Perumusan Strategi Inovasi Jasa Underwater Survey Dalam Meningkatkan Kinerja Pada Industri Marine Services Dengan Menggunakan Metode QSPM (Inovasi Pada PT. Kava Jaya Mandiri)

Authors

  • Raka Navy Aditya Pratama Universitas Ciputra
  • Tony Antonio Universitas Ciputra

DOI:

https://doi.org/10.31539/3042ht44

Keywords:

Perumusan Strategi, Strategi Inovasi, Metode QSPM

Abstract

Kondisi yang stagnan membuat PT. Kava Jaya Mandiri harus segera menciptakan inovasi agar kinerja di dunia Marine Services meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi inovasi jasa Underwater Survey dalam meningkatkan kinerja pada industri Marine Survey dengan menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 26 Februari 2024 hingga 26 Juni 2024. Berdasarkan analisis yang dilakukan, delapan strategi utama dirumuskan dan diprioritaskan. Pertama, menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan pelayaran yang memiliki Diving Support Vessel untuk segera beroperasi. Kedua, memanfaatkan keahlian dan program sertifikasi karyawan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang berkembang. Ketiga, membentuk joint venture dengan perusahaan yang memiliki legalitas dan peralatan lengkap untuk mengurangi biaya investasi awal. Keempat, berinvestasi dalam teknologi terbaru dan peralatan penunjang jasa Underwater Survey. Kelima, membangun situs web resmi perusahaan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Keenam, menargetkan industri pelayaran dan offshore melalui riset pasar. Ketujuh, mengembangkan jasa baru dalam Underwater Survey yang ditargetkan pada proyek infrastruktur negara. Strategi-strategi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan dalam industri Marine Services dan meningkatkan daya saing di pasar global.

References

Anatan, L., & Ellitan, L. (2009). Manajemen Inovasi (Transformasi Menuju Organisasi Kelas Dunia). Bandung: Alfabeta.

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Anggreani, T. F. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SWOT: STRATEGI PENGEMBANGAN SDM, STRATEGI BISNIS, DAN STRATEGI MSDM (SUATU KAJIAN STUDI LITERATUR MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, Vol. 2 No. 5, 619 - 629.

Betz, F. (1993). Strategic Technology Management. Singapore: Mc Graw Hill.

Bungin, B. (2012). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hatta, M., & Tjahjani, I. K. (2024). Strategi Pengembangan Produk Unggulan pada Usaha Tempe dengan Metode SWOT dan QSPM. Jurnal Teknik Usaha Terintegrasi, Volume 7 (1), 166 - 175.

Hendro. (2011). Dasar-dasar Kewirausahaan Panduan bagi Mahasiswa untuk Mengenai, Memahami, dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Heryani, H., Legowow, A. C., & Nugroho, I. P. (2020). Strategi Pengembangan Industri Kreatif untuk Inovasi. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, Vol. 30, No. 3, 290 - 298.

Hittmar, S., Varmus, M., & Lendel, V. (2014). Proposal of model for effective implementation of innovation strategy to business. Social and Behavioral Sciences 109, 1194 - 1198.

IGID ADMIN. (2023, September 01). 17.001 Pulau di Indonesia, Tersebar di Mana Saja? Retrieved Mei 29, 2024 from Indonesia.go.id: https://indonesia.go.id/mediapublik/detail/2080

Indira, I. (2022). Perumusan Strategi Pemasaran menggunakan Metode Quantitative Stratetgic Planning Matrix (QSPM) pada Industri Kreatif Film dan Periklanan di Kota Surabaya. In I. Indira, Tesis. Surabaya: Tidak Diterbitkan.

Kasmir, & Jakfar. (2020). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Prenada Media.

Lincold, & Guba. (1985). Qualitative Research. Singapore: Mc. Graw Hill Book Co

Loredana, E. M. (2017) The Use of Ansoff Matrix In The Field of Business.Annals of the "Constantin Brancusi" University of Targu Jiu, Economic Series, Vol. II, 141-149.

Luecke, R. (2003). Managing Creativity and Innovation. Boston: Harvard Business School Press.

Madique, & Patch. (1988). Coorporate Strategy and Technology Management. Cambridge: Ballinger Publishing Company.

Mansfield, E. (1988). The Speed and Cost of Industrial Innovation in Japan and United States: External Versus Internal Technology. Management Science, Vol. 34, Issue 10, 1157.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, Vol. 12, 145 - 151.

Murti, B. (2013). Desain dan Ukuran Sampel untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif di Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Ningrum, H. F. (2021). Manajemen Strategik. Bandung: Media Sains Indonesia.

Portal Data Kementerian Perhubungan. (2023, November 8). Jumlah Armada Angkutan Laut Menurut Jenis Pelayaran. Retrieved Mei 28, 2024 from Portaldata.Kemenhub: https://portaldata.kemenhub.go.id/content/dataset/10045

Qanita, A. (2020). Analisis Strategi dengan Metode SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus pada D'Gruz Caffe di Kecamatan Bluto Sumenep. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 1 No. 2, 11 - 24.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innovations. London: The Free Press.

Saputra, T. A., Kunaifi, A., & Azizah, S. (2021). Diversifikasi Produk Pendekatan Islamic Ethic dalam Meningkatkan Omset Bisnis Retail. Jurnal Studi Keislaman, Vol. 7, No. 1, 1 - 16.

Sholehuddin, T. A. (2024). Pengembangan Strategi Pemasaran PT Ashar Global Mandiri dalam Meningkatkan Penjualan Produk perumahan dengan Menggunakan Metode QSPM (Studi pada Perumahan Pesona Alam di Kota Madiun. In Tesis. Surabaya: Tidak diterbitkan.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Thompson, J. H., & Ewer, S. R. (1989). How Should R&D Report Its Expenditures. Research and Development, Vol. 31,2, 174 - 176.

Umar, H. (2019). Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wikipedia. (2024, Maret 5). Underwater Survey. Retrieved April 16, 2024 from Wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Underwater_survey

Yorinda, L. I., Arbainah, S., & Widiarto, A. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Jasa Boga di Kecamatan Tembalang Kota Semarang dengan Metode SWOT dan QSPM. Jurnal Aktual Akuntansi Bisnis Terapan, Vol. 6 No. 1, 35 - 49.

Downloads

Published

2025-11-17