PENGARUH ESG SCORE DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI: STUDI PADA PERUSAHAAN ESG LEADERS INDEX 2019–2023

Authors

  • Viola Novianti Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Almatius Setya Marsudi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.31539/n7yzjn46

Keywords:

ESG Risk Score, Leverage, Financial Performance, Profitability, Index ESG Leaders

Abstract

Isu Environmental, Social, and Governance (ESG) semakin menjadi perhatian utama dalam dunia keuangan karena mencerminkan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan dan tanggung jawab sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ESG Score dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi pada perusahaan yang terdaftar dalam Indeks IDX ESG Leaders periode 2019–2023. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi moderasi (Moderated Regression Analysis/MRA) melalui perangkat lunak IBM SPSS. Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 30 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ESG Score berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sebaliknya, leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel profitabilitas terbukti mampu memoderasi hubungan antara ESG Score terhadap nilai perusahaan. Namun, profitabilitas tidak memoderasi hubungan antara leverage dan nilai perusahaan.  Temuan penelitian ini menegaskan bahwa penerapan prinsip ESG yang konsisten dapat meningkatkan nilai perusahaan, terutama ketika didukung oleh profitabilitas yang kuat. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap literatur keuangan berkelanjutan serta menjadi referensi bagi investor dan manajer keuangan dalam mengintegrasikan praktik ESG ke dalam strategi bisnis perusahaan.

References

LSEG Data & Analytics | Financial Technology & Data. (2025, October 23). Data Analytics. https://www.lseg.com/en/data-analytics

ESG risk ratings. (n.d.-b). sustainalytics.com. https://www.sustainalytics.com/esg-data

ESG star listed companies. (n.d.-b). esg.idx.co.id. https://esg.idx.co.id/companies/

Jeanice, J., & Kim, S. S. (2023). Pengaruh Penerapan ESG Terhadap Nilai Perusahaan di Indonesia. Owner, 7(2), 1646–1653. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1338

Dylan, I. (2024). Analisis pengaruh ESG risk rating terhadap firm value dengan firm investment decision sebagai variabel moderasi pada perusahaan indeks IDX ESG Leaders tahun 2020–2023 (Skripsi). Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. https://repository.atmajaya.ac.id

Sustainability & ESG, Strategi Implementasi di Korporasi (1st ed.). (2025). CV Detak Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=

Irawati, T., Suhatmi, E. C., & Ningsih, S. (2023, July 19). Analisis pengaruh leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan sektor food and beverage di BEI tahun 2020-2022. https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap/article/view/9938

Dina, D. A. S., & Wahyuningtyas, E. T. . (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Lq45 Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020: Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Accounting and Management Journal, 6(1), 36–49. https://doi.org/10.33086/amj.v6i1.2821

Prabawati, P. I., & Rahmawati, I. P. (2022). The effects of Environmental, Social, and Governance (ESG) scores on firm values in ASEAN member countries. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 119–129. https://doi.org/10.20885/jaai.vol26.iss2.art2

Fauziah, D. A., Sukoharsono, E. G., & Saraswati, E. (2020). Corporate social responsibility disclosure towards firm value: Innovation as mediation. International Journal of Research in Business and Social Science, 9(7), 75–83.

https://doi.org/10.20525/ijrbs.v9i7.967

Alareeni, B. A., & Hamdan, A. (2020). ESG impact on the performance of US S&P 500-listed firms. Corporate Governance (Bingley), 20(7), 1409–1428. https://doi.org/10.1108/CG-06-2020-0258

View of Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. (n.d.). https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/4649/4647

Alhayra, A. R. ., Tangngisulu, J., & Fajriah, Y. (2024). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(1), 2669–2680. https://doi.org/10.37385/msej.v5i1.4336

Athiy Dina Rosihana. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (studi pada sector industry barang consumer primer tahun 2019-2021). Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(4), 119–132. https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i4.148

Budiasih, Y., Fitri, F., Renaldi, V., Sutarsa, M., & Sevendy, T. (2023). Kebijakan Dividen Sebagai Moderasi Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(1). https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.10780

Downloads

Published

2025-11-19