PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, RASA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP MEREK KOPI FORE DI SUN PLAZA MALL - MEDAN, SUMATERA UTARA

Authors

  • Venny Anggesti Universitas Prima Indonesia
  • Khomeiny Yunior Universitas Prima Indonesia
  • Versa Tandoko Universitas Prima Indonesia
  • Hengki Mangiring Parulian Simarmata Universitas Murni Teguh PSDKU Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31539/bez31228

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, rasa, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan di Fore Coffee. Di era persaingan bisnis yang ketat saat ini di industri makanan dan minuman, khususnya kedai kopi, kepuasan pelanggan merupakan faktor krusial bagi keberlanjutan bisnis. Namun, Fore Coffee menghadapi beberapa masalah yang berdampak negatif terhadap kepuasan pelanggan. Pelanggan menyampaikan keluhan mengenai kualitas produk yang dianggap tidak konsisten dan tidak memenuhi harapan mereka. Beberapa responden juga menganggap harga produk yang ditawarkan Fore Coffee terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan kualitas, layanan, atau pengalaman konsumsi secara keseluruhan. Selain itu, ketidakkonsistenan rasa juga menjadi masalah utama, karena rasa produk seringkali bervariasi di setiap pembelian atau lokasi toko yang berbeda, sehingga menyebabkan kekecewaan di antara pelanggan. Lebih lanjut, Fore Coffee dinilai kurang aktif dalam melakukan kegiatan promosi, terutama di platform media sosial, sehingga mengurangi minat dan kesadaran pelanggan terhadap penawaran terkini atau produk baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan total sampel 192 responden yang dipilih melalui teknik sampling jenuh. Data dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan dari masing-masing variabel independen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, rasa, dan promosi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan, keempat variabel ini secara bersama-sama memengaruhi kepuasan pelanggan di Fore Coffee. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan konsistensi produk, penawaran harga yang wajar, peningkatan kualitas rasa, dan intensifikasi kegiatan promosi merupakan strategi penting untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

References

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amir, Susana, Zuriani, Desmawati, & Elvina. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Cita Rasa Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Mbak Siti.

Andini & Septi. (2020). Pengaruh Harga, Produk, Distribusi dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan pada Kedai Kopi Coffee 19 Cafe. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3),465-493. https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1539

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed). California: SAGE Publications.

Daryanto, & Setyobudi, I. (2019). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Dewirahmadanirwati & Randa Defrian. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Cita Rasa, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Pada Kadai Kopi Nipah Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 5415-5432

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. (Edisi 10). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan. (2022). Keputusan Pembelian Skincare Safi Berbabasis Media Marketing. Jakarta: PT Inovasi Pratama Internasional.

Kusumaningrum, S. D. (2021). Kajian pustaka dalam penentuan tipe dan permasalahan kulit wajah. Kajian Pustaka Dalam Penentuan Tipe Dan Permasalahan Kulit Wajah, 1(1),17–21. https://doi.org/10.20885/snati.v1i1.3

Maimunah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen. Iqtishadequity: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 52–64. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.542

Melati, M. (2021). Manajemen Promosi dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Melda, M., Arini, E., & Yulinda, A. T. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Cita Rasa dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS), 1(2), 143-149. https://doi.org/10.36085/jems.v1i2.918

Meutia, R. H. M. (2020). Manajemen Pemasaran: UKM dan Digital. Jakarta: Penerbit Kompas.

Priyatno, D. (2022). Olah Data Sendiri Analisis Regresi Linier dengan SPSS dan Analisis Regresi Data Panel dengan Eviews. Yogyakarta: Cahaya Harapan.

Rusyidi, A. (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Santoso, S. (2019). Menguasai Statistik di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Satriadi, Wanawir, Hendrayani, E., Siwiyanti, L., & Nursaidah. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Samudra Biru.

Sudaryanto, S., Subagio, N. A., Awaliyah, I. N., Wulandari, D., & Hanim, A. (2019). Influence of Brand Image, Price, and Promotion on Consumer’s Buying Decision of Fast Moving Consumer’s Goods with Culture as a Moderating Variable in Basmalla Retail Store in Indonesia. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(3), 2277-8616.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2020). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Yogyakarta: Penerbit Andi

Yunita, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Rumah Makan XYZ). Skripsi, Universitas Brawijaya.

Zulfatul & Herlinda. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Tempat, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Fore Coffee di Kecamatan Buduran.

Downloads

Published

2025-11-02