PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNA, PERSEPSI RISIKO DAN KEAMANAN DATA DALAM PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI APLIKASI E-COMMERCE SHOPEE DI SOLO RAYA

Authors

  • Arwinda Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Suyatmin Waskito Adi Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31539/336een09

Keywords:

Keamanan Data, Kemudahan Pengguna, Pembayaran Pajak, Persepsi Risiko, Shopee.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan pengguna, persepsi risiko, dan keamanan data terhadap pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi e-commerce Shopee di Solo Raya. Penelitian ini merupakan studi primer dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 100 responden berusia 25–39 tahun yang dipilih menggunakan rumus Slovin dan teknik probability sampling berbasis cluster. Data dikumpulkan melalui kuesioner Google Form dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan pengguna dan keamanan data berpengaruh signifikan terhadap penggunaan Shopee dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor, sedangkan persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa faktor kenyamanan dan perlindungan data menjadi determinan utama dalam mendorong adopsi layanan pembayaran pajak secara digital.

References

Adewijaya, D., & Sitinjak, T. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Online Shop Di Jabodetabek (Studi Kasus Pada Marketplace Shopee). Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), 1–12. Https://Stp-Mataram.E-Journal.Id/Jih/Article/View/2965

Aditya, D. Y., & Zamzami, R. M. (2023). Pengaruh Bopo, Npf Dan Roa Terhadap Tingkat Bagi Hasil Deposito Mudharabah Pada Bank Umum Syariah (2018 – 2022). Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(4), 445–452. Https://Doi.Org/10.36418/Syntax-Imperatif.V4i4.270

Ahmad, B., Romadhoni, B., & Adil, M. (2021). Efektivitas Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 3(1), 15–23. Https://Doi.Org/10.26618/Jrp.V3i1.3401

April, N., Sholikah, M., & Wibowo, E. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan Digital , Persepsi Kemudahan Dan Gaya Hidup Gen Z Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Shopeepay ( Survei Pada Mahasiswa Prodi Manajamen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Slamet Riyadi Surakarta ) Universitas Slamet Riyadi S. April.

Arsi, A. (2021). Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss. Validitas Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss, 1–8.

Aryanti, R. D., & Listiyawati, I. (2025). Pengaruh Persepsi Kemudahan , Persepsi Keamanan Dan Kualitas Pelayanan Samsat Online Terhadap Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pendahuluan Tinjauan Pustaka. 14(1), 61–71.

Azizah, N. F., Puspakaritas, N. F., Pramesti, V. A., Putri, Y. A. S., & Azizah, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan E-Commerce Shopee Terhadap Loyalitas Pengguna Shopee. Jabeistik : Jurnal Analitika Bisnis, Ekonomi, Sosial Dan Politik, 1(1), 56.

Bin Mustafa, F., Safwandi, & Ramadandi Isni. (2023). Sistem Pemungutan Pajak Kendaraan Secara Online, Offline, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Langsa. Jii, 8(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.32505/Jii.V8i1.5892

Burhan, I., Sari Den Ka, V., Ilham, I., Nirmala Sari, S., Arifin, R., & Nur’aeni, N. (2024). Pengaruh Razia Lapangan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Dalam Menunjang Pencapaian Target Pada Uptp Samsat Wilayah Gowa. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 8(1), 78–89. Https://Doi.Org/10.25139/Jaap.V8i1.5288

Datunnisa, S. K., & Dyah Puspasari, I. (2024). Pengaruh Kemudahan, Manfaat, Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Transaksi Pembayaran Shopee Paylater(Studi Kasus Pada Mahasiswa Univiersitas Nusantara Pgri Kediri). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntasi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unp Kediri, 144–154.

Ekonomi, W., Keamanan, P., Fitur, I., Intention, B., Payment, F., & Syariah, L. (2025). Pengaruh Persepsi Kemudahan , Persepsi Keamanan Dan Inovasi Fitur Terhadap Intensitas Penggunaan Fintech Payment Dengan Behavior Intention Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Generasi Z Pengguna Linkaja Syariah Di Indonesia ) Silvia Nathania Mufida. 8(1), 14–27.

Ersaningtyas, A. P., & Susanti, E. D. (2019). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persespi Risiko Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Menggunakan Rekening Bersama Shopee. 10(2), 1–23.

Evi Zubaidah, & Lubis, E. F. (2021). Inovasi Layanan Aplikasi E-Samsat Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Provinsi Riau. Jurnal Niara, 14(2), 120–125. Https://Doi.Org/10.31849/Niara.V14i2.5216

Herlina, Fernandes Andry, J., & Marcellus Susanto, F. (2023). Analisis Deskriptif Perilaku Konsumen Shopee: Technology Acceptance Model (Tam). Journal Of Technology And Informatics (Joti), 4(2), 63–68. Https://Doi.Org/10.37802/Joti.V4i2.318

Husada, S., & Nasution, O. (2022). Pengaruh Sikap Individu, Norma Subjektif, Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Niat Bepergian. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 218–227. Https://Doi.Org/10.12928/Fokus.V12i2.6810

Indriani, W., & Purnama Asih, S. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Keamanan, Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Penggunaan Dompet Digital Pada Aplikasi Dana Di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Dinamika Kreatif Manajemen Strategis, 06(1), 12–27.

Laily, T. P., & Priyadi, M. P. (2022). Implementasi E-Government Pada Pelayanan E-Samsat Dalam Menciptakan Good Governance Pada Kantor Samsat Surabaya Timur. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 11(4), 1–16.

Lannai, D., & Insyirah, A. A. (2024). Persepsi Kemudahan Dan Keamanan Data Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Aplikasi E-Commerce. Jesya, 7(2), 1958–1970. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V7i2.1741

Lestari, A., & Kholis, N. (2020). Pengaruh Persepsi Pemahaman Pajak , Kebermanfaatan , Kemudahan Penggunaan , Faktor Sosial Dan Kesiapan Teknologi Informasi Terhadap Penggunaan E-Filing ( Studi Pada Wajib Pajak Badan Di Kpp Pratama Surakarta ). Akuntoteknologi, 1, 1–15. Https://Jurnal.Ubd.Ac.Id/Index.Php/Akunto

Mangoting, Y. (2020). Perceived Risk, Perceived Functional Benefit, Dan Kepuasan Sebagai Penentu Intensi Berkelanjutan Wajib Pajak Menggunakan E-Filing. Jurnal Aset (Akuntansi Riset), 12(1), 32–47. Https://Doi.Org/10.17509/Jaset.V12i1.22920

Munthe, D. T. (2020). Pemanfataan E-Commerce Dalam Penerimaan Pajak. Jurnal Perpajakan, 1(2), 182–190.

Nazarudin, H., & Syad, A. I. (2023). Penerapan Teori Planned Of Behavior Untuk Memprediksi Niat Berkunjung Pada Obyek Wisata Kabupaten Lembata Di Masa Pendemi Covid 19. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran), 8(1), 104–110.

Novalia, P., Purnamawati, G. A., & Wahyuni, M. A. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Dan Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Penggunaan E-Billing. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(2), 218–229. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/S1ak/Article/View/20540/13042

Noviyanti, A., & Erawati, T. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan Dan Efektivitas Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) (Studi Kasus: Umkm Di Kabupaten Bantul). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 75(17), 399–405.

Nurul Afifah, I., & Retno Pratiwi, A. (2019). Analisis Persepsi Keamanan Dan Kerahasiaan, Kegunaan, Kemudahan Dan Kesiapan Teknologi Informasi Yang Mempengaruhi Minat Wajib Pajak Dalam Penggunaan E-Filing Dikantor Pelayanan Wajib Pajak Pratama Pondok Gede 2019. Jurnal Akuntansi Dan Pasar Modal, 2(3), 1–24. Https://Jurnal.Bcm.Ac.Id/Index.Php/Jma/Article/View/25

Oktaviana, I., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan Shopeepay Di Kota Bekasi. Jurnal Economina, 2(10), 2806–2822. Https://Doi.Org/10.55681/Economina.V2i10.905

Paramitha, A. A., & Zulherman. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sd. Journal Of Instructional And Development Researches, 2(2), 79–87. Https://Doi.Org/10.53621/Jider.V2i2.128

Pratami, C. (2022). Keputusan Pembelian E-Commerce Selama Pandemi : Persepsi Kegunaan , Persepsi Kemudahan Penggunaan , Harga , Dan Sikap Konsumen. January. Https://Doi.Org/10.29264/Jmmn.V14i1.10993

Prihanto, H., Selfiani, S., & Watriningsih, W. (2021). Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Self Internet Pada Transaksi Pembayaran Pajak. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 134–147. Https://Doi.Org/10.32509/Jmb.V1i2.2217

Purnamasari, R. D. A., Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Perceived Risk, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Paylater. Jurnal Manajemen, 13(3), 420–430. Https://Journal.Feb.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Jurnalmanajemen/Article/View/10130

Putri, M. A., Sukartini, & Ahmad, A. W. (2025). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Risiko, Persepsi Kepercayaan Terhadap Penggunaan Sistem Pajak Elektronik Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 43–50.

Rahma, T., & Yuhertiana, I. (2022). Behavioral Intention To Use Online Tax Payments During Covid-19 Pandemic. Uijrt, 03(07), 52–61.

Sahir, S. H. (2022). Buku Ini Di Tulis Oleh Dosen Universitas Medan Area Hak Cipta Di Lindungi Oleh Undang-Undang Telah Di Deposit Ke Repository Uma Pada Tanggal 27 Januari 2022.

Sainang, S., & Aji, A. W. (2021). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Dan Kepuasan Pengguna Terhadap Minat Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Menggunakan Shopeepay. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 4(1), 129–140. Https://Doi.Org/10.26618/Jrp.V4i1.6317

Septiani, J., & Siringoringo, W. (2022). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Kemudahan Penggunaan E-Samsat Terhadap Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Bekasi. Jaaf (Journal Of Applied Accounting And Finance), 6(2), 92. Https://Doi.Org/10.33021/Jaaf.V6i2.3870

Setiawati, R., Embun Baining, M., & Mutmainnah. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Kerahasiaan, Serta Kesiapan Teknologi Informasi Terhadap Penggunaan E-Filling Pada Wajib Pajak. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 2(3), 134–153. Https://Doi.Org/10.51903/Jimeb.V2i3.681

Setiono, H. (2018). Kontribusi Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Provinsi Jawa Timur. Prive, Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 22–28. Http://Ejurnal.Unim.Ac.Id/Index.Php/Prive/Article/View/139

Siska, R., Nur, A., & Rizky, G. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Aplikasi Signal Di Kantor Samsat Kota Tanjungpinang. Jurnal Hukum, Politik Dan Ilmu Sosial, 1(3), 92–103. Https://Doi.Org/10.55606/Jhpis.V1i3.537

Stoner, J. A. (2017). Sistem Informasi Manajemen. Dalam E. Rochaety, Sistem Informasi Manajemen. 1(2), 11.

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi Dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. 9, 2721–2731.

Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., & Panatap, J. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif : Populasi , Sampel , Dan Analisis Data ( Sebuah Tinjauan Pustaka ). 3(1), 1–12.

Wahyu, U., & Dewi, W. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan E-Money. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi, 21, 113–119. Https://Doi.Org/10.29407/Jae.V5i3.14057

Wardani, D., Primastiwi, A., & Hermalia, H. (2022). Persepsi Kemanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Pada Minat Membayar Pbb Menggunakan Go-Pay Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening. Exero : Journal Of Research In Business And Economics, 3(1), 128–146. Https://Doi.Org/10.24071/Exero.V3i1.4240

Wati, V., & Rijali, Fikri Nadi. (2024). Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Oleh Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong. 7, 1969–1982.

Widiyati, D., & Erliana. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Perlindungan Data, Dan Cybersecurity Terhadap Penggunaan Financial Technology. Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 9(1), 130–141. Https://Doi.Org/10.29407/Jae.V9i1.21945

Yusuf, M., Sutrisno, Putri, P. A. N., Asir, M., & Cakranegara, P. A. (2021). Prospek Penggunaan E-Commerce Terhadap Profitabilitas Dan Kemudahan Pelayanan Konsumen: Literature Review. 30(3), 167–186.

Zainuddin, Z., Djauhar, A. Dan, & Anjasmara I, R. (2024). Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Toko Beauty Kendari (Studi Kasus Toko Beauty Cabang Mandonga). 5(1), 174–188.

Downloads

Published

2025-12-13