PENGARUH PERSEPSI EFEKTIVITAS, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN LINKAJA DI SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.31539/2w0rr592Keywords:
Niat Penggunaan, Persepsi Efektivitas, Persepsi Kemudahan, Persepsi NilaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi efektivitas, persepsi kemudahan, dan persepsi nilai terhadap niat penggunaan LinkAja di Singaraja. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya adopsi teknologi finansial (fintech) di Indonesia yang ditandai dengan banyaknya aplikasi dompet digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan teknik purposive sampling dan menerapkan rule of thumb 5–10 kali jumlah indikator, sehingga diperoleh 150 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi efektivitas, persepsi kemudahan, dan persepsi nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat penggunaan LinkAja. Variabel persepsi nilai menjadi faktor yang paling dominan dalam meningkatkan niat penggunaan, dengan nilai koefisien determinasi (Adjusted R²) sebesar 0,974 yang berarti ketiga variabel tersebut mampu menjelaskan 97,4% variasi niat penggunaan LinkAja. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi persepsi pengguna terhadap manfaat, kemudahan, dan nilai yang ditawarkan, maka semakin besar pula kecenderungan mereka untuk menggunakan LinkAja secara berkelanjutan
References
Afolo, S. C. M., & Dewi, N. N. S. R. T. (2022). Minat Mahasiswa Akuntansi Untrim Sebagai Pengguna E-Wallet Dengan Mempertimbangkan Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kepercayaan. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(2), 267-277.
Amartiwi, Y. (2025). Pengaruh Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan E-wallet Linkaja di Kota Bandar Lampung dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Benefit: Journal of Bussiness, Economics, and Finance, 3(2), 617-624.
Anjasari, P. A., & Pamikatsih, T. R. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat dan Promosi Terhadap Minat Penggunaan Shopeepay Pada Masyarakat di Kota Surakarta. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(8), 3293-3303.
Ariasih, M. P., Putra, K. E. S., & Suarmanayasa, I. N. (2024). Entrepreneurial Leadership Impact on MSME Women’s Business Perfomance In Denpasar City. Jurnal Ekonomi, 29(1), 60-77.
Asja, H. J., Susanti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Pendapatan terhadap Minat Menggunakan Paylater: Studi Kasus Masyarakat di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(4), 309-325.
Budirahardjo, M., & Laksmidewi, D. (2022). Faktor yang mendorong intensi untuk melanjutkan penggunaan dompet digital: studi pada pengguna di Pulau Jawa. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 8(2), 444-444.
Gafar, B. A., & Effendy, L. (2025). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Efektivitas Terhadap Minat Menggunakan Qris Pada Generasi Z Di Kota Mataram. Ganec Swara, 19(1), 108-113.
Khoir, M. M., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Minat Penggunaan E-Wallet LinkAja di Kota Surabaya. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 752-756.
Khoiriyah, S. U., Zulkarnnaeni, A. S., & Halim, M. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Keamanan terhadap Minat Menggunakan Financial Technology pada Aplikasi Dana Studi Kasus pada Toko Online dan Toko Fisik di Kecamatan Ajung. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 9(1), 70-79.
Kumala, D. C., Pranata, J. W., & Thio, S. (2020). Pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, trust, dan security terhadap minat penggunaan gopay pada generasi x di surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(1), 19-29.
Kurnianingsih, H., & Maharani, T. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Di Jawa Tengah.
Kusuma, G. W., Cipta, W., & Susila, G. P. A. J. (2024, December). Pengaruh Strategi Pemasaran Digital terhadap Kinerja Pemasaran dengan Karakter Kewirausahaan sebagai Variabel Moderasi. In Seminar Nasional Riset Inovatif (Vol. 9).
Makasutji, C., Wenas, R. S., & Tielung, M. V. (2025). Pengaruh Persepsi Nilai, Pengalaman Pelanggan dan Harga terhadap Niat Pembelian Ulang di Pelabuhan Perikanan Samudera Kota Bitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 13(01), 229-240.
Mukhsin, M., & Atiah, I. N. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Fitur Layanan dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Linkaja Syariah (Studi Kasus pada Generasi Z di Kota Serang). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 10(3).
Nadia, G., & Wiryawan, D. (2022). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Penggunaan E-Wallet ShopeePay (Studi Pada Pengguna ShopeePay di Bandar Lampung). REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(2), 173-186.
Namira, L. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat UMKM di Kota Padang Menggunakan e-Payment sebagai Metode Pembayaran. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(1), 212-224.
Padang, R. R., Tampubolon, J., Muttiwijaya, G. T. P., Ferdianto, J. R., & Putra, M. P. (2025). Socialization and Stengthening Management Organization Community Transformation in the Digital Era. JURNAL ABDIMAS MADUMA, 4(2), 65-71.
Poncowati, N. R., & Sutarni, S. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Literasi Keuangan, Efektivitas, Dan Kemampuan Finansial Terhadap Minat Penggunaan Qris Dalam Transaksi Pembayaran (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Amikom Yogyakarta). AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(01), 209-228.
Pratama, P. D. A., & Suprapti, N. W. S. (2023). Customer Satisfaction Role in Mediating the Influence of Service Quality and Promotional Appeal on Electronic Word of Mouth. International Journal of Social Science and Business, 7(4), 1012-1021.
Putra, K. E. S., Yasa, N. N. K., Sukawati, T. G. R., & Widagda, I. G. N. J. A. (2023). Integration Perceived Risk, Travel Constraints, and Social Influences in Theory of Planned Behavior. International Journal of Social Science and Business, 7(4), 957-964.
Putri, A. F. S., & Karim, N. K. (2024). Pengarauh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Mahasiswa Di Kota Mataram. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(3), 489-503.
Putri, I. A. K. S., Prawitasari, P. P., Suryanata, I. G. N. P., & Kustina, K. T. (2025). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Dana Pada Generasi Z Di Kota Denpasar. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 18(1), 695-710.
Rahmadani, L., Putri, R. D., & Defitri, S. Y. (2025). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Risiko, Efektifitas Terhadap Minat Menggunakan Fintech Sebagai Alat Pembayaran Pada Cafe dan Resto di Kota Solok. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 11(1), 387-407.
Umaningsih, W. P., & Wardani, D. K. (2020). Pengaruh persepsi kemudahan, fitur layanan, dan keamanan terhadap niat menggunakan e-money. JAE (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 5(3), 113-119.
Wahyuni, P. R., & Suci, N. M. (2025). Pengaruh Kemudahan, Kegunaan, dan Sikap Penggunaan terhadap Minat Bertransaksi dengan QRIS pada Masyarakat Kabupaten Buleleng. Bisma: Jurnal Manajemen, 11(2), 825-834.
Wasana, I. D. P. T. A., & Telagawathi, N. L. W. S. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Penggunaan Shopeepay Sebagai Metode Pembayaran di E-Commerce Shopee (Studi Kasus pada Masyarakat Buleleng). Bisma: Jurnal Manajemen, 9(2), 127-135.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Luh Putu Cintya Karmayani, Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

