PENGARUH E-WOM, BRAND IMAGE, DAN BRAND LOYALTY TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK UMKM DAPOER KEKE
DOI:
https://doi.org/10.31539/zh95v845Keywords:
E-WOM, Brand Image, Brand Loyalty, Minat Beli, UMKM.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth (e-WOM), brand image, dan brand loyalty terhadap minat beli konsumen pada produk UMKM Dapoer Keke. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan konsumen Dapoer Keke. Teknik analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, regresi linear berganda, uji t (parsial), dan uji F (simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel e-WOM berpengaruh signifikan terhadap minat beli, brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli, sedangkan brand loyalty memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Sementara itu, hasil uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa e-WOM, brand image, dan brand loyalty secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Temuan ini menegaskan bahwa strategi penguatan komunikasi digital melalui e-WOM dan upaya membangun loyalitas merek merupakan faktor kunci dalam meningkatkan minat beli konsumen pada produk UMKM Dapoer Keke.
References
Abadi, Totok Wahyu, and Elviena Fitriana Hawa. 2024. “Pengaruh E-WOM, Citra Merek, E-Commerce, Dan Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmu Komunikasi 21 (1): 19–38.
Aulia, Vika Diwinta, Sulastri Sulastri, Ahmad Maulana, and Aslamia Rosa. 2024. “Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Menggunakan Jasa Shopeefood Di Kota Palembang.” Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 6 (1): 778–92.
Ivana, S A, And F Rohman. 2024. “Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Brand Trust Dan Brand Image Terhadap Minat Beli.” Jurnal Manajemen Pemasaran 3 (3): 723–33.
Janna, Nilda Miftahul, and Herianto Herianto. 2021. “Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS.”
Maryanto, Maryanto. 2022. “Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Loyalty Dan E-Wom Dari Social Media Marketing Pada Purchase Intention Umkm Cake Shop Di Kota Batam.” Universitas Internasional Batam.
Rohman, Isnanda Zainur, and Athanasius Ivan Kharisma Indaryadi. 2020. “Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Loyalty, Dan Perceived Quality Terhadap Minat Beli Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Intensi Rekomendasi.” Jurnal Kajian Manajemen Bisnis 9 (2).
Saputra, I Kadek Leon, and I Made Wardana. 2023. “Pengaruh Social Media Marketing, Brand Image, Dan EWOM Terhadap Minat Beli Konsumen.” E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 12 (01): 43–51.
Sugiyono, D. 2018. “Metode Penelitian Kuatintatif, Kualitatif Dan R & D/Sugiyono.” Bandung: Alfabeta 15 (2010).
Sugiyono, Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D.” Alfabeta Bandung.
Sukarno, Husein Faryuki, Ria Arifianti, and Raden Marsha Aulia Hakim. 2024. “Peran Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengaruh Customer Experience Terhadap Brand Loyalty.” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 8 (3): 474–500.
Wijaya, A. J. A, and A. A Hapsari. 2023. “Pengaruh Brand Image Dan E-Wom Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Minat Beli (Studi Pada Konsumen Sepatu Sneakers Adidas Di Kota Tangerang).” MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary 3 (2): 1–10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hosea Winata, Stanley Clarence, Leo Alexander Tambunan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.