PENGARUH AFFILIATE MARKETING, INFLUENCER REVIEW, DANLIVE STREAMING TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA PADA APLIKASI SHOPEE

Authors

  • Aulia Fegi Lestari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lukman Hakim Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31539/dws2kf90

Keywords:

Affiliate Marketing, Influencer Review, Live Streaming, Minat Beli, Shopee.

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa transformasi besar dalam dunia pemasaran, salah satunya dengan hadirnya platform e-commerce seperti Shopee yang memanfaatkan beragam fitur promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh affiliate marketing, influencer review, serta live streaming terhadap minat beli mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta pada aplikasi Shopee. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif melalui survei dengan kuesioner daring yang diisi oleh 100 responden. Pengolahan data dilakukan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4 untuk menguji validitas, reliabilitas, dan hubungan antar variabel dalam model struktural. Hasil analisis menunjukkan bahwa affiliate marketing tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli, sedangkan influencer review dan live streaming terbukti berpengaruh positif dan signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang melibatkan peran influencer serta interaksi langsung melalui siaran langsung lebih efektif menarik minat konsumen muda dibandingkan strategi afiliasi semata. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelaku bisnis digital dalam merancang strategi pemasaran yang lebih interaktif dan relevan dengan perilaku generasi muda.

References

Aldhama, P. (2022). Pengaruh Review Dan Affiliate marketing Produk Marketplace Terhadap Impulse Buying Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. In Radenintan.Ac.Id.

Ashari, N. N., & Indayani, L. (2023). Persepsi Generasi Z Pada Affiliate

marketing, Online Customer Experiences dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Journal Umsida, 1–8.

Audina, L. N., & Rini Rahayu Kurniati, D. Z. (2020). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN

TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE. 9(2), 244–252.

Ayuningtiyas, C. A., Usman, O. (2024). The Influence of Influencer Marketing and Brand Image on Purchasing Decisions Through Purchase Intention for Somethinc Products (Case Study on Students of Jakarta State University)

Clarissa Safira Maharani, & Tri widarmanti. (2023). Pengaruh Influencer Review Dan Customer Review Terhadap Purchase Intention Pada Produk Avoskin. Serat Acitya, 11(2), 188–203. https://doi.org/10.56444/sa.v11i2.923

Dr. Sitta Kusuma, S. A. (2024). Manajemen Pemasaan di Era Digitalsasi.

Emzir. (2008). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif&kualitatif. PT Rajagrafindopersada.

Firda Rona Hafizhoh, Rayhan Gunaningrat, & Khabib Alia Akhmad. (2023).

Potongan Harga, Live Streaming, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 204–219. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i3.2023

Hamzah, M. W., Mulyana, A., & Faisal, Y. A. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Affiliate marketing dan Peningkatan Pendapatan Afiliator. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(5), 3241. https://doi.org/10.35931/aq.v17i5.2635

Hardilawati, W. L. B. I. D. P. R. (2019). Endorsement: Media Pemasaran Masa Kini. Jim Upb, 7 No. 1, 88–98. https://www.researchgate.net/publication/330839746

Hidayatullah, T., Sarifudin, Anggraeni, R. N., & Marwana (2024). The Influence Of Consumer Attitudes And Behavior On The Tiktok Affiliate Marketing Program.

Husna, F. (2023) PERAN AFFILIATOR DALAM MENARIK MINAT BELANJA

KONSUMEN. Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK). E-ISSN NO: 2829-2006

Husnayetti, H., Ramadhanty, C. A., & Erion, E. (2023). Marketing Affiliates, Influencers, and Purchase Decisions of Shopaholic Users in Jakarta. Journal of Business and Management Studies, 5(1),63–68. https://doi.org/10.32996/jbms.2023.5.1.7

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E- Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43

Karsono, D. N. M., Pratiwi, N. M . I., & Mulyati, A. (2025) Strategi Digital dan Affiliate Marketing terhadap Keputusan Pembelian Gen Z: Studi Kasus Produk Antarestar di TikTok Shop. Jurnal Maisyatuna. Vol. 6 No. 3 Juli 2025

Kurniawan, I. M. H., & Suhaimi, H. (2021). Local Influencer Endorsements Impact on Consumer Purchase Intentions: A Replication Study for The Indonesian SMEs. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 7(2), 161–171. https://doi.org/10.17358/ijbe.7.2.161

Luthfiyyah, N., & Tjiptodjojo, K. I. (2025) Pengaruh Live Streaming dan Diskon terhadap Minat Beli Konsumen

Maghfiroh, N., & Abadi, M. D. (2025) Pengaruh Marketing TikTok Affiliate, Kualitas Viral Marketing Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen TikTok Shop (Studi Kasus Pada Gen Z Pengguna TikTok di Lamongan). PARADOKS Jurnal Ilmu Ekonomi Vol. 8 No. 2, April 2025. e-ISSN : 2622-6383

Maulidya Nurivananda, S., Fitriyah, Z., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur,

J. (2023). The Effect Of Content Marketing And Live Streaming On Purchase Decisions On The Social Media Application Tiktok (Study On Generation Z Consumers @Scarlett_Whitening In Surabaya) Pengaruh Content Marketing Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pa. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 3664–3671. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Nasution, A. D. (2020). the Influence of Affiliate marketing and Product Quality on Purchase Interest in Generation Z Tiktok Users in Medan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Nurhamidah, I. A. (2022). International Journal Administratiion Business & Organization

Nurvianti, R., & Hartiningtyas, L. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Influencer Dan Affiliate marketing Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Beli Produk Fashion Mahasiswa. BUDGETING : Journal of Business,Management and Accounting, 5(1), 2715–1913.

Puspitasari, Almira Vania, Aruan, & H., D. T. (2023). the Effects of User- Generated Reviews Versus Influencer-Generated Reviews on Consumer Purchase Intention. Jurnal Aplikasi Manajemen, 21(2), 404–417. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2023.021.02.10

Ramadhan, I., Fazri, A., & Roza, S. (2024) Pengaruh Live Streaming dan Diskon terhadap Minat Beli Konsumen Shopee pada Mahasiswa Universitas Jambi

Rosniati, Heriyadi, Afifah, N., Pebrianti, W., Setiawan, H. (2023). The influence of live streaming shopping, online customer reviews, and affiliate marketing on impulse buying trought customer trust in e-commerce shopee.

Sabrina, M., & Engriani, Y. (2025) Pengaruh Influencer Media Sosial terhadap Minat Beli Konsumen Fashion

Salmaningrum, D., Kodir, A. A., & Ramadhan, F (2024) Pengaruh Program Live Streaming Terhadap Minat Beli Konsumen pada E-commerce Shopee

Schouten, A. P., Janssen, L., & Verspaget, M. (2020). Celebrity vs. Influencer endorsements in advertising: the role of identification, credibility, and Product-Endorser fit. International Journal of Advertising, 39(2), 258–281. https://doi.org/10.1080/02650487.2019.1634898

Seruni, N. N. A., Suryaniadi, S. M., & Dewi, N. I. K. (2024) PENGARUH INFLUENCER MARKETING TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN BRAND AZARINE PADA GENERASI Z : STUDI KASUS KABUPATEN BADUNG. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol. 8 No. 3, 2024

Setia Pratama, A., Ilham, R., Sutomo, S., Hermawan, A., & Wisnu Wardhana, L. (2024). The Effects Of Social Media Content, Influencer Marketing And Customer Reviews On Purchasing Decisions. International Journal of

Science, Technology & Management, 5(2), 485–489. https://doi.org/10.46729/ijstm.v5i2.990

Siswanto, E. J., Wiet, V. D., & Aryanto. (2024). Pengaruh Live Streaming, Advertising dan Affiliate marketing Terhadap Minat Beli Di Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro). Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 4(1), 1–11. https://doi.org/10.47709/jebma.v4i1.3329

Sissy, P., Aisadira, M., Khairani, D., Syahda, F., & Rakhmawati, N. A. (2024). Pengaruh Marketing Digital Shopee Affiliate pada Minat Beli Mahasiswa Sistem Informasi ITS. Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis. Vol.2, No.1 Januari 2024. e-ISSN: 2988-5035; p-ISSN: 2988- 5043, Hal 182-197 DOI: https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i1.447

Suryaningsih, S. A. (2025) Compliance Analysis in the Shopee Affiliate Program Commission Based on the Review of Fiqh Muamalah

Susilawati, T., Maesaroh, S. S., Prehanto, A. (2023). Analysis of the Effect of Shopee Affiliate Marketing on Increasing Consumer Purchase Interes

Wardah, F., & Albari. (2023) Analisis Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan JavaMifi

Yanuar, M., Savitri, C., & Faddila, S. P., (2024) The Influence of Marketing Communication and Affiliate Marketing on Product Purchase Intention on Instagram @swulann01

Zalfa, K. V., & Indayani, L. (2024). Analysis Of Live Streaming, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) And Affiliate marketing On Purchasing Decision For Fashion Trend Productsi At The Shopee Marketplace (Case Study Of Shopee Users). 5(1), 1291–1305.

Zhang, M., Qin, F., Wang, G. A., & Luo, C. (2020). The impact of live video streaming on online purchase intention. Service Industries Journal, 40(9–10), 656–681. https://doi.org/10.1080/02642069.2019.1576642 (Dr. Sitta Kusuma, 2024)

Downloads

Published

2025-10-15