FAKTOR PENENTU EKUITAS MEREK DAN EFEKTIVITAS BRANDING DIGITAL PADA APLIKASI MOBILE BANK
DOI:
https://doi.org/10.31539/nj94kn82Keywords:
Brand Equity, Strategi Branding, Mobile Banking, Bank BUMN, Sustainable Development GoalsAbstract
Pesatnya digitalisasi dalam industri perbankan mendorong bank-bank milik negara (Bank BUMN) di Indonesia untuk berinovasi melalui pengembangan aplikasi mobile banking sebagai wajah utama layanan digital mereka. Aplikasi seperti Livin’ by Mandiri, BRImo, Wondr, Bale, dan Byond tidak hanya berfungsi sebagai sarana transaksi, tetapi juga sebagai representasi brand di era persaingan digital yang semakin kompetitif. Penelitian ini selaras dengan upaya dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Dengan meningkatkan kualitas layanan digital yang inklusif, adaptif, dan berorientasi pada kebutuhan pengguna, Bank BUMN ikut berperan dalam memperkuat sistem keuangan digital nasional yang tangguh, inovatif, dan mampu bersaing secara global. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan brand equity pada aplikasi mobile banking milik Bank BUMN, mengevaluasi efektivitas strategi branding yang dijalankan, serta merumuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan brand equity dan loyalitas pengguna. Studi ini difokuskan pada pengguna aktif aplikasi dari lima Bank BUMN di Indonesia dalam rentang usia produktif 18 - 55 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penggunaan instrumen berupa angket, serta analisis data yang dilakukan secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand awareness, brand associations, perceived quality, dan brand loyalty berpengaruh signifikan terhadap brand equity (p-value < 0,05). Selanjutnya, brand equity juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap efektivitas branding (p-value 0,000 < 0,05). Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa brand equity menjadi fondasdi penting yang memperkuat efektivitas branding, dan pada akhirnya meningkatkan loyalitas pengguna aplikasi mobile banking Bank BUMN.
References
Adila, A. N. (2022). Pengaruh Program Csr, Kepercayaan Konsumen Dan Persepsi Konsumen Terhadap Perilaku Konsumen Aqua. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & …, 01(02), 261–275.
Ananda, M. A. A. F., & Sihombing, S. (2020). Menguji Anteseden Ekuitas Merek: Studi Empiris Pada Mobile Banking Bca. Mix Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 91. https://doi.org/10.22441/mix.2020.v10i1.007
Anggorawati, R. D., Budiyanto, B., & Utami, E. M. (2021). Efek Corporate Social Responsibility pada Brand Equity Dimediasi Corporate Image dan Brand Awareness. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(1), 53–74. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i1.5730
Ansary, A., & Nik Hashim, N. M. H. (2018). Brand image and equity: the mediating role of brand equity drivers and moderating effects of product type and word of mouth. Review of Managerial Science, 12(4), 969–1002. https://doi.org/10.1007/s11846-017-0235-2
Ardianto, R., Ramdhani, R. F., Apriliana Dewi, L. O., Prabowo, A., Saputri, Y. W., Lestari, A. S., & Hadi, N. (2024). Transformasi Digital dan Antisipasi Perubahan Ekonomi Global dalam Dunia Perbankan. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 80–88. https://doi.org/10.60126/MARAS.V2I1.114
Azizan, N., Chik, H. Z. I., Fadzli, A. M., & Ishar, N. I. M. (2023). Strategies to Improve Brand Awareness Through Social Media Marketing. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 16(2), 223–239. https://doi.org/10.20473/jmtt.v16i2.45646
Fajri, T. I., Rahayu, N., Eldo, H., Chrisnawati, G., & Shaulita, R. (2025). Integrasi Big Data dan AI untuk Pengambilan Keputusan dalam Smart City. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 9(June), 783–789.
Fakhrudin, A., & Yudianto, K. (2021). Pengaruh brand equity (ekuitas merek) maskapai garuda indonesia terhadap loyalitas penumpang. Inovasi, 17(4), 690–700. https://doi.org/10.30872/jinv.v17i4.10077
Hair, J. F. ., Hult, G. T. M. ., Ringle, C. M. ., & Sarstedt, Marko. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage.
Hasanah, N., Sayuti, M. N., & ... (2024). Optimalisasi Regulasi Perbankan Syariah Oleh Bank Indonesia Dan Otoritas Jasa Keuangan Dalam Akselerasi Transformasi Digital. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 13(03), 709–723.
Khuong, M. N., & Van, N. T. (2022). The Influence of Entrepreneurial Ecosystems on Entrepreneurs’ Perceptions and Business Success. Gadjah Mada International Journal of Business, 24(2), 198–222. https://doi.org/10.22146/gamaijb.67416
Kumontoy, M., Tumbel, A., & Tampenawas, J. (2023). Pengaruh Brand Awareness, Brand Characteristic Dan Emotional Branding Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow Di Ms Glow Pusat Tondano. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 568–579. https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.46023
Masitoh, D., & Kurniawati. (2023). Pengaruh Brand Experince Terhadap Brand Loyalty Melalui Perceived Quality Dan Brand Trust Pada Pengguna E-Wallet Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1133–1146. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.15620
Purwadi, A. R., Yasinta, K. D., Yerinda, D., & Aurelien, R. (2024). Analisis Elemen Kunci Brand Equity Citilink pada Wilayah Tangerang : Evaluasi. Jurnal Manajemen Dirgantara, 17(1), 374–395.
Ramadhanu, N. A., & Yuliana, L. (2025). Implementasi Pelayanan Digital Smart Branch pada Bank Mandiri Wahid Hasyim Kota Malang dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Nasabah. Epsilon: Journal of Management (EJoM), 3(1).
Supiyandi, A., Hastjarjo, S., & Slamet, Y. (2022). Influence of Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, and Brand Loyalty of Shopee on Consumers’ Purchasing Decisions. CommIT Journal, 16(1), 9–18. https://doi.org/10.21512/commit.v16i1.7583
Triaji, B. (2022). Pengaruh Faktor-Faktor Brand Equity Terhadap Brand Trust Produk Amdk Merek Aqua (Studi Pada Pelanggan Di Kabupaten Lombok Timur). Jmm Unram - Master of Management Journal, 11(2), 105–119. https://doi.org/10.29303/jmm.v11i2.698
Yuliana, L. (2022). Pemanfaatan Manajemen Krisis Terhadap Brand Awareness. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 6(2), 95–101. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i2.12633
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizky Try Rachma Dani, Berto Mulia Wibawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

