ANALISIS TRANSAKSI MOBILE BANKING BANK SUMUT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF NASABAH PADA PT. BANK SUMUT CAPEM SYARIAH

Authors

  • Uswah Hasanah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Dewi Atika Sekolah Tinggi Agama Islam Tebing Tinggi Deli
  • Iskandar Muda Universitas Sumatera Utara
  • Andri Soemitra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yusrizal Yusrizal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31539/bekg3386

Keywords:

Mobil Banking, Prilaku Konsumtif, Nasabah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui bentuk transaksi mobil banking nasabah,faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi nasabah berprilaku konsumtif dalam menggunakan mobil banking dan prilaku konsumtif dalam transaksi dalam mobil banking nasabah Bank Sumut ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis data bersifat statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1).Bentuk transaksi mobil banking nasabah Bank Sumut hampir sama  dengan mobil banking pada umumnya,yang membedakannya yaitu trdapat layanan Islami pada Sumut Mobile 2). Keunggulan serta kemudahan yang ada seperti tersedianya layanan 24 jam serta keamanan menjadi faktor yang mempengaruhi nasabah berprilaku konsumtif dalam menggunakan mobile banking. Adapun faktor lainnya yaitu perubahan pendapatan.3).Sebagian besar nasabah bank Sumut Capem HM.Joni Kec.Teladan Medan Area berprilaku konsumtif dalam menggunakan mobil banking dimana hal ini tidak sesuai dengan prinsip ekonomi Islam.

References

[1] Adi Pratama et al., ‗Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Dan Kenyamanan Pengaruhnya Terhadap Niat Dalam Menggunakan Aplikasi Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Perbankan Konvensional Di Kota Palu)‘ Vol 2, No 1 (Juli 2019): 205.

[2] Astuti, Dwi. (2016). Pengaruh Gaya Hidup dan Kepribadian terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 18, No.1.

[3] Ary, D., Jacobs, L. C., Irvine, C. K. S., & Walker, D. A. (2018). Introduction to Research in Education (10th ed.). Cengange Learning.

[4] Cermati.com. (2015). Mengenal Mobile Banking, Apa Kelebihan dan Kekurangannya Cermati. Com.https://www.cermati.com/artik el/mengenal-mobile-banking apakeunggulan-dan-kekurangannya

[5] Ismet et al., (2023). “Pengaruh Penggunaan Mobile Banking, Internet Banking, dan ATM terhadap Kinerja Keuangan Perbankan (Studi Kasus Sektor Bank Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) Tahun 2017–2021”. Jurnal Keuangan dan Perbankan. Volume 19, Nomor 2, Juni 2023.

[6] Mukmin Pohan dan Muhammad Elfi Azhar, (2022). “Model Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Swasta Di Kota Medan”, Fakultas ekonomi dan bisnis, UMSU, Jurnal Akuntansi, Vol 6 No 2, April 2022.

[7] Novien Rialdy Dan Miftahul Ilmi Marbun , (2024). Konsep Shopee Pay-Later Dalam Sudut Pandang Manajemen Bisnis Islam. Jurnal Of Islamic Economic And Finance, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Vol. 1, No.2, November 2024.

[8] Sarwono, S.W. (2016). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

[9] Sahyu Siregar dan Riyan Pradesyah, (2023). “Pengaruh Digitalisasi Perbankan melalui Self Service Technology Terhadap Kepuasan Nasabah Penggunaan Layanan Digital Bank Syariah Pada Bank Syariah Indonesia KCP Kabanjahe” Jurnal Ekonomi Islam. Vol.4, No.2 (2023), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

[10] Shaikh dan Karjaluoto (2016). Penelitian ini berjudul “The Effects of Mobile Banking Application User Satisfaction and System Usage on Bank Customer Relationships”.

Downloads

Published

2025-11-04