PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM KOTA MEDAN DI TIKTOK SHOP

Authors

  • Louis Cirista Universitas Prima Indonesia
  • Purnama Yanti Purba Universitas Prima Indonesia
  • Applelyn Wijaya Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31539/xt2mkt08

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Fenomena adanya peningkatan penggunaan platform digital TikTok Shop oleh pelaku UMKM dan persaingan antara pelaku usaha melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan penelitian Adalah menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk UMKM Kota Medan di TikTok Shop. Populasi penelitian adalah konsumen yang membeli produk UMKM Kota Medan. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda serta teknik sampling adalah Accidental Sampling dengan jumlah responden 100 konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan promosi secara parsial masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, ketiga variabel tersebut secara simultan juga terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan, menunjukkan bahwa kualitas produk yang baik, harga yang kompetitif, dan strategi promosi yang tepat dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian.

References

Agustina, R. M., Efendi, N., & Tulim, A. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk skincare “Skintific” pada mahasiswa/i Kota Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil (JWEM), 14(01), 90-100. https://ejurnal.mikroskil.ac.id/index.php/jwem/index (ISSN 2622-6421 online; 2088-9607 print) ejurnal.mikroskil.ac.id+1

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. ISBN 979-704-015-1. Scribd+1

Gulo, T., Suryati, L., & Ginting, R. S. I. (2022). Analisis pengaruh kualitas produk, harga, promosi terhadap keputusan pembelian pada Fa. Banang Jaya. JIMKES: Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 545-558. (e-ISSN: 2337-7860; e-ISSN: 2721-169X)

Gunawan, S., & Ardyan, E. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Mark.On.Id. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 6(2), 104-113.

Hakim, M. A., & Suprihadi, H. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Kedai Jokopi Cabang Dinoyo Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-14. (e-ISSN: 2461-0593)

Ismiatun, D., Budiatmo, A., & Prihatini, A. E. (2022). Pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 764-773. (e-ISSN: 2746-1297)

Kasmir. (2020). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran (Cetakan I). Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Leo, Y. U., & Defrizal. (2023). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen Bima Jaya di Sidomulyo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 6(1), 286-291. (p-ISSN: 2620-9551; e-ISSN: 2622-1616)

Lina, R., & Sihotang, S. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Somethinc (Studi pada mahasiswa STIESIA Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. (e-ISSN: 2461-0593), 1-24.

Maky, Z. A., Pradiani, T., & Rahman, A. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian smartphone pada Meteorcell Malang. JUBIS: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 5(1), 13-27.

Nurchasanah, D., & Lukitaningsih, A. (2023). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada aplikasi TikTok Shop. RESLAJ: Religious Education Social Laa Roiba Journal, 5(3), 1081-1095. (p-ISSN: 2656-274X; e-ISSN: 2656-469X)

Priansa, D. J. (2019). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta.

Priyatno, D. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS (Edisi I). Yogyakarta: CV ANDI.

Priyastama, R. (2017). Buku Sakti Kuasai SPSS (Cetakan I). Yogyakarta: Start Up.

Ramadhani, S., Nasution, N. L., & Zebua, Y. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada Master Cash & Credit Kotapinang. MSEJ: Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5, 4850-4864.

Sumilat, S., Lapian, S. L. H. V. J., & Lintong, D. C. A. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor pada PT Hasjrat Abadi Yamaha SAM Ratulangi. Jurnal EMBA, 10(2), 541-550. (ISSN: 2303-1174)

Sunyoto, D. (2020). Manajemen Pemasaran: dilengkapi 45 Judul Penelitian & Kasus Sehari-hari di Indonesia. Bogor: Penerbit IN Media.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian (Edisi I, Cetakan I). Jakarta: Rajawali Pers.

Tjiptono, F. (2019). Manajemen Pemasaran (Edisi I, Cetakan 2). Jakarta: Rajawali Pers.

Villy, & Kusmayadi, O. (2023). Pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Telekomsel di Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(25), 866-887. (p-ISSN: 2622-8327; e-ISSN: 2089-5364)

Downloads

Published

2025-11-03