PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN TOKO AYNA HIJAB DI KECAMATAN AMBULU

Authors

  • Amanda Nabila Ilmiah Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/pqm6qe02

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Minat Beli.

Abstract

Era society 5.0 saat ini dituntut untuk menciptakan suatu persaingan dalam perubahan lingkungan yang terjadi secara terus menerus dalam proses perkembangan suatu negara. Dalam hal ini, baik secara langsung ataupun tidak langsung akan mempengaruhi kehidupan dan tata perekonomiannya. Minat beli menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan karena hal ini tentu akan menjadi suatu pertimbangan bagaimana suatu strategi pemasaran yang akan dilakukan oleh perusahaan pada periode berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap minat beli pelanggan Toko Ayna Hijab di Kecamatan Ambulu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen Toko Ayna Hijab. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Menurut purposive sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 140 orang responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap minat beli pelanggan Toko Ayna Hijab di Kecamatan Ambulu. Kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli pelanggan Toko Ayna Hijab di Kecamatan Ambulu.

References

Arens Dan Wigold. (2019). Strategi Pemasaran Bisnis. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 1(2).

Edhie Rachmad, Y., Setiawan, Z., Purwoko, Nora, L., Syamil, A., Risdwiyanto, A., Munizu, M., & Manaf, A. Peri. (2020). Manajemen Pemasaran (Teori Dan Studi Kasus). In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).

Ela Elliyana Et.Al. (2022). Costumer Behaviour. In Ahlimedia Press.

Erwin, E. Dkk. (2023). Digital Marketing : Penerapan Digital Marketing Pada Era Society 5.0 - Google Books. In Pt Sonpedia Publishing Indonesia.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Ibm Spss 25. Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi Universitas Pgri Madiun.

Hapsara, O., Febrian, W. D., Nuzleha, N., Sani, I., Lustono, L., Yuni, N., Abdurohim, A., Karmila, M., Utami, R., S, A. D. I., Yuliana, L., Sari, E. P., Lasminingrat, A., Simatupang, S., Imron, A., & Andri, S. (2023). Manajemen Pemasaran Jasa : Membangun Loyalitas Pelanggan. In Eureka Media Aksara.

Hariyanto, D. (2023). Buku Ajar Komunikasi Pemasaran. In Buku Ajar Komunikasi Pemasaran. Https://Doi.Org/10.21070/2023/978-623-464-068-7

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles Of Marketing Eighteenth Edition. In Universitas Nusantara Pgri Kediri (Vol. 01).

Kurniawati, K., & Napitupulu, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Smartphone Samsung Toko Fonel Pondok Gede, Kota Bekasi. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 23(2). Https://Doi.Org/10.35137/Jei.V23i2.725

Limanto, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Hswgrail.Id. Performa, 6(1). Https://Doi.Org/10.37715/Jp.V6i1.1919

Poluan, J., & Karuntu, M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Minat Beli Sapi Potong Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Pasar Beriman Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Minat Beli Sapi Potong Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Pasar Beriman Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara, 10(1).

Pratama, M. A. D., & Andriana, A. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Keputusan Pembelian Produk Thrifting Store Swoosh. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (Ekuitas), 5(1).

Rahman, F. A., Clarensiana, F., & Sihombing, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Pada Kopi Faza Tangerang. Journal Of Social Science And Digital Marketing, 3(1). Https://Doi.Org/10.47927/Jssdm.V3i1.508

Ramadhan, H. I., & Saputra, A. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pt Hijrah Insan Karima Bekasi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 10(3). Https://Doi.Org/10.35137/Jmbk.V10i3.799

Saputra, H., Muhazirin, B., & Panjaitan, H. P. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Harga Dan Tempat Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Bakso Sido Kangen Pekanbaru. Lucrum : Jurnal Bisnis Terapan, 1(1).

Sasongko, T. E. A. P., Sumarga, H. E., & Rauf, A. (2022). Marketing Strategy In 5.0 Society Era (Menjawab Tantangan Pasar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Disrupsi Sosial Didalamnya). Eureka Media Aksara.

Sugiyono, P. D. (2019). Buku Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. In Revista Brasileira De Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).

Syarief, F., Dira, A. F., Fadly, R., Mahriani, E., Sudirman, A., Putera, D. A., Dermawan, A. A., Sukmaya, S. G., Lusianingrum, F. P. W., Suharyati, S., Rimayanti, R., Suganda, A. D., Aryani, L., Kamal, F., Burhanudin, J., & Rosid, A. (2023). Manajemen Strategi Pemasaran. In Cv Widina Media Utama.

Wardhana, A. (2022). The Art Of Digital Marketing: Strategi Pemasaran Generasi Milenial. In The Art Of Digital Marketing: Strategi Pemasaran Generasi Milenial (Vol. 6, Issue 1).

Widiarti Lestariningsih, Helmi Azahari, & Toto Parwono. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Kendali: Economics And Social Humanities, 1(2). Https://Doi.Org/10.58738/Kendali.V1i2.32

Wildan, T., & Albari. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening Secara Online. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (Jikem), 2(1).

Yessy Adittiya Lestari, Hardianawati, & Siti Aisyah. (2022). Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Pulsa Secara Cashless Di Tengah Pandemi. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(10). Https://Doi.Org/10.55927/Mudima.V2i10.1452

Downloads

Published

2025-10-25