PENGARUH PERCEIVED PRICE, NEGATIVE ELECTRONIC WORD OF MOUTH (NE-WOM), DAN VARIETY SEEKING TERHADAP BRAND SWITCHING DARI BRAND AFTERLIFE PADA GENERASI Z DI KOTA SURABAYA

Authors

  • Anggy Kinaya Putri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sugeng Purwanto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31539/50y60e55

Keywords:

Perceived Price, Negative Electronic Word Of Mouth, Variety Seeking, Brand Switching

Abstract

Riset berikut dilakukan dengan tujuan untuk menelaah bagaimana Perceived Price, Negative Electronic Word of Mouth, dan Variety Seeking dapat memengaruhi Brand Switching dari Brand Afterlife Pada Generasi Z Di Kota Surabaya. Sebanyak 70 responden dipilih sebagai sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Responden yang dilibatkan di sampel merupakan Generasi Z berusia 18–28 tahun di Surabaya yang telah beralih dari produk wadah penyimpanan merek brand afterlife ke merek lain, serta aktif di media sosial X (Twitter) dan TikTok. Data kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan serangkaian uji validitas, reliabilitas, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian memperlihatkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari ketiga variabel yaitu Perceived Price, Negative Electronic Word of Mouth, dan Variety Seeking terhadap Brand Switching.

References

Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop. Kinerja, 5(02), 49–61. https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i02.2243

Apriliani, D., Zuliansyah, A., & Sanjaya, V.F. (2021). Pengaruh Variety Seeking dan Packaging terhadap Brand Switching Studi Konsumen Natasha Skincare di Bandar Lampung. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 3(2), 167–176. https://doi.org/10.30812/target.v3i2.1 579

Aulia, Y. I. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan, dan Orientasi Belanja Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Situs Shopee Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau. 18–21. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/10 944.

Data Bridge Market Research. (2024). Global Food Storage Container Market Size, Share, and Trends Analysis Report – Industry Overview and Forecast to 2032. Data Bridge Market Research. https://www.databridgemarketresearch.com/reports/global-food-storage-container-market/amp

Iswenda, B. A. (2025). Bawa Botol Minum Pribadi Jadi Cara Andalan Gen Z Kurangi Sampah. GoodStats. https://goodstats.id/article/membawa- botol-minum-pribadi-menjadi-cara- andalan-gen-z-dalam-mengurangi- sampah-6mWZU

Meidea, A. Z. I., Dewi, R. S., & Prabawani, B. (2024). BRAND SWITCHING MELALUI KETIDAK PUASAN KONSUMEN SEBAGAI (STUDI PADA BRAND SWITCHING LAPTOP MEREK ASUS KE MEREK LAIN DI KOTA SEMARANG) Pendahuluan Kerangka Konseptual. 13(1), 186–198.

Russell, C. A., Schau, H. J., & Bliese, P. (2019). Brand afterlife: Transference to alternate brands following corporate failure. Journal of Business Research, 97(July 2018), 257–267. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018. 07.054

Safitri, A., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Dissatisfaction , Variety Seeking , Electronic Word of Mouth , dan Religiosity terhadap Brand Switching Produk Kosmetik Lain ke Kosmetik Wardah pada Mahasiswi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01(1), 26–35.

Sanjana, S. (2022). Impact of Electronic Word-Of-Mouth Communications on Consumers Online Purchase Decisions A Study on Sylhet City , Bangladesh. 24(4), 40–47. https://doi.org/10.9790/487X- 2404044047

Tran, K., Nguyen, T., Tran, Y., Nguyen, A., Luu, K., & Nguyen, Y. (2022). Eco- friendly fashion among generation Z: Mixed-methods study on price value image, customer fulfillment, and pro- environmental behavior. PLoS ONE, 17(8 August), 1–22. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0 272789

Wang, J., & Jin, F. (2022). Power and variety-seeking: A compensatory perspective. Frontiers in Psychology, 13(September), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.92 8958

Widargo, S. A., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Citra Merek, Ketidakpuasan Pasca Konsumsi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Produk Indihome. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 4051–4163. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2 .4246

Wulandari, R. I., & Purwanto, S. (2024). Pengaruh Store Atmosphere, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Kedai Kopi Fore di Surabaya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 11517–11520. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.59 99

Zhang, H., Takanashi, C., Gemba, K., & Ishida, S. (2015). Empirical Research on the Influence of Negative Electronic Word-of-Mouth on Brand Switching Behavior. World Journal of Management, 6(2), 46–61. https://doi.org/10.21102/wjm.2015.09.62.04

Downloads

Published

2025-11-16