PERSEPSI MAHASISWA BARU MEMILIH PTN ATAU PTS: STUDI NETNOGRAFI DI JAWA TENGAH-DIY

Authors

  • Nana Noviada Kwartawati Universitas Telogorejo Semarang
  • Albertus Setyo Sumargo Universitas Telogorejo Semarang
  • Swanny Trikajanti Widyaatmadja Universitas Telogorejo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31539/8t94jb83

Keywords:

Netnografi, PTN, PTS, Mahasiswa Baru, Media Sosial, Jawa Tengah, DIY

Abstract

Media sosial saat ini berfungsi sebagai platform utama bagi calon siswa untuk memeriksa dan mempertimbangkan pilihan mereka antara perguruan tinggi negeri dan swasta. Dengan menggunakan metode netnografi, penelitian ini meneliti persepsi dan pertimbangan mahasiswa baru di Jawa Tengah dan DIY ketika mereka memilih antara PTN atau PTS. Data dengan tagar populer seperti #UTBK, #SNBT, #PTSUnggulan, dan #PejuangPTN dikumpulkan dari interaksi publik di Twitter, Instagram, dan TikTok dari tahun 2023 hingga 2025.  Tema-tema utama dalam percakapan digital diidentifikasi melalui analisis isi kualitatif. Studi ini menemukan enam komponen utama yang memengaruhi pertimbangan mahasiswa baru: biaya kuliah, akreditasi dan kualitas, prospek kerja, prestise, lokasi, dan fasilitas kampus. PTS berusaha untuk menonjolkan fasilitas modern, fleksibel, dan kualitas tertentu melalui strategi promosi digital, sedangkan PTN biasanya dianggap lebih baik dalam hal biaya, prestise, dan prospek karir.   Hasilnya menunjukkan bahwa media sosial memiliki peran yang signifikan dalam membentuk persepsi kolektif siswa yang akan masuk universitas. PTN harus mempertahankan kualitas meskipun ada peningkatan daya tampung, sementara PTS harus memperkuat strategi beasiswa dan citra kualitas, menurut penelitian ini.   Implikasi praktis ditujukan kepada pembuat kebijakan untuk membuat ekosistem pendidikan tinggi yang mengimbangi PTN dan PTS.

References

Adindaap. (2024, March). Instagram. Instagram. https://www.instagram.com/reel/C5A5V71Bo_J/

Base SBMPTNFESS. (2023, May). Base SBMPTNFESS on X: “Yang masih suka bimbang dan gengsi ke PTS karena stereotip PTN>PTS, plis tinggalin stereotip itu. Ketinggalan jaman asli dah. PTN! tuh keliatan ‘waw’ karena lebih murah, jadi dayasaingnya tinggi, sedangkan banyak orang terkendala biaya kalau ke PTS, itulah mengapa (cont..) https://t.co/NQW6bIE2w8” / X. X.Com. https://x.com/sbmptnfess/status/1298933365240782849

Deni Purbowati. (2023). Setelah Gagal UTBK, Harus Bagaimana? Ini 5 Alternatifnya. Akupintar.Id. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/setelah-gagal-utbk-harus-bagaimana-ini-5-alternatifnya

Elsie Oktivera, FA. Wisnu Wirawan, & Amelia Surya Jaya. (2024). Pemilihan Media Sosial Dalam Pemenuhan Informasi Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Audiens, 5(1), 127–139. https://doi.org/10.18196/JAS.V5I1.347

fastikomunsiq. (2025). Instagram. Instagram. https://www.instagram.com/reel/DJTdO64RZ20/

getdaytrends. (2024, June). Indonesia • Jun 15, 2024 02:00 • Twitter Trending Hashtags and Topics. Getdaytrends. https://getdaytrends.com/indonesia/2024-06-15/2/

Kuliah Berkualitas. (2024). (6)#kuliahberkualitas | TikTok. TikTok. https://www.tiktok.com/tag/kuliahberkualitas?lang=en

Kurnia, D., & Deviyantoro. (2023). Analisis Faktor-Faktor Pada Perguruan Tinggi Yang Diminati Masyarakat. Jurnal Akuntansi Manajemen (JAKMEN), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30656/jakmen.v2i1.6683

Kurniati, K., Kusmiati, H., & Rahmi, N. (2023). Analisis Hashtag UTBK-SNBT di Twitter Menggunakan Netlytic Tools. Journal Computer Science and Information Systems : J-Cosys, 3(1), 44–48. https://doi.org/10.53514/JCO.V3I1.383

Nia Heppy. (2023, June). 5 PTS yang Beri Beasiswa dengan Tunjukkan Nilai UTBK 2023 | tempo.co. Tempo.Co. https://www.tempo.co/politik/5-pts-yang-beri-beasiswa-dengan-tunjukkan-nilai-utbk-2023-174410

Robert V. Kozinets. (2010). (PDF) Netnography: Doing Ethnographic Research Online. SAGE. https://www.researchgate.net/publication/267922181_Netnography_Doing_Ethnographic_Research_Online

Sidharta, Y. (2024). Analisis Persepsi Calon Mahasiswa terhadap Universitas Sanata Dharma. Journal of Humanities Education and Social Humanities, 2(4), 258–276. https://doi.org/10.59581/JIPSOSHUM-WIDYAKARYA.V2I4.4318

Vinatalia, V., & Abadi, T. W. (2024). Studi Netnografi pada Akun Tiktok Fujianti Utami Putri sebagai Media Promosi Jasa Influencers. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 163–170. https://doi.org/10.29313/JRJMD.V4I2.4425

Vivi, W., Wibowo, R. P., Manajemen, M., Pascasarjana, F., & Sumatera Utara, U. (2024). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Dalam Memilih Universitas Negeri di Indonesia (Studi Pada Siswa-siswi SMA Kelas XII Sumatera Utara). Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(7).

Yoga Sidharta. (2024). STUDI NETNOGRAFI BUDAYA NETIZEN DALAM KONTEN HUMOR DAKWAH DI INSTAGRAM @HUSEIN_HADAR. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora.

Downloads

Published

2025-11-17