumer Trust on the Purchase Decision of Maybelline Superstay Matte Ink Products among Instagram Social Media Users. ARRUS Journal of Social Sciences and Humanities, 3(1), 86–96. https://doi.org/10.35877/soshum1748
Rachma, L. S., & Borshalina, T. (2024). THE INFLUENCE OF OVERCLAIMS , PERCEPTIONS OF PRODUCT QUALITY , AND THE INFLUENCE OF INFLUENCERS ON CUSTOMER TRUST IN MARKETING SKINCARE PRODUCTS. 1, 158–168.
Regina, T. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 13(1), 50–57. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol13no1.501
Sardar, S., Tata, S. V., & Sarkar, S. (2024). Examining the influence of source factors and content characteristics of influencers’ post on consumer engagement and purchase intention: A moderated analysis. Journal of Retailing and Consumer Services, 79, 103888. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2024.103888
Sri Wdyanti Hastuti, M. A., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v8i2.622
Sumarwan, U., Noviandi, A., & Kirbrandoko. (2013). Analisis Proses Keputusan Pembelian, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Beras Organik di Jabotabek. Pangan, 22(2), 19–35. https://www.jurnalpangan.com/index.php/pangan/article/view/81
Tarabieh, S., Gil, I., Galdón-Salvador, J. L., & AlFraihat, S. F. A. (2024). The New Game of Online Marketing: How Social Media Influencers Drive Online Repurchase Intentions Through Brand Trust and Customer Brand Engagement. Intangible Capital, 20(1), 103–125. https://doi.org/10.3926/IC.2515
Then, N., & Johan, S. (2021). Effect of Product Quality, Brand Image, and Brand Trust on Purchase Intention of SK-II Skincare Products Brand in Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(5), 530. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i5.13327
Veronika, R., & Aulia, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Konten Media Sosial @akutahu terhadap Minat Baca Generasi Milenial. Koneksi, 6(2), 295–304. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15677
Wardhana, A. (2024). Brand trust (Issue September).
Zanjabila, T. S., Heriyadi, Listiana, E., Shalahuddin, A., & M.Hanafi A, S. (2023). IAR Journal of Business Management Fear of Missing Out in Cenntenials: How Social Media Contents Affects Online Impulse Buying in E-Commerce? IAR Journal of Business Management, 4, 1–9. https://doi.org/10.47310/iarjbm.2023.v04i01.011
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Anisa, Gatot Wijayanto, Lailan Tawila Berampu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

