ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ALFAMART DI KOTA MEDAN

Authors

  • Erick Candra Universitas Prima Indonesia
  • Muhammad Kelvin Pratama Universitas Prima Indonesia
  • Roza Maya Sari Universitas Prima Indonesia
  • Efry Kurnia Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31539/ffm8nv30

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, citra merek terhadap keputusan pembelian di alfamart. Berdasarkan data penjualan ritel yang ada di Databoks, menunjukkan bahwa konsumsi ritel masyarakat dari tahun 2019 sampai 2023 menunjukkan peningkatan. Hal ini memperlihatkan bahwa perkembangan retail seperti Alfamart juga terus berkembang pesat hingga saat ini. Fenomena yang dapat menjadi latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya persaingan di industri ritel modern, terutama antara minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. Kedua merek ini terus berlomba-lomba menarik minat konsumen dengan strategi pemasaran yang beragam, seperti memberikan diskon, meningkatkan kualitas pelayanan, serta memperkuat citra merek melalui program loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan sampel yang digunakan adalah 97 responden. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan non probability sampling. Kesimpulan penelitian ini adalah secara parsial kualitas pelayanan, harga, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Secara simultan kualitas pelayanan, harga, citra merek bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja.

References

Cahyani, M. P. D., & Prijati, P. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Raya Sememi Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 12(5).

Damayant, A. F., & Indriani, F. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Terhadap Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Jasa (Studi pada pengguna layanan pengiriman barang J&T Express). Diponegoro Journal Of Management, 10(3).

Hastuti, A. P., Rahayu, L. P., Suryana, A. K. H., Purwanto, H., & Safitri, U. R. (2024). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman J&T Express. Ekobis: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 12(1), 150-158.

Hidayat, S. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Alfamart Gajah Mada di Kota Batam (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).

Jewahan, S. F., Maryen, A., & Kastanya, J. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Alfamart Kota Sorong. Eqien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(04), 305-312.

Pasaribu, V. L. (2022). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor TVS. Business Management Journal, 18(1), 37-49.

Rustam, T. A., & Hikmah, H. (2022). Citra merek, kualitas produk dan harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada produk private label (studi kasus pelanggan Alfamart Villa Muka Kuning Batam). Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 331-340.

Rustam, T. A., & Ningsih, S. W. (2024). Pengaruh Respon Konsumen, Daya Tarik dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Alfamart Buana Impian Batam. eCo-Buss, 7(1), 485-494.

Setyawati, R. E., Fadhilah, M., & Lukitaningsih, A. (2022). Analisis kualitas layanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(3), 502-514.

Sundari, W. S., Riono, S. B., & Harini, D. (2022). Analisis Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Alfamart Songgom. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2), 180-187.

Susanti, N. K. D., Susanti, P. H., & Suputra, G. A. (2021). Pengaruh lokasi, kelengkapan produk, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada alfamart Blahkiuh di Kabupaten Badung.

Syallaysyah, J. D., Nasution, S., & Abi, Y. I. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Bengkulu. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Bisnis Digital, 3(2), 233-240.

Watung, V. A., Wenas, R. S., & Kawet, R. C. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Diferensiasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Alfamart Cabang Motoling Minsel. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 82-95.

Downloads

Published

2025-11-21