KETERKAITAN OTOMATISASI BERBASIS AI, KOMUNIKASI DIGITAL, DAN MANAJEMEN BEBAN KERJA TERHADAP KESEJAHTERAAN KARYAWAN DPMPTSP KABUPATEN DEMAK

Authors

  • Melina Sari STIE STEKOM, Kartasura
  • Vivi Kumalasari Subroto Universitas Sains dan Teknologi dan Komputer, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31539/s95cse44

Keywords:

AI-Driven Automation, Komunikasi Digital, Manajemen Beban Kerja, Kesejahteraan Karyawan, JD-R Model

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh otomatisasi berbasis kecerdasan buatan (AI-driven Automation), komunikasi digital, dan manajemen beban kerja terhadap kesejahteraan pegawai di DPMPTSP Kabupaten Demak. Pendekatan penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dengan pengujian hipotesis untuk melihat hubungan antarvariabel secara empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan otomatisasi berbasis AI memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan pegawai, karena mampu meningkatkan efisiensi kerja dan mengurangi tugas berulang yang sering menjadi sumber kejenuhan. Komunikasi digital juga terbukti memperkuat kesejahteraan pegawai melalui peningkatan efektivitas koordinasi, keterbukaan informasi, serta terciptanya hubungan kerja yang lebih harmonis. Sementara itu, manajemen beban kerja muncul sebagai faktor paling berpengaruh, menunjukkan bahwa pembagian tugas yang proporsional mampu menekan tingkat stres, meningkatkan produktivitas, dan secara langsung memperbaiki kondisi kesejahteraan pegawai. Secara keseluruhan, variabel ketiga tersebut saling melengkapi dalam membentuk lingkungan kerja yang lebih adaptif dan seimbang di tengah transformasi sektor publik digital. Temuan ini memperkuat relevansi Job Demands–Resources Model, bahwa pemanfaatan sumber daya teknologi dan pengelolaan pekerjaan yang efektif dapat menjadi kunci peningkatan kesejahteraan pegawai dalam organisasi pemerintahan modern.

References

Bakker, A. B., & Demerouti, E. (2017). Job Demands–Resources Theory: Taking Stock and Looking Forward. Journal of Occupational Health Psychology, 22(3), 273–285. Retrieved from https://psycnet. apa.org/buy/2016-48454-001

Barley, S. R., Meyerson, D. E., & Grodal, S. (2011). E-mail as a Source and Symbol of Stress. Organization Science, 22(4), 887–906. https://doi.org/10.1287/orsc.1100.0573

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mix Methods Approaches. London: Sage Pubication.

Daft, R. L., & Lengel, R. H. (1986). Organizational Information Requirements, Media Richness and Structural Design. Management Science, 32(5), 554–571.https://doi.org/10.1287/mnsc.32.5. 554

Dwinijanti, L., Adhikara, M. F. A., & Kusumapradja, R. (2020). Job Satisfaction And Turnover Intention Among Public Sector Nurses: Is Workload and Burnout The Issue? JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 17(1), 67–77. https://doi.org/10.311 06/jema.v17i1.4951

Fhauzan, R. F., & Ali, H. (2024). Pengaruh Beban Kerja dan Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Stress Kerja. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 2(4), 169–176. https://doi.org/10.38035/ jpsn.v2i4.290

Gusnita, E. (2024). Strategi Inovatif dalam Manajemen Sumber Daya Manusia: Optimalisasi Kinerja dan Kesejahteraan Karyawan di Era Digital. Margin Eco, 8(2), 240–251. https://doi.org/10.32764/margin.v8 i2.5586

Hayat, N. (2025). Pengaruh Digital Skill Terhadap Kinerja Pegawai Dimediasi Employee Well-Being Pada Dinas Sosial Kabupaten Dompu. Economics and Digital Business Review, 6(2), 945–954. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i 2.2375

Huang, M.-H., & Rust, R. T. (2021). A Strategic Framework for Artificial Intelligence in Marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 49(1), 30–50. https://doi.org/10.1007/s11747- 020-00749-9

Huang, M. (2024). A Study of the Double-edged Sword Effect of Organizational AI Adoption on Work Well-being of Knowledge- based Employees. Proceedings of the 4th International Conference on Management Science and Software Engineering (ICMSSE 2024), 244, 169. London: Springer Nature.

Irfad, A., Sanusi, F., & Mukhsin, M. (2021). Manajemen Beban Kerja, Konflik Kerja dan Stres Kerja: Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja sebagai Intervening di PT Harapan Teknik Shipyard. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 5(1), 16–32. https://doi.org/10.481 81/jrbmt.v5i1.11538

Kusumasari, I. R., Hidayat, R., Sophia, Z. A., Maghfiroh, F. M., & Anggraini, A. D. (2024). Dampak Sosial Pengambilan Keputusan Berbasis Artificial Intelligence terhadap Dinamika Ketenagakerjaan. Journal of Macroeconomics and Social Development, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.47134/jmsd.v2i2. 531

McAfee, A., & Brynjolfsson, E. (2017). Machine, Platform, Crowd: Harnessing Our Digital Future. New York: W. W. Norton & Company.

Monica, P., Natali, S., Ardana, T. N., & Kaur, S. (2025). Efektivitas Komunikasi Bisnis dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi di Era Digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 6(2), 259–267. Retrieved from https://ejurnals. com/ojs/index.php/jmi/article/view/2191

Nacheva, R. (2025). Trends And Best Practices for Ensuring Digital Accessibility in the Workplace. Journal of Process Management and New Technologies, 13(1–2), 56–66. https://doi.org/10.5937/jp mnt13-57500

Ncube, T. R., Sishi, K. K., & Skinner, J. P. (2025). The Impact of Artificial Intelligence on Human Resource Management Practices: An Investigation. SA Journal of Human Resource Management, 23(1), 2960 https://doi.org/10.4102/sajh rm.v23i0.2960

Puspitasari, N. D., & Aslan, A. (2024). Transformasi Komunikasi Organisasi Melalui Teknologi Digital: Studi Literatur Terbaru. Jurnal Komunikasi, 2(12), 934–943. Retrieved from https://jkm .my.id/index.php/komu nikasi/article/view/5

Putro, H. P. (2023). Building Digital Communication Effectiveness in Organizations. Journal of Data Science, 1(2), 61–67. Retrieved from https://ejournal.seaninstitute .or.id/i ndex.php/visualization/article/view/3543

Salanova, M., Llorens, S., & Schaufeli, W. B. (2011). Yes, I Can, I Feel Good, and I Just Do It! On Gain Cycles and Spirals of Efficacy Beliefs, Affect, and Engagement. Applied Psychology, 60(2), 255–285. https://doi.org/10.1111/j.1464-0597.2010.00435.x

Saleh, S. A. F. M. (2025). Applying Positive Organizational Psychology to Foster a Positive Environment at the Workplace. Journal of Sustainable Development in Social and Environmental Sciences, 4(1), 177–189. https://doi.org/10.21608/jsdses.202 5.354248.1043

Salsabila, T. H., Indrawati, T. M., & Fitrie, R. A. (2024). Meningkatkan Efisiensi Pengambilan Keputusan Publik Melalui Kecerdasan Buatan. Journal of Internet and Software Engineering, 1(2), 1–21. https://doi. org/10.47134/pjise.v1i2.2401

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan- Keahlian (6th ed.). Jakarta: Salem ba Empat.

Seyadi, A. E., Al-Zayani, F. J., Shehab, S., Hamdan, A., & Alhor, R. H. (2021). The Implementation of Artificial Intelligence in The Public Sector: Opportunities and Challenges. Applications of Artificial Intelligence in Business, Education and Healthcare, 1(1), 271–284. https://doi.org/10.1007/978-3-030- 72080-3_16

Silitonga, F., & Isbah, M. F. (2023). Artificial Intelligence and The Future of Work in The Indonesian Public Sector. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 12(2), 296–308. https://doi.org/10.23887/jish.v12i2. 62297

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-11-17