ANALISIS BRAND IMAGE MELALUI CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY
DOI:
https://doi.org/10.31539/ptfc2085Keywords:
Brand Image, Customer Satisfaction, Customer LoyaltyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction sebagai variabel mediasi pada konsumen Teh Botol Sosro di Kota Sukabumi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 150 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan pengumpulan data melalui kuesioner berbasis Google Form. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction, yang berarti semakin kuat citra merek, semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan. Selanjutnya, Customer Satisfaction juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Loyalty, sehingga kepuasan yang dirasakan konsumen mendorong pembelian ulang serta rekomendasi kepada orang lain. Selain itu, Customer Satisfaction terbukti memediasi hubungan antara Brand Image dan Customer Loyalty secara signifikan, menunjukkan bahwa citra merek yang baik akan lebih efektif membentuk loyalitas apabila didukung oleh tingkat kepuasan konsumen yang tinggi. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa penguatan citra merek dan peningkatan kepuasan pelanggan merupakan strategi penting dalam mempertahankan loyalitas konsumen Teh Botol Sosro di tengah persaingan industri minuman siap saji
References
Amir, Amriah, Silvya L. Mandey, And Hendra N. Tawas. 2021. “Pengaruh Perceived Value, Brand Image Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Engagement Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pelangan Indihome Pt. Telkom Manado).” JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 7(3): 612–27. Doi:10.35794/Jmbi.V7i3.31526.
Aviesta, Kirana Aurellia, And Bambang Sutedjo. 2023. “Pengaruh Brand Trust Dan Brand Image Terhadap Customer Satisfaction Dan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Produk Scarllet Whitening.” SEIKO : Journal Of Management & Business 6(2): 245–53.
Ayatulloh & Khairunnisa. 2022. Konsep Dasar Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan Smartpls. Ingoogle Drive.
Gaby Violeta, Lauda, And Siti Ning Farida. 2023. “SEIKO : Journal Of Management & Business Pengaruh Brand Image Dan Customer Experience Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Terhadap Customer Loyalty Pada Mcdonald’s Rungkut Di Surabaya.” SEIKO : Journal Of Management & Business 6(1): 673–85. Doi:10.37531/Sejaman.V6i1.457.
Hair, Dkk. 2023. 30 Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal Review Of Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook. Doi:10.1080/10705511.2022.2108813.
Kock & Hadaya. 2018. “Minimum Sample Size Estimation In PLS-SEM: The Inverse Square Root And Gamma-Exponential Methods.” Information Systems Journal 28(1): 227–61.
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2020). Marketing Management: An Asian Perspective.
Kotler, P., Keller, K. L., Manceau, D., & Dubois, B. (2016). Marketing Management, 15e Édition. New Jersy: Pearson Education.
Rahmadhani, Suci, Fitri Ayu Nofirda, And Sulistyandari Sulistyandari. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi (Studi Pada Merek Apple) [The Effect Of Product Quality, Brand Image And Brand Trust On Brand Loyalty With Customer Satisfaction.” Derema (Development Research Of Management): Jurnal Manajemen 17(2): 205. Doi:10.19166/Derema.V17i2.5569.
Tri Utami, Anggi, And Jeanne Ellyawati. 2021. “Peran Citra Merek, Celebrity Endorser, Kualitas Produk Dalam Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 22(1): 140–50. Doi:10.30596/Jimb.V22i1.6200.
Tjiptono, F. (2015). Perilaku Konsumen: Definisi, Domain, Determinan. Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsumen, 103.
Vidianto, Rixy, And Ugy Soebiantoro. 2022. “Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Im3 Prabayar By Indosat Di Kota Tuban, Jawa Timur.” Jwm (Jurnal Wawasan Manajemen) 10(3): 188–97. Doi:10.20527/Jwm.V10i3.209.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Rahma Maudi, Tetty Sufianty Zafar, Kokom Komariah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

