The Effect of Teachers’ Training, Physical Work Environment, and Work Dicipline on Teachers Performance at Yayasan Perguruan Kristen Andreas
DOI:
https://doi.org/10.31539/hc394h96Keywords:
Pelatihan Guru, Lingkungan Kerja Fisik, Disiplin Kerja, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan guru, lingkungan kerja fisik, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Yayasan Perguruan Kristen Andreas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan teknik sampling jenuh diterapkan dengan melibatkan 50 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara, sedangkan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai thitung 4,017 > ttabel 2,012, lingkungan kerja fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai thitung -1,104 < ttabel 2,012, sementara disiplin kerja memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai thitung 7,359 > ttabel 2,012. Secara simultan, variabel pelatihan guru, lingkungan kerja fisik, dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Ketiga variabel tersebut secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 74,9% terhadap kinerja guru, sedangkan sisanya 25,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, seperti kepemimpinan, kompensasi, dan motivasi kerja.
References
[1] Harini, S. (2017). MSDM Sebuah Pendekatan Peningkatan Komitmen Organisasi. Tangerang Selatan: Pustaka Pedia.
[2] Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (ke-19). Jakarta: PT Bumi Aksara.
[3] Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2017). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Depok: Kencana
[4] Maria, R., Kristi E. N. G., & Yunita M. (2024). Pengaruh Lingkungan kerja, Disiplin Kerja, Pelatihan Terhadap Kinerja Guru di Yayasan Pendidikan Nurcahaya Medan. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, VI(I). https://doi.org/https://doi.org/10.34012/jebim.v6i1.5446
[5] Priansa, D. J. (2018). Perencanaan & Pengembangan Sumber Daya Manusia. (ketiga). Bandung: Alfabeta.
[6] Reza, R. A., Harlen, & Daviq C. (2019). Pengaruh Motivasi, Pelatihan dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Guru pada Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis,11(3). https://jtmb.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/download/7830/676
[7] Rusman. (2021). Manajemen Kurikulum Pendidikan & Pelatihan: Konsep, Pengembangan, dan Evaluasi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
[8] Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Refika Aditama.
[9] Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
[10] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
[11] Wijaya, D. (2024). Pengaruh Pelatihan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Intervening pada PT. Daya Angkasa Andalas Indah. Universitas Prima Indonesia Medan. https://share.google/LPGyNQjAaphuWXesK
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Linda Linda, Hendry Hendry, Stevilla Young

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

