PERAN GENERASI MUDA DALAM MENCIPTAKAN NILAI EKONOMI DAN SOSIAL MELALUI GERAKAN USAHA BERBASIS KEMANUSIAAN
DOI:
https://doi.org/10.31539/fe60v287Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya partisipasi generasi muda dalam mengembangkan gerakan usaha berbasis kemanusiaan yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan ekonomi, tetapi juga pada penciptaan nilai sosial bagi masyarakat. Fenomena ini mencerminkan munculnya paradigma baru dalam dunia kewirausahaan, dimana generasi muda berperan sebagai agen perubahan sosial melalui inovasi yang berkelanjutan dan berkeadilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran generasi muda dalam menciptakan nilai ekonomi dan sosial melalui aktivitas sociopreneurship, serta memahami bagaimana gerakan tersebut berkontribusi terhadap pembangunan sosial-ekonomi yang inklusif. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui pengumpulan data dari observasi aktivitas sociopreneur muda serta telaah literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi muda berperan penting dalam membangun jaringan kolaboratif, memperkuat modal sosial, serta mengintegrasikan nilai kemanusiaan dalam praktik kewirausahaan. Gerakan usaha berbasis kemanusiaan yang diinisiasi oleh mereka terbukti mampu menciptakan dampak sosial positif sekaligus meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa penguatan kapasitas dan dukungan kebijakan terhadap sociopreneur muda menjadi faktor kunci dalam mendorong pembangunan ekonomi yang berkeadilan dan berkelanjutan.
References
Achmad, W. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kewirausahaan Sosial: Membangun Kemandirian. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan, 14(9).
Adam, M. N. A. S., Hamin, D. I., & Hasim, H. (2024). Perbandingan Sistem Ekonomi Sosialisme, Kapitalisme, Dan Ekonomi Syariah: Sebuah Analisis Kritis Terhadap Prinsip, Implementasi, Dan Dampak Sosial. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7(2), 1011-1024. https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27698
Althafullayya, M. R. (2024). Peran Pendidikan Karakter Untuk Generasi Muda Berdaya Tahan dalam Mendukung Ketahanan Nasional: Analisis Holistik. Journal Education Innovation (JEI), 2(1), 163-174. https://jurnal.ypkpasid.org/index.php/jei/article/view/45
Andriana, A. N., & Fourqoniah, F. (2020). Pengembangan jiwa entrepreneur dalam meningkatkan jumlah wirausaha muda. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 2(1), 43-51.
Atikoh, N., Isro’iyah, L., & Rohim, A. R. (2025, October). Lembaga Pendidikan Kampung Inggris dalam Bingkai Sociopreneurship untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. In Proceeding International Conference on Pesantren and Islamic Education (Vol. 1, No. 1, pp. 213-223). https://jurnal.iaiannawawi.ac.id/index.php/icpie/article/view/264
Apriani, G., Aprillina, I., Grestyana, N., Tumimomor, A. D. M., Chandra, M. H., Hendratni, T. W., ... & Nugrohowardhani, R. L. K. R. (2025). Social Entrepreneurship: Inovasi & Strategi Praktis Membangun Negeri. Star Digital Publishing.
Arta, A., Faizal, M. A., & Asiyah, B. N. (2023). The role of Edupreneurship in gen Z in shaping independent and creative young generation. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, 6(2), 231-241.
Kimbal, R. W. (2015). Modal sosial dan ekonomi industri kecil: Sebuah studi kualitatif. Deepublish.
Mulia, S. S., Fadhila, R., Zahida, K. A., & Wijanarko, T. (2025). Di Antara Mimpi dan Aksi: Langkah Nyata Generasi Muda dalam Dinamika Pembangunan Sosial Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 14-14. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1650
Nurhayati, N., Pujiriyani, D. W., Sakti, R. A., Bawazeer, M., Kurniawan, A., Halim, B., ... & Juansa, A. (2025). Ekonomi Kerakyatan: Membangun Kemandirian Nasional. PT. Star Digital Publishing, Yogyakarta-Indonesia.
Purba, B., Sihombing, A. E., Nasution, N. F., & Siagian, A. P. (2023). Dampak Globalisasi Dalam Mempengaruhi Ekonomi Nasional Melalui Pandangan Ekonomi Politik. EKONOMIKA45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 10(2), 402-414.
Puspitasari, D. C. (2019). Menjadi Sociopreneur Muda: Studi Kasus Momsociopreneur ‘Sanggar ASI'. Jurnal Studi Pemuda, 7(2), 76-89. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.40524
Rustya, D., & Zaini, A. (2020). Peranan perguruan tinggi dalam peningkatan kepedulian sosial mahasiswa melalui pelatihan kewirausahaan sosiaL. Tadris: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 14(2), 44-54. https://doi.org/10.51675/jt.v14i2.100
Sari, P. (2023). Melibatkan Generasi Muda dalam Ekonomi dan Bisnis “Menghadapi Tantangan dan Peluang di Era Milenial Generasi Z”. JMEB Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis, 1(2), 50-59. https://doi.org/10.59561/jmeb.v1i2.110
Supriandi, S., & Priyana, Y. (2023). Faktor-faktor yang Mendorong Kesuksesan Kewirausahaan Sosial dalam Menyelesaikan Masalah Lingkungan. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 1(04), 280-291.
Sofia, I. P. (2017). Konstruksi Model Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) sebagai gagasan inovasi sosial bagi pembangunan perekonomian. Widyakala Journal: Journal of Pembangunan Jaya University, 2(1), 2-23.
Syahra, R. (2003). Modal sosial: Konsep dan aplikasi. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 5(1), 1-22.
Theodora, E. M., Pakpahan, V. M., & Banuari, N. (2024). Revolusi digital UMKM bagi kalangan wirausaha muda komunitas bisnis centre. GENDIS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 47-54.
Ulayya, A. T., Mahdy, A. M., Alam, F. R., Rafliansyah, M. Z., & Antoni, H. (2024). Dampak Pancasila Terhadap Pertumbuhan Moral dan Etika di Kalangan Generasi Z. Student Research Journal, 2(6), 260-275.
Wulandari, S., Habra, M. D., & Shara, Y. (2023). PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI SOCIOTECNOPRENEUR. JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN (JIMK), 4(1), 260-267. https://doi.org/10.32696/jimk.v4i1.4727
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wira Yudha Alam, Lailatul Amaliya, Indria Sari, Nur Lailina Rahmah, Ferdimer Dimas Aurianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

