SINERGI KOMPONEN IMC TERHADAP PEMBENTUKAN PERSEPSI MEREK
DOI:
https://doi.org/10.31539/kjmwk622Keywords:
Komponen IMC, Persepsi Merek, Sinergi IMC dalam Pembentukan MerekAbstract
Menjalankan bisnis di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini dimana transparansi digital dan media sosial yang mempercepat proses penyebaran informasi, persepsi merek merupakan hal yang krusial karena kemampuannya dalam membangun keyakinan konsumen terhadap merek tertentu. Penerapan strategi IMC berfungsi sebagai solusi atas tantangan ini dan memastikan setiap saluran pemasaran yang dimiliki oleh perusahaan menyampaikan pesan yang identik dan konsisten agar informasi yang diterima oleh konsumen dapat tetap jelas sehingga meminimalkan adanya kebingungan dan bertujuan untuk mengarahkan persepsi individual dan menyelaraskannya menjadi persepsi positif menuju citra merek yang diinginkan oleh perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dan disusun berdasarkan pedoman PRISMA yang mengumpulkan data secara sistematis dan menyeluruh untuk mencari informasi terkait topik yang akan diteliti. Pengumpulan data diidentifikasi, dipilih, dinilai dan ditangkum hingga berupa temuan sebagai acuan dari penelitian ini. Berdasarkan hasil penelusuran data ditermukan 10 Artikel yang memenuhi kriteria dengan apa yang telah ditetapkan oleh peneliti yang membahas tentang sinergi komponen IMC dalam pembentukan persepsi merek. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa komponen IMC terdiri dari 5 elemen yang masing-masing elemennya memiliki pengaruh dimensi yang berbeda terhadap pembentukan merek.
References
[1] 24/Menkes/2022, P. R. N. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 02(8.5.2017), 2003–2005.
[2] A, I. E. (2011). Chapter 1 股関節 概念 Chapter 1 股関節. An Automated Irrigation System Using Arduino Microcontroller, 1908(January), 2–6.
[3] Bhayangkara, U., Raya, J., Woestho, C., Bhayangkara, U., Raya, J., & Ghaffar, A. (2023). Pemanfaatan Big Data dalam Peningkatan Efektivitas Strategi Komunikasi Marketing Terpadu pada Perusahaan E-Commerce. May.
[4] García-Salirrosas, E. E., Escobar-Farfán, M., Esponda-Perez, J. A., Millones-Liza, D. Y., Villar-Guevara, M., Haro-Zea, K. L., & Gallardo-Canales, R. (2024). The impact of perceived value on brand image and loyalty: a study of healthy food brands in emerging markets. Frontiers in Nutrition, 11(October), 1–15. https://doi.org/10.3389/fnut.2024.1482009
[5] Handayani, P. W. (2017). Systematic Review dengan PRISMA ( Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses ). Workshop Riset Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer UI, 9(1-3 Agustus 2017), 1–28.
[6] Hidayati, F. I., & Febriana, P. (2024). Membangun Citra Merek Dapur Keinda Melalui Instagram. Interaction Communication Studies Journal, 1(1), 117–127. https://doi.org/10.47134/interactionv1i1.2540
[7] Jain, P., Saihjpal, A., & Ludhiana, I. (2023). Integrated Marketing Communication: A Developing Theory. International Journal of Creative Research Thoughts, 11(2), 2320–2882. www.ijcrt.org
[8] Mujib, M., & Nurvianti, M. A. (2021). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Meningkatkan Dana ZIS pada Lembaga Aamil Zakat di Era Covid-19. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 432–447. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i2.683
[9] Permatasari, A. S., & Arviani, H. (2023). Persepsi Mayarakat terhadap Pembentukan Citra Merek Pada Kolaborasi PT. Lemonilo Indonesia dengan NCT Dream sebagai Brand Ambassador. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(4), 681–701. https://doi.org/10.47476/dawatuna.v3i4.2758
[10] Pranawukir, I., & Sukma, A. H. (2021). Strategi Corporate Social Responsibility Dompet Dhuafa dalam Membangun Brand Differentiation Lembaga. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 3(1), 22. https://doi.org/10.33474/jisop.v3i1.9000
[11] Prasetya, H., Asfira, W., Rinata, R., Fianto, L., & Abdul, M. (2025). Strategi Integrated Marketing Communication ( IMC ) Café Pupuk Bawang dalam Memperkuat Positioning Merek. 7, 192–203.
[12] Rizki, M., Kusumadinata, A. A., & Setiawan, K. (2024). Live Music Sebagai Media Penguatan Citra Merek di Kafe Newbiq Bogor. Karimah Tauhid, 3(7), 7569–7577. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14127
[13] Rizki, M., Pascasarjana, P., Manajemen, M., Buana, S., & Bandung, Y. (2023). (Astuti, MM, Matondang, Kom, & MM, 2020). 2(1), 240–245.Safitri, E., Lina Auliana, Iwan Sukoco, & Cecep Safaatul Barkah. (2022). Kajian Literatur Peran Integrated Marketing Communication (IMC) Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen. Jurnal Aplikasi Bisnis, 19(2), 259–267. https://doi.org/10.20885/jabis.vol19.iss2.art6
[14] Sansome, K., Wilkie, D., & Conduit, J. (2024). Beyond information availability: Specifying the dimensions of consumer perceived brand transparency. Journal of Business Research, 170(October 2023), 114358. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2023.114358
[15] Saracevic, S., & Schlegelmilch, B. B. (2024). Activist brand perception: Conceptualization, scale development and validation. Journal of Business Research, 180(May), 114732. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2024.114732
[16] Sularno, M. (2025). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Brand Awareness Di Era Media Sosial. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 20(1), 228–240. https://doi.org/10.46975/pq81ef55
[17] Syahputra, S. A., Azis, H., & Wisudawanto, R. (2024). Integrated Marketing Communication dalam Mempromosikan Wisata Waduk Gajah Mungkur di Era Digital. Tuturan: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(4), 212–238.
[18] Yanuarita, D., & Desnia, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Melalui Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi di Sekolah Alam Kebun Tumbuh. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 245–256. https://doi.org/10.54082/jupin.153
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fauziyah Mubaarokah Septiyanti, Muh. Syarif, Pribanus Wantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

