MINAT PENGGUNAAN (QRIS) DALAM TRANSAKSI KEUANGAN PADA GENERASI Y DI INDONESIA DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI
DOI:
https://doi.org/10.31539/f33skd09Keywords:
QRIS, Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Literasi Keuangan, Minat Penggunaan.Abstract
Seiring dengan evolusi teknologi finansial, adopsi QRIS oleh masyarakat telah mengubah pola transaksi. Oleh karena itu, kajian dirancang guna menelaah seberapa jauh persepsi kegunaan dan kemudahan penggunaan QRIS mempengaruhi minat adopsi di kalangan Generasi Y Indonesia, dengan menguji kedudukan literasi keuangan sebagai variabel moderasi. Studi melibatkan 140 pengguna QRIS dari Generasi Y sebagai responden, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner survei dalam kerangka pendekatan kuantitatif. Pengujian hipotesis dijalankan mengaplikasikan teknik PLS melalui aplikasi SmartPLS 4.0. Temuan menginformasikan adanya korelasi positif dan signifikan antara persepsi kegunaan dan literasi keuangan terhadap minat penggunaan QRIS. Berbeda dengan temuan tersebut, kemudahan penggunaan ditemukan tidak berkorelasi signifikan. Lebih lanjut, literasi keuangan berfungsi sebagai moderator signifikan hanya pada keterkaitan kemudahan penggunaan dengan minat, namun tidak pada keterkaitan persepsi kegunaan dengan minat. Kajian ini menawarkan kontribusi teoritis untuk pengembangan model TAM dan rekomendasi praktis bagi penyedia layanan pembayaran digital agar mengintensifkan adopsi QRIS.
References
Adinda, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gen-Z Dalam Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) Sebagai Teknologi Pembayaran Digital. Contemporary Studies in Economic, Finance and Banking, 1(1), 167–176. https://doi.org/10.21776/csefb.2022.01.1.14
Agustina, I. D., & Riyanto, F. D. (2023). Determinan Minat Penggunaan E-payment Syariah Dimoderasi Literasi Keuangan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2059–2070. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.9010
Alfani, R. S., & Ariani, K. R. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (Qris). Edunomika, 08(01), 1–8. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/11256
Alfatih, A. A., Efendi, B., Nurhayati, E. C., & Purwanto, H. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Wallet Pada Generasi Milenial Di Kabupaten Wonosobo (Studi Kasus Pengguna E-Wallet Shopeepay). Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 3(3), 1–14.
Anggriani, L., Diana, N., & Fakhriyyah, D. D. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kegunaan, dan Kemudahan Penggunaan pada Minat Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Dalam Transaksi Keuangan (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Unisma Tahun 2019). E_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 12(02), 837–848.
Anisah, S., & Amaniyah, E. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Menggunakan QRIS pada UMKM. Journal of Accounting and Finance Management, 5(5), 1068–1078.
Ardiyanti, J., & Puspawati, D. (2025). ADOPSI MOBILE PAYMENT DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL : PADA GENERASI Z. Edunomika, 09(01), 1–15.
Asfendi, A. N., Alfizi, A., & Yuttama, F. R. (2025). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI KEGUNAAN, RISIKO DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN QRIS PADA UMKM DI KABUPATEN BANYUMAS. POSTGRADUATE MANAGEMENT JOURNAL, 4(2), 21–33.
Asmara, M. A., Nurlia, Sari, D. F., Asrijal, A., & Muafiqie, H. (2023). Analysis of Supporting Factors for Payment Technology Utilization in MSMEs using Technology Acceptance Model (TAM) Method. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 5(2), 256–264. https://doi.org/10.35877/454ri.asci2396
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008
Fardani, F. E. & Rahayu, I. K. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kegunaan dan Kemudahan terhadap Minat Menggunakan QRIS pada Pelaku UMKM di DKI Jakarta. Jurnal Serambi Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 487–496. https://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-
Filiya, S., Eko, D., Prawitasari, D., & Kurniawan, R. (2025). Gen Z ’ s Intention to Use QRIS in Semarang : The Moderating Role of Financial Literacy. International Journal of Economics and Management Research, 4(2), 633–645.
Idris Abas, N., Agustian Wardana, A., & Puspawati, D. (2022). Faktor Penggunaan E-Wallet Pada Generasi Milenial Di Area Solo Raya. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(3), 262–269. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/MANAGER
Ikwanto, A. N. P., & Indriani, F. (2024). The Impact of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Digital Literacy on QRIS Adoption. Research Horizon, 04(06), 281–290.
Indah, B. F., & Suprihatmi. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan dan Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Minat Penggunaan Quick Response Indonesian Standar (QRIS) pada …. Diponegoro Journal of Economics, 2(3), 12–21. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jme/article/view/34509%0Ahttps://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jme/article/download/34509/31290
Juliani, P., Safitri, H., & Hariyanto, D. (2024). The Influence of Financial Literacy, Financial Attitudes, and Perceptions of Ease of Use on Decisions to Use Qris in Singkawang City MSMEs. Journal Dimensie Management and Public Sector, 5(2), 018–028. https://doi.org/10.48173/jdmps.v5i2.264
Kumalasari, R. D., Riduwan, & Susanto, A. (2024). Literasi Keuangan dan Keamanan dalam Keputusan Penggunaan QRIS pada UMKM di Yogyakarta. 8(2), 157–170.
Mansyur, M., Idris, A. A., Nurman, Ramli, A., & Aslam, A. P. (2023). The Influence of Financial Literacy on The Use of QRIS as a Payment Method. Journal Management & Economics Review (JUMPER), 1(5), 193–200.
Maulana, Y., Kurniawan, M., & Putri, R. (2024). Pengaruh Perceived Ease of Use , Perceived Usefulness Terhadap Behavior Intention to Use Pada Pengguna Layanan Qris Bsi Mobile Dengan Trust Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung ). 15(6), 276–284.
Nasih, A. M., Gati, V., & Rahayu, S. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Risiko Dan Persepsi Hambatan Terhadap Minat Menggunakan QRIS yang Dimediasi Oleh Sikap Terhadap QRIS. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 12(3), 302–316. https://doi.org/10.26740/akunesa
Nasution, N. F., & Firmansyah, F. (2025). Analysis of Determinants of QRIS Use with Financial Literacy as Moderation ( Case Study at PPTQ Nurul Huda Malang ). International Journal of Business and Applied Economics (IJBAE), 4(2), 531–546.
Nurqamarani, A. S., Fadilla, S., & Juliana, A. (2024). Revolutionizing Payment Systems: The Integration of TRAM and Trust in QRIS Adoption for Micro, Small, and Medium Enterprises in Indonesia. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 10(3), 314–327. https://doi.org/10.20473/jisebi.10.3.314-327
Octavianingrum, P. E., Suprihati, & Kusuma, I. L. (2023). The Effect of Financial Literacy, Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use to Interest In Use Indonesian Quick Response Standards (QRIS) For Creative Industry (MSMEs) In Surakarta City. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 7(4), 1565–1573. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR
Pontoh, M. A. H., Worang, F. G., & Tumewu, F. J. (2022). The Influence of Perceived Ease of Use, Perceived Risk and Consumer Trust towards Merchant Intention in using QRIS as a Digital Payment Method. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 904–0913. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.42664
Putra, M. W. (2024). Pengaruh Perceived Benefits and Trust Terhadap Minat dalam Menggunakan QRIS dengan Financial Literacy sebagai Variabel Moderasi pada Gen X dan Generasi Milenial di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur. 4(1), 462–477.
Putri, L. A. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan, Dan Brand Image Terhadap Minat Dalam Menggunakan Media Pembayaran Berbasis Qrisyang Dilakukan Gen Z Di Provinsi Di. Yogyakarta. Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia, 25.
Putri, M. T., Hatta, A. J., & Indraswono, C. (2023). Analisis Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Gaya Hidup, Literasi Keuangan, Dan Risiko Terhadap Penggunaan Qris Sebagai Alat Pembayaran Digital Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(3), 215–228. https://doi.org/10.53916/jeb.v17i3.73
Putri, N. K. D. I., Kawisana, P. G. W. P., & Sutapa, I. N. (2023). The Influence of Perceived Ease and Risk of Use and Financial Literacy on Decisions to Make Transactions Using QRIS in SMES in South Denpasar. Journal of Tourism Economics and Policy, 3(1), 70–74. https://doi.org/10.38142/jtep.v3i1.583
Putri, N. M., Lakon, I., & Safrianti, S. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Bertransaksi Menggunakan Qris Pada Umkm Di Kota Bengkulu. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 356–364. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v16i2.1259
Putri, N. M. Y. N., Dewi, P. P. R. A., Kusuma, P. S. A. J., & Laksmi P, K. W. (2025). Pengaruh persepsi kemudahan, kemanfaatan, keamanan dan minat terhadap keputusan penggunaan qris pada generasi z di kota denpasar. Jurnal Revenue, Jurnal Akuntansi, 5(2), 1843–1852.
Putri, P. A., Taufiqurrahman, & Novitasari, H. (2024). PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN MELALUI KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN QRIS PADA MAHASISWA GENERASI Z DI KOTA PEKANBARU. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 9(2), 296–316.
Rachmawati, F. F., Sudarno, S., & Sabandi, M. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Lingkungan Sosial Dimoderasi Tingkat Pendidikan Terhadap Penggunaan Qris Pada Pelaku Umkm Di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 21–36. https://doi.org/10.26740/jepk.v11n1.p21-36
Setiawan, E., & Sutrisno, E. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana Pada Mahasiswa Di Kota Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(1), 129–140. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.822
Usman, O., Alianti, M., & Fadillah, F. N. (2024). Factors affecting the intention to use QRIS on MSME customers. International Journal of Applied Economics, Finance and Accounting, 18(1), 77–87. https://doi.org/10.33094/ijaefa.v18i1.1323
Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). A Theoretical extension of the Technology Acceptance Model: Four longitudinal field studies. Management Science, 46(2), 186–204. https://doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926
Wahyu, S., Nasrullah, & Sahrullah. (2024). the Effect of Ease and Speed on Interest in Using the Qris Payment System on Students Majoring in Management, Faculty of …. International Journal of …, 2(3), 793–800. https://ijerfa.afdifaljournal.com/index.php/ijerfa/article/view/128
Wardani, V. K., Wardoyo, C., & Wulandari, D. (2024). Investigasi variabel-variabel yang memengaruhi minat penggunaan QRIS oleh mahasiswa: financial literacy sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(2), 451–468.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Larisa Dina Agnesia, Dewita Puspawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

