PENGARUH KEMAMPUAN, DAYA TANGGAP , DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BENGKEL AHASS SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31539/80ewh845Keywords:
Kemampuan, Daya Tanggap, Harga, Kepuasan Konsumen.Abstract
Penelitian ini didasarkan pada fenomena pada suatu bengkel, Menurut Laporan Tahunan AHM, 2019, Bengkel tersebut sering memanfaatkan tenaga siswa magang sebagai bagian dari upaya pengembangan SDM dan efisiensi operasional. Selain itu, dari hasil survey penulis bahwa ditetapkan terdapat 3 anak magang dari SMKdi kota Surabaya yang bekerja di bengkel Ahass Surmadau Motor pada bagian mekanik. Program magang tersebut merupakan bentuk kerja sama antara Astra Honda Motor (AHM) dengan lembaga pendidikan vokasi atau politeknik otomotif, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan pengalaman praktis di dunia kerja, khususnya dalam perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kemampuan, daya tanggap, dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Bengkel AHASS Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian asosiatif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi yang diteliti adalah konsumen yang ada pada Bengkel Ahass Surabaya. Namun, jumlah sebenarnya dari konsumen Bengkel Ahass Surabaya tersebut tidak diketahui jumlahnya. Berdasarkan hasil perhitungan rumus slovin maka diketahui besar sampel sebanyak 385 responden.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan, daya tanggap, dan harga secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Bengkel AHASS Surabaya. Kemampuan teknisi berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada bengkel AHASS Surabaya. Daya tanggap berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada bengkel AHASS Surabaya. Harga berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada bengkel AHASS Surabaya
References
Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., ... & Hardika, I. R. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.
American Marketing Association. (2019). Definition of marketing. Retrieved from https://www.ama.org
American Marketing Association. (2019). Definition of value proposition. Retrieved from https://www.ama.org
American Marketing Association. (2020). Definition of marketing. Retrieved from https://www.ama.org
Balaka, M. Y. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif.
Berry, L., & Lampo, S. (2019). The Service Profit Chain: Building Customer Loyalty for Sustainable Growth. Business Insight Press.
Boone, L. E., & Kurtz, D. L. (2019). Contemporary marketing (18th ed.). Cengage Learning.
Cheng, Z., Zhang, J., & Li, Y. (2019). The Impact of Service Quality, Responsiveness, and Fair Pricing on Customer Loyalty and Word-of-Mouth. Journal of Service Marketing, 33(2), 145-160.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of marketing (17th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing management (15th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing Management (16th ed.). Pearson.
Lee, J., Kim, S., Park, H., & Chen, Y. (2021). After-Sales Service Excellence: Building Customer Relationships and Brand Loyalty. Global Business Press
Lovelock, C., & Wirtz, J. (2019). Services Marketing: People, Technology, Strategy (9th ed.). World Scientific.
Nugraha, B. (2021). Persaingan Pasar dalam Era Globalisasi: Strategi dan Tantangan. Ekonomi Global Press.
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.
Purwanto, E., & Hudrasyah, H. (2019). Pengaruh keandalan layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 75-85.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Sánchez-Fernández, R., & Iniesta-Bonillo, M. Á. (2019). Consumer Satisfaction and Brand Loyalty: The Role of Perceived Value in Service Contexts. Journal of Consumer Behaviour, 18(4), 305-317.
Sihombing, F. (2019). Strategi Layanan Berkualitas: Kunci Keunggulan Kompetitif dalam Bisnis. Manajemen Bisnis Press.
Smith, J. A. (2021). Global Marketing Strategies in the Era of Integration. Global Business Press.
Smith, R., & Johnson, K. (2020). Temporary Workforce and Service Quality: Implications for Customer Satisfaction. Service Management Journal, 35(2), 45-60.
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional).
The Chartered Institute of Marketing. (2019). Marketing definition. Retrieved from https://www.cim.co.uk
The Chartered Institute of Marketing. (n.d.). Marketing definition. Retrieved from https://www.cim.co.uk
Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran (5th ed.). Andi.
Wang, Y., & Zhang, X. (2019). Impact of service quality on customer satisfaction in the hotel industry: The mediating role of customer trust. Journal of Hospitality Management, 45(3), 120-135.
Wang, Y., Chen, X., Li, Z., & Zhang, H. (2020). The Role of Technical Competence in Customer Satisfaction: A Study in the Automotive Service Industry. Journal of Service Quality, 42(3), 215-230.
Wirtz, J., & Lovelock, C. (2019). Services Marketing: People, Technology, Strategy (9th ed.). World Scientific
Yani, A. (2020). Dampak Globalisasi terhadap Pasar dan Konsumen. Pustaka Global.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2019). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill.
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (2020). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. Free Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bintang Gymnastiar, Lia Nirawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

