PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN YANG DIMEDIASI OLEH BRAND TRUST AMDK MEREK AQUA
DOI:
https://doi.org/10.31539/vabv3s11Keywords:
Citra Merek, Kepercayaan Merek, Loyalitas PelangganAbstract
Aqua sebagai pelopor air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia mengalami penurunan dominasi pasar akibat isu kemasan galon isi ulang dan meningkatnya preferensi konsumen terhadap kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh brand trust. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan AMDK merek Aqua yang berdomisili di Kota Cimahi dengan usia minimal 17 tahun. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 responden yang dilakukan dengan teknik convenience sampling. Sumber data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang sudah dinyatakan valid dan reliabel serta data telah lolos uji asumsi klasik. Untuk melakukan pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi berganda, dan uji Sobel. Software SPSS versi 25 merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif terhadap brand trust dan loyalitas pelanggan, serta brand trust berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian, brand trust berhasil memediasi pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan. Disarankan untuk peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan uji logika, uji semantic differential, dan uji kausalitas untuk melakukan pengujian instrumen lebih lanjut.
References
Al Satria, M. I., & Firmansyah, F. (2024). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Loyalitas Anggota. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MESA), 8(1), 401–414. https://doi.org/10.31955/mesa.v8i1.3690
Alfahreza, C. (2023). Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua (Studi Pada Mahasiswa FE Universitas Semarang): Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Kemasan Merek Aqua.
Angelina, M., Ellitan, L., & Ika Handayani, Y. (2023). Pengaruh Brand Image, Brand Love dan Brand Experience terhadap Brand Loyalty dengan Mediasi Brand Trust pada Kedai Mixue di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9), 3976–3985.
Apriliani, R. A. E. (2019). Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo). Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 112–121. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.687
Aurellia, D., & Sidharta, H. (2023). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Trust sebagai Variabel Mediasi pada Produk Skincare Lokal. Performa, 8(1), 93–101. https://doi.org/10.37715/jp.v8i1.3054
bbc.com. (2023). Isu BPA Dalam Air Minum Kemasan Galon, Ancaman Nyata atau Perang Dagang? https://www.bbc.com/indonesia/articles/c51wrkrw70ko
Christi, K. (2020). BAB I. April 2018, 1–6.
CNBC Indonesia, K. A. (2022). Indeks Kualitas Air Indonesia Masih Rendah, Kenapa? https://www.cnbcindonesia.com/news/20221206153547-4-394262/indeks-kualitas-air-indonesia-masih-rendah-kenapa
Cuong, D. T. (2020). The role of brand trust as a mediator in the relationship between brand satisfaction and purchase intention. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(June), 2020. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I6/PR261416
Dinata, J., & Firdausy, C. M. (2023). Pengaruh Brand Image dan Brand Personality terhadap Brand Loyalty dengan Brand Trust sebagai Variabel Mediasi Pelanggan The Body Shop di Jakarta. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(4), 979–988. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i4.26967
Febriani, E., Rahmizal, M., & Aswan, K. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(4), 333–343. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i4.557
Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing pada Peningkatan Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409–418. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.147
Haudi, Handayani, W., Musnaini, Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pital-Oka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., Koho, I. R., & Cahyono, Y. (2022). The Effect of Social Media Marketing on Brand Trust, Brand Equity and Brand Loyalty. International Journal of Data and Network Science, 6(3), 961–972. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.1.015
Herawati, S., & Saijunus, M. (2022). Pengaruh Brand Association terhadap Brand Loyalty yang dimediasi oleh Brand Trust Pengguna GoPay di Kabupaten Bandung Barat. Studi Ilmu Manajemen dan Organisasi, 3(1), 243–259. https://doi.org/10.35912/simo.v3i1.936
Hops.id. (2023). Le Minerale vs AQUA Diduga Saling Sindir Lewat Tagline, Mana yang Paling Diingat? https://www.hops.id/unik/29410101057/le-minerale-vs-aqua-diduga-saling-sindir-lewat-tagline-mana-yang-paling-diingat
Kalumata, S. (2024). Alasan Masyarakat Memilih Air Dalam Kemasan (AMDK). https://www.rri.co.id/cek-fakta/729130/alasan-masyarakat-memilih-air-dalam-kemasan-amdk
Kompas.com. (2024). Dari Sumber Terlindungi di 17 Gunung Terpilih, Ini Keunggulan AQUA Galon. https://health.kompas.com/read/24J16205051968/dari-sumber-terlindungi-di-17-gunung-terpilih-ini-keunggulan-aqua-galon?page=all
Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing Management (New Jersey, p. 768). Prentice Hall.
Mediaindonesia.com. (2021). Mikroplastik di Galon Guna Ulang Lebih Tinggi Dibandingkan Galon PET. https://mediaindonesia.com/humaniora/435668/mikroplastik-di-galon-guna-ulang-lebih-tinggi-dibandingkan-galon-pet
Ngabiso, F., Radji, D. L., & Kango, U. (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) pada Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua (Studi pada Konsumen AMDK Merek Aqua di Kota Gorontalo). JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.37479/jimb.v4i1.10453
Nurhidayah, A., Cahyani Pangestuti, D., & Yulinar. (2021). Prosiding BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar: Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Loyalitas Pelanggan Menggunakan E-Wallet GoPay. Prosiding BIEMA, 2(1), 942–955.
Putra, I. W. G. G., & Sulistyawati, E. (2019). Pengaruh Brand Image terhadap Brand Loyalty. E-Jurnal Manajemen, 8(7), 4328–4356.
Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan terhadap Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461
Ramadhani, M., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Merek Aqua. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 200–214. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/forbiswira/article/view/2235
Rido, E., & Wibowo, S. (2016). Pengaruh Experiential Marketing, Emotional Branding dan Citra Merek terhadap Loyalitas Merek (Survei Konsumen Operator Simpati di Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis, 7(2), 158–169.
Rinata, Y. A. C., Mawasti, A., & Koesworo, Y. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Usaha Mie Gacoan di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen: JUMMA, 13(1), 13–24. https://doi.org/10.33508/jumma.v13i1.5733
Risanti, D., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Brand Awareness dan Product Quality terhadap Brand Loyalty Sari Roti (Studi pada Konsumen Sari Roti Mahasiswa Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(9), 37–54. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR/article/view/7469
Riyanto, F. A. (2023). Pengaruh Brand Experience dan Brand Image terhadap Brand Loyalty dengan Brand Trust sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 15(1), 65–84. https://doi.org/10.30630/jipb.v15i1.1071
Rosita, D., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(4), 494–505. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.200
Safitri, I., & Ali Mauludi. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen Produk Emina Cosmetics pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Satu Tulungagung Angkatan Tahun 2018. JUREMI: Jurnal Riset Ekonomi, 2(3), 305–320. https://doi.org/10.53625/juremi.v2i3.3398
Safitri, I. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen Produk Emina Cosmetic pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Satu Tulungagung Angkatan Tahun 2018.
Santana, A., & Keni, K. (2020). Pengaruh Brand Image terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada PT. Brand X di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4(4), 150. https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i4.8678
Sehataqua.co.id. (2023). Mengenal Asal Produk AQUA yang 100% Asli Indonesia! https://www.sehataqua.co.id/aqua-produk-indonesia/
Tjiptono, F. (2012). Service Management: Mewujudkan Pelayanan Prima.
Ummah, M. S. (2019). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty pada Kopi Bubuk Kapal Api (Studi Kasus Kedai Kopi Joy Jalan Teuku Umar Pekanbaru). Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novanka Ramadaniar, Siti Herawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.