PENGARUH FINANCIAL INCLUSION, PENGETAHUAN INVESTASI, MOTIVASI INVESTASI, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT INVESTASI DIGITAL GEN Z DI SOLORAYA

Authors

  • Aredia Zaki Utama Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nur Prasetyo Aji Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31539/b5peg368

Keywords:

Financial Inclusion, Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Media Sosial, Minat Investasi Digital, Generasi Z.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh Financial Inclusion, Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, dan Media Sosial terhadap Minat Investasi Digital pada Generasi Z di Soloraya, dilatarbelakangi oleh pesatnya pertumbuhan ekonomi digital dan potensi Gen Z sebagai digital native dalam pasar investasi. Menggunakan kerangka teori Theory of Planned Behavior (TPB) yang diperluas, penelitian ini menguji bagaimana faktor akses (diwakili oleh Financial Inclusion), kognisi (Pengetahuan Investasi), afeksi (Motivasi Investasi), dan lingkungan sosial (Media Sosial) secara kolektif dan individual memengaruhi intensi perilaku investasi digital. Sampel penelitian diambil sebanyak 176 responden Gen Z di Soloraya melalui teknik purposive sampling, dan data primer diolah menggunakan analisis Regresi Linear Berganda (MLR). Instrumentasi analitik yang diterapkan adalah IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Financial Inclusion  berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi digital, Pengetahuan Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi digital, dan Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi digital. Sebaliknya, Motivasi Investasi, meskipun berarah positif tidak berpengaruh terhadap minat investasi digital.

References

Agata, T. F., & Nurazi, R. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Modal Minimal terhadap Minat Investasi Generasi Z Indonesia di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah MEA, 8(2), 1797–1813. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4243

Aira, A., Fauzana, R., & Djamil, N. (2024). Analisis Minat Berinvestasi Generasi Z (Net Generation) UIN Suska Riau Pada Pasar Modal Dari Perspektif: Literasi Keuangan, Motivasi Investasi Dan Teknologi Informasi. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 4, 4628–4636. https://doi.org/10.33395/owner.v8i4.2473

Apriliani, A. F., & Murtanto. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan, Persepsi Risiko dan Teknologi Media Sosial Terhadap Minat Investasi. Jurnal Investasi, 9(3), 133–142. https://doi.org/10.31943/investasi.v9i3.281

Burhanudin, Hidayati, S. A., & Putra, S. B. M. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Manfaat Investasi, Motivasi Investasi, Modal Minimal Investasi dan Return Investasi terhadap Minat Investasi di Pasar Modal (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram). Jurnal Distribusi, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.137

Candra, T., Darren, A., Lusiana Kirani Adi Ningrat, M., & Kuang, T. M. (2025). Investasi Saham Oleh Gen Z: Peran Literasi Keuangan, Media Sosial, dan Literasi Digital. Owner, 9(2). https://doi.org/10.33395/owner.v9i2.2723

Fatchan, I. N., Fatchan, F. H., Achyani, F., Wardana, C. K., & Kholillulloh, F. (2024). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi. Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), 588–601. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i2.941

Febriana, A. T., & Armansyah, R. F. (2024). Analysis of Financial Literacy, Financial Inclusion and Mental Accounting on Investment Decisions of The Millenial Generation in Surabaya. JASa (Jurnal Akuntansi, Audit Dan Sistem Informasi Akuntansi), 8(1), 159–170. https://doi.org/10.36555/jasa.v8i1.2452

Firdaus, R. A., & Ifrochah, N. (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN di Pasar Modal. Jurnal Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 2(1), 16–29. https://doi.org/10.31092/jaa.v2i1.1434

Fitrianingrum, S., & Wibowo, P. A. (2024). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Literasi Keuangan, Motivasi Investasi Pada Minat Investasi Karyawan. JURNAL STIE SEMARANG, 16(3), 41–53. https://doi.org/10.33747

Kurniawati, M., & Pamungkas, A. S. (2023). The Effect of Investment Motivation, Perceived Risk and Financial Literacy on Investment Intention. International Journal of Application on Economics and Business, 1(4), 2142–2151. https://doi.org/10.24912/ijaeb.v1i4.2142-2151

Lakatua, E. B. K., Rewah, O. G., & Kasingku, F. J. (2024). Apakah Pengetahuan Investasi, Manfaat Investasi, dan Motivasi Investasi Berpengaruh Terhadap Minat Investasi Pasar Modal Pada Gen-Z? SKETSA BISNIS, 11(1), 42–55. https://doi.org/10.35891/jsb.v11i1.5445

Mujtahidin, F. W. (2023). Motivasi dan Pengetahuan Investasi Generasi Zenial dalam Meningkatkan Minat Investasi di Pasar Modal. IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management, 2(02), 1–8. https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem

Nur, A., Alam, P. M. N., Dwiarta, R., Fitri, T. H., & Rizqah, M. (2025). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Investasi Di Kalangan Investor Muda. Journal ANC, 01(3), 277–294. https://journal.anc-aryantonurconsulting.com/tp/article/view/72

Putri, O. Y., Lestari, S. I. P., & Prabawa, S. T. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, dan Kemajuan Teknologi Terhadap Keputusan Investasi Digital (Studi Kasus Pada Generasi Muda di Surakarta). Jurnal Wirausaha Dan Ilmu Ekonomi (WIRANOMIKA), 3(3), 01–22. https://wiranomika.id/wiranomika/article/view/169

Rais, M., Khairi, H., & Hidayat, F. (2023). Pengaruh Teknologi Digital, Religiusitas, Dan Sosial Media Terhadap Keputusan Generasi Z Berinvestasi Di Saham Syariah. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 6(2), 342–355. https://doi.org/10.31949/maro.v6i2.7178

Saptyana, R. F. (2024). The Influence of Lifestyle Financial Technology Financial Literacy, and Financial Behavior on Generation Z Investment Decisions. Tax Accounting Applied Journal, 12. https://doi.org/10.14710/taaij.2023.22074

Sawitri, L., Suherman, A., & Sudarma, A. (2024). The Influence of Financial Literacy and Financial Inclusion on Investment Decisions in Generation Z in West Java. PRIMANOMICS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, 22(3), 01–12. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/ds

Selviana, S., & Pertiwi, R. R. (2025). Analisis Literasi dan Inklusi Terhadap Keputusan Gen Z Berinvestasi Pada Reksadana Syariah. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 6(3), 438–448. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v6i3.6634

Setyaningrum, R. P., & Wiyatur. (2025). The Decision Making of Cryptocurrency Investment in Digital Literacy and Motivation Among Generation Z Through Investment Interest in Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis, 12(1), 101–115. https://doi.org/10.33096/jmb.v12i1.984

Silva, D. M. E. Da, & Yuningsih. (2022). Pengaruh literasi keuangan, motivasi investasi dan modal minimal terhadap minat investasi saham mahasiswa UNIPA Maumere. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 798–807. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue

Sunatar, B., Hendra, M., & Suharmoko. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Sorong. POINT: Jurnal Ekonomi & Manajemen, 5(1), 31–45. https://doi.org/10.46918/point.v5i1.1520

Viana, E. D., Febrianti, F., & Dewi, F. R. (2022). Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Dan Organisasi (JMO), 12(3), 252–264. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i3.34207

Wahbi, A., Bakti, Unga, W. O. H., Darwin, L. O. A., & Ikbal. (2024). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, dan Pengelolaan Keuangan terhadap Keputusan Investasi Generasi Z di Kota Kendari. Journal Publicuho, 7(4), 2229–2247. https://doi.org/10.35817/publicuho.v7i4.587

Winarsih, W., Fuad, K., & Aida, F. A. A. (2024). The Importance Of Knowledge, Investment And Motivation For Gen-Z Interested In Investing. International Journal of Accounting, Management and Economics Research, 2(1), 160–172. https://ijamer.feb.dinus.ac.id/index.php/ijamer/

Downloads

Published

2025-10-30