PENGARUH REVIEW BEAUTY VLOGGER, SOCIAL INFLUENCE, DAN QUALITY PRODUCT TERHADAP PURCHASE INTENTION
DOI:
https://doi.org/10.31539/fpa4wk43Keywords:
Review Beauty Vlogger,Social Influence, Product Quality, Purchase Intention.Abstract
Perkembangan industri kecantikan di seluruh dunia terus mengalami kemajuan yang cepat dalam waktu yang relatif singkat. Di Indonesia, pemakaian skincare dan kosmetik menjadi suatu keharusan yang memiliki tingkat prioritas. Dengan meningkatnya kemampuan membeli masyarakat dan juga peningkatan daya beli setiap individu, membuat penggunaan skincare dan kosmetik beralih dari sekedar pelengkap menjadi hal yang lebih utama. Salah satu merek yang tengah popular dan mampu bersaing dalam industri kecantikan adalah Glad2Glow. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji serta menganalisis pengaruh review beauty vlogger, social influence dan product quality terhadap purchase intention produk Glag2Glow pada Generasi Z di Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksplanatori, dengan populasi yang terdiri dari para pengguna produk Glad2Glow di Bandar Lampung, dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan SmartPLS 4.0. Jenis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah data primer, yang dikumpulkan melalui instrumen kuesioner dengan teknik non-probabilitas purposive sampling. Hasil pada penelitian ini yaitu review beauty vlogger berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase intention, social influence berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase intention. product quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase intention
References
Agustiara, R.-, Okatini, M.-, & Jumhur, A. A. (2019). Effect of Beauty Vlogger Testimonial (Review) on Consumer Interest (Viewers) on Cosmetic Products. JOBS (Jurnal Of Business Studies), 5(2), 149. https://doi.org/10.32497/jobs.v5i2.1715
Anisa Ade Novalinda, & Nurhayati Nurhayati. (2024). Pengaruh Review Beauty Vlogger Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms. Glow Dalam Perspektif Ekonomi Islam. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(3), 44–57. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i3.1530
Bearden, W. O., Netemeyer, R. G., & Teel, J. E. (1989). Measurement of Consumer Susceptibility to Interpersonal Influence. Journal of Consumer Research, 15(4), 473. https://doi.org/10.1086/209186
Candra, W. K. S. (2023). The Effect of Social Media Influencer Characteristics on Purchase Intention on Beauty Products in Indonesia. Iqtishoduna, 19(2), 133–157. https://doi.org/10.18860/iq.v19i2.22544
Compas.co.id. (2025). diakses pada tanggal 25 Juli 2025. https://compas.co.id/article/top-10-brand-tren-paket-kecantikan/
Darma Putra, L., & Harry Susanto, E. (2019). PENGARUH MARKETING MIX 4P DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP PURCHASE DECISION SMARTPHONE VIVO. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 77–82. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i6.6101
D.Durianto. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas. In PT Gramedia Pustaka Utama (pp. 61–178).
DN Media. (2025). Indonesia Gen Z Report 2025.
DN Times. (n.d.). Siapa Pemilik Glad2Glow. https://www.idntimes.com/business/economy/yogama-wisnu-oktyandito/siapa-owner-glad2glow
Faranisa Ananda, A., & Wandebori, H. (2016). THE IMPACT OF DRUGSTORE MAKEUP PRODUCT REVIEWS BY BEAUTY VLOGGER ON YOUTUBE TOWARDS PURCHASE INTENTION BY UNDERGRADUATE STUDENTS IN INDONESIA. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science.
Fenny, F., & Loisa, R. (2021). Pengaruh Endorsement oleh Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Kosmetik. Prologia, 5(1), 94–100. https://doi.org/10.24912/PR.V5I1.8141
Glad2glow. (2025). LinkedIn. https://id.linkedin.com/company/glad2glow
Goldsmith, E. B., Goldsmith, R. E., & Bacille, T. (2015). Social Influence and Sustainable Behavior. 127–154. https://doi.org/10.1007/978-3-319-20738-4_8
Gunawan, C. M., Rahmania, L., & Kenang, I. H. (2023). the Influence of Social Influence and Peer Influence on Intention To Purchase in E-Commerce. In Review of Management and Entrepreneurship (Vol. 7, Issue 1, pp. 61–84). https://doi.org/10.37715/rme.v7i1.3683
Hartanti, P. G., & Budiarti, A. (2023). PENGARUH BRAND IMAGE DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP PURCHASE INTENTION DIMEDIASI PROMOSI PADA PRODUK KOSMETIK MAYBELLINE. AT TARIIZ : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(02), 96–111. https://doi.org/10.62668/attariiz.v2i02.611
Icek Ajzen. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes 50, no 2, 179–221.
Kantar Indonesia. (2025). Why Indonesia’s Beauty Market Is Growing Faster Than Ever.
Keni Keni, T. A. P. W. P. S. (2022). Luxury Brand Perception, Social Influence, and Brand Personality to Predict Purchase Intention. Jurnal Komunikasi.
Kotler, P., Armstrong, G., & Balasubramanian, S. (2023). Principles of Marketing. In Pearson.
Kotler, P., Kelller, L. K., & Chernev, A. (2022). Marketing Management (16th Global ed.). In Pearson Education Limited.
Nasrudin, M., & Zuhdi, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Indihome Di Bogor. Jurnal Informatika Kesatuan, 3(1), 99–110. https://doi.org/10.37641/jikes.v3i1.1792
Nuryadin, J. (2022). Pengaruh Produk Kustomisasi Terhadap Minat Pembelian Ulang Dengan Addictive Behavior Sebagai Variabel Moderasi Pada Produk Magic the Gathering. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1.
Setiawati, E., & Wiwoho, G. (2020). Pengaruh Social Media Marketing dan Product Quality Terhadap Purchase Decision dengan Purchase Intention sebagai Interverning pada Produk Jims Honey (Studi pada Masyarakat Kebumen). In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (Vol. 2, Issue 1). http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index
Shimp, T. A. (2014). KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM PERIKLANAN DAN PROMOSI. Salemba empat.
Sudiantini, D., Dewi, S. K., Firmansyah, A., Kamil, R. H., Maulida Hasan, R., & Rahman Faozi, A. A. (2024). Strategi Pemasaran Produk Kecantikan Melalui Marketplace Shopee dalam Meningkatkan Penjualan Daviena Skincare Jakarta. ManBiz: Journal of Management and Business, 3(2), 342–348. https://doi.org/10.47467/manbiz.v3i2.6940
Sugiono. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Alfabeta.
Tim Redaksi. (n.d.). Youtube, Medsos No. 1 Di Indonesia. https://m.katadata.co.id/infografik/2025/02/10/youtube-medsos-no-1-di-indonesia
Tjiptono Fandy. (2015). Strategi Pemasaran Edisi-4. Cv,” Andi Offset.
Veronica, V., & Rodhiah, R. (2021). PENGARUH PRIVACY, SOCIAL INFLUENCE TERHADAP ONLINE PURCHASE INTENTION: TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 235. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i2.9657
We Are Social. (n.d.). Diakses pada 24 Juli 2025. https://wearesocial.com/id/blog/2025/02/digital-2025-the-essential-guide-to-the-global-state-of-digital/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Zahrotul Khasanah, Ersi Sisdianto, Desi Nurhabibah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

