PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SD INTEGRAL HIDAYATULLAH DEPOK

Authors

  • Rusman Rusman Universitas Widyatama Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31539/eqrbgt93

Keywords:

Kompetensi, Kompensasi dan Kinerja Pegawai.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan kompensasi terhadap kinerja pegawai pada SD Integral Hidayatullah Depok. Dalam konteks lembaga pendidikan, kompetensi pegawai, yang meliputi keterampilan dan pengetahuan, dianggap sebagai faktor utama yang menentukan kualitas pengajaran dan kinerja secara keseluruhan. Di sisi lain, kompensasi, termasuk gaji, tunjangan, dan insentif, juga mempengaruhi motivasi dan kepuasan kerja pegawai yang pada gilirannya berpotensi meningkatkan kinerja mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi untuk menguji hubungan antara kompetensi, kompensasi, dan kinerja pegawai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pegawai memiliki pengaruh positif yang sangat signifikan terhadap kinerja mereka, dengan kontribusi relatif sebesar 74,4%. Peningkatan kompetensi diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan efektivitas pegawai secara keseluruhan. Di sisi lain, kompensasi menunjukkan pengaruh negatif terhadap kinerja pegawai, dengan kontribusi relatif sebesar 25,6%. Hal ini menunjukkan adanya ketidaksesuaian antara harapan pegawai mengenai kompensasi yang diterima dan realitas yang ada, yang dapat menurunkan motivasi kerja. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan program pelatihan berbasis teknologi dan inovasi pengajaran untuk memperbaiki kompetensi pegawai. Selain itu, perlu dilakukan penyesuaian terhadap struktur kompensasi untuk meningkatkan kepuasan kerja dan motivasi pegawai. Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan SD Integral Hidayatullah Depok dapat mencapai tujuan pendidikan yang lebih optimal dan berkelanjutan.

References

Afandi, M. (2021). Kinerja pegawai: Konsep dan implementasi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Arikunto, S. (2021). Manajemen pendidikan: Teori dan praktik (3rd ed.). Rineka Cipta.

Armstrong, M. (2014). Armstrong's Handbook of Human Resource Management Practice (13th ed.). Kogan Page.

Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational leadership (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.

Bintoro, E., & Daryanto, A. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.

Colquitt, J. A., Lepine, J. A., & Wesson, M. J. (2014). Organizational behavior: Improving performance and commitment in the workplace (5th ed.). McGraw-Hill Education.

Deci, E. L., Koestner, R., & Ryan, R. M. (1999). A meta-analytic review of experiments examining the effects of extrinsic rewards on intrinsic motivation. Psychological Bulletin, 125(6), 627–668. https://doi.org/10.1037/0033-2909.125.6.627

Dessler, G. (2020). Human Resource Management (15th ed.). Pearson Education.

Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donnelly, J. H. (2019). Organizations: Behavior, structure, processes (13th ed.). McGraw-Hill.

Handoko, T. H. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (6th ed.). BPFE Yogyakarta.

Hargreaves, A., & Fullan, M. (2020). Professional capital: Transforming teaching in every school. Teachers College Press.

Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Heneman, H. G., & Milanowski, A. (2007). The impact of teacher compensation policies on the quality of teaching. Journal of Education Policy, 22(3), 253-277

Heneman, R. L., & Milanowski, A. T. (2007). The effects of pay for performance on teachers' motivation and performance. Journal of Human Resources,42(4),979-1005. https://doi.org/10.3368/jhr.42.4.979

Hery. (2018). Manajemen: Pengantar dan Penerapan dalam Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Herzberg, F. (2003). The motivation to work. Wiley.

Hidayat, M. (2021). Manajemen sumber daya manusia: Teori dan aplikasi di dunia pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Judge, T. A., Piccolo, R. F., & Ilies, R. (2010). The forgotten ones? The validity of consideration and initiating structure in leadership research. Journal of Applied Psychology, 95(2), 377-390. https://doi.org/10.1037/a0017460

Kasmir, & Widyaningrum, S. (2017). Manajemen sumber daya manusia dalam organisasi pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kasmir. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2021). Laporan Kinerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2021. https://roren.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2023/12/Lakin-Kemendikbud-2021.pdfroren.kemdikbud.go.id

Larasati, E. (2018). Manajemen sumber daya manusia dalam konteks organisasi pendidikan (2nd ed.). Penerbit Salemba Empat.

Larasati, M. E. (2018). Manajemen sumber daya manusia: Teori dan praktik di Indonesia. Penerbit Buku Kompas.

Mahmudah, S. (2019). Manajemen sumber daya manusia dan kompensasi dalam organisasi. Malang: UMM Press.

Mangkunegara, A. P. (2015). Manajemen sumber daya manusia perusahaan (5th ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, A. P. (2016). Kinerja karyawan: Teori, aplikasi, dan pengembangan (6th ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2017). Human resource management (15th ed.). Cengage Learning.

McClelland, D. C. (1973). Testing for competence rather than for intelligence. American Psychologist, 28(1), 1-14.

Milkovich, G. T., Newman, J. M., & Gerhart, B. (2014). Compensation (11th ed.). McGraw-Hill Education.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi (4th ed.). Remaja Rosdakarya.

Mutakin, T. Z. (2015). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, dan Latar Belakang terhadap Kinerja Guru. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 145–156. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.122

Prasetyo, E., & Wahyuni, R. (2020). Evaluasi kinerja dalam dunia pendidikan: Penerapan penilaian kinerja di sektor pendidikan. Jurnal Pendidikan, 15(2), 50-65.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2020). Organizational behavior (18th ed.). Pearson Education.

Rusman, M. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu.

Sari, P., & Mardjuni, S. (2018). Pengaruh kompetensi, kompensasi finansial, dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai (Master's thesis). Universitas Hasanuddin, Makassar.

Simamora, B. (2004). Manajemen sumber daya manusia (4th ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Solihin, D. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Spencer, L. M., & Spencer, S. M. (1993). Competence at work: Models for superior performance. Wiley.

Stajkovic, A. D., & Luthans, F. (1998). Self-Efficacy and Work-Related Performance: A Meta-Analysis. Psychological Bulletin, 124(2), 240–261. https://doi.org/10.1037/0033-2909.124.2.240

Subekti, D., & Hartono, M. (2020). Pengaruh kompensasi terhadap motivasi dan kinerja pegawai dalam sektor pendidikan (Doctoral dissertation). Universitas Indonesia, Jakarta.

Suherman, A. (2021). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru pada Lazuardi Global Islamic School. Journal of Management and Business Review, 18(3), 614–629. https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i3.228

Suryani, E., & Sugianingrat, L. (2020). Pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai: Studi kasus di perusahaan telekomunikasi. Jurnal Manajemen, 14(3), 201-215.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Tanjung, D. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Pendidikan (2nd ed.). Penerbit Universitas Indonesia.

Tzafrir, S. S., Baruch, Y., & Dolan, S. L. (2004). The antecedents of high-performance work systems: The role of HRM practices, social exchange, and psychological empowerment. Personnel Review, 33(6), 635–653. https://doi.org/10.1108/00483480410561406

Tzafrir, S. S., Baruch, Y., & Dolan, S. L. (2004). The Relationships Between Individual and Organizational Factors and Employee Performance. International Journal of Human Resource Management, 15(8), 1323-1345. https://doi.org/10.1080/0958519042000225852

Tzafrir, S. S., Baruch, Y., & Erez, M. (2004). The role of motivation and organizational culture in enhancing employee creativity. Academy of Management Journal,47(4),694–703. https://doi.org/10.2307/20159577

Ukpere, W. I. (2023). The Role of Human Resource Management in Organizational Effectiveness. International Journal of Educational Management, 37(1), 95-115. https://doi.org/10.1108/IJEM-11-2022-0489

Widya Cipta, S. (2019). Pengaruh kompensasi terhadap loyalitas pegawai (Master's thesis). Universitas Negeri Yogyakarta.

Widyaningrum, I., & Siswati, N. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat.

Widyaningrum, R., & Siswati, R. (2017). Tantangan manajemen sumber daya manusia dalam organisasi pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 59-73.

Wijaya, H., & Gunawan, H. (2021). The Impact of Competence on Teacher Performance in Educational Institutions. Journal of Education and Learning,15(4), 245-259. https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i4.3202

Yani, S., Harjanto, A., & Purnomo, W. (2023). Kebijakan kompensasi dalam meningkatkan motivasi pegawai (Doctoral dissertation). Universitas Gadjah Mada.

Downloads

Published

2025-11-17