PENGARUH PENGELOLAAN KEUANGAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEBERLANJUTAN UMKM DENGAN MEDIASI INOVASI USAHA DI DESA KARANGBENDA KECAMATAN PARIGI KABUPATEN PANGANDARAN PERIODE 2022-2025
DOI:
https://doi.org/10.31539/1ynq7q14Keywords:
Pengelolaan Keuangan, Literasi Keuangan, Inovasi Usaha, Keberlanjutan UMKM, Resource-Based View (RBV).Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengelolaan keuangan dan literasi keuangan terhadap keberlanjutan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan inovasi usaha sebagai variabel mediasi di Desa Karangbenda, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fakta bahwa meskipun jumlah UMKM di Kabupaten Pangandaran terus meningkat, banyak pelaku usaha masih menghadapi tantangan dalam hal pengelolaan keuangan, literasi keuangan, serta keterbatasan inovasi produk dan pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Populasi penelitian adalah seluruh pelaku UMKM di Desa Karangbenda, dengan teknik sampling jenuh yang menghasilkan 43 responden. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan diolah menggunakan perangkat lunak SPSS. Analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, serta uji mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan dan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan UMKM. Selain itu, kedua variabel tersebut juga berpengaruh positif terhadap inovasi usaha. Inovasi usaha terbukti berpengaruh terhadap keberlanjutan UMKM dan berperan sebagai variabel mediasi yang memperkuat hubungan antara pengelolaan keuangan dan literasi keuangan dengan keberlanjutan usaha. Penelitian ini menegaskan bahwa penguatan kapasitas keuangan dan peningkatan literasi finansial pelaku UMKM dapat mendorong inovasi yang berkelanjutan, sehingga meningkatkan daya saing dan ketahanan usaha di tingkat lokal.
References
Keberlanjutan UMKM di Jawa Barat di Tinjau Dari New-era Business: Transformasi digital, dividen digital, dan kewirausahaan (Vol. 5, Issue 1). http://bisnisman.nusaputra.ac.id
Leunupun, P., Persulessy, G., & Souhuwat, M. Y. (2022). Pengelolaan Keuangan, Sistem Akuntansi Keuangan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Owner, 6(3), 1364–1376. https://doi.org/10.33395/owner.v6i3.884
Mailani, D., Hulu, M. Z. T., Simamora, M. R., & Kesuma, S. A. (2024). Resource-Based View Theory to Achieve a Sustainable Competitive Advantage of the Firm: Systematic Literature Review. International Journal of Entrepreneurship and Sustainability Studies, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.31098/ijeass.v4i1.2002
Rahmawati, I., & Prasetyo, B. (2023). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi ketahanan bisnis pada UMKM DIY di masa pandemi Covid-19. ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, 11(3), 244–254. https://journal.ugm.ac.id/abis/article/view/85808
Sohilauw, M. I., Tinggi, S., Ekonomi, I., Bongaya, M., Nugroho, L., Santi, V., & Achmad, P. J. (2023). LITERASI KEUANGAN. https://www.researchgate.net/publication/371724162
Tingal, J. M., & Situmorang, T. P. (2024). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kinerja UMKM terhadap Keberlanjutan UMKM di Kota Waingapu. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 684–694. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13774
Mardiasmo, D. (2021). Manajemen Keuangan UMKM. Penerbit Andi. [https://www.andipublisher.com/] (https://www.andipublisher.com/)
Fadillah, F., & Priyanto, A. (2022). Strategi inovasi dalam meningkatkan daya saing UMKM di era digital. Jurnal Inovasi Bisnis, 6(2), 134–145. [https://ejournal.stiami.ac.id/index.php/jib/article/view/450](https://ejournal.stiami.ac.id/index.php/jib/article/view/450)
Pandemi. Penerbit Universitas Gadjah Mada. [https://www.ugm.ac.id](https://www.ugm.ac.id)
Putri, D. A., & Nugroho, R. (2021). Kewirausahaan UMKM di Era Digital. Widina Bhakti Persada. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/515239- kewirausahaan-umkm-di-era-digital-7db1a8cd.pdf
Ramadhan, Y. (2025). Inovasi dan Adaptasi UMKM di Era Industri 5.0. Hypernet. https://www.hypernet.co.id/id/saatnya-industri-5-0-bagaimana-umkm-bisa/
Roziana, F., Mumpuni, R., Sholihatin, E., & Anggraini, S. S. (2023). Digital innovation and business strategy for SMEs: Building resilience in the Society 5.0 era. Journal of Governance and Administrative Reform, 4(2), 107–117. https://e-journal .unair.ac.id/JGAR/article/download/51806/27528
Daryanto, H., & Puspita, M. (2023). Strategi Pengelolaan Keuangan untuk UMKM di Era Pandemi. Penerbit Universitas Gadjah Mada. [https://www.ugm.ac.id](https://www.ugm.ac.id)
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Booklet Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. OJK. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Booklet-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Silvi Sri Wulandari, Hasim As’ari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

