PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, PERSEPSI RISIKO, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E- COMMERCE DI KOTA MEDAN

Authors

  • Reyndi Fernando Santoso Universitas Prima Indonesia
  • Rahmat Alamsyah Harahap Universitas Prima Indonesia
  • Wandi Johanes Brandiaz Ginting Suka Universitas Prima Indonesia
  • Andy Hakim STAIN Mandailing Natal

DOI:

https://doi.org/10.31539/c4kesc09

Keywords:

Online Customer Review, Persepsi Risiko, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian, E-Commerce.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Online Customer Review, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada pengguna e- commerce di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 189 orang yang dipilih melalui metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Online Customer Review dan Persepsi Risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sementara itu, Kepercayaan Konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Model regresi menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0.768, yang berarti bahwa 76.8% variasi Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam model. Temuan ini menegaskan pentingnya kualitas ulasan pelanggan dan persepsi risiko dalam mempengaruhi keputusan pembelian pada platform e-commerce, sedangkan kepercayaan konsumen belum menjadi faktor dominan dalam penelitian ini.

References

Dalimunthe, U. R. & Komalasari, E. 2024. Pengaruh Online Customer

Review Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee (Survei pada Toko Bening Kosmetik Pekanbaru). JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis & Ilmu Sosial, 2(2): 1–12.

Gefen, D. 2002. Reflections on the dimensions of trust and trustworthiness

among online consumers. ACM SIGMIS Database: The DATABASE for Advances in Information Systems, 33(3): 38–53.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Keller, K.L. 2016. Marketing Management (15th Edition). Person Education. Luca, M. 2016. Reviews, Repution and Revenue: The case of Yelp.com. Harvard

Bussiness School Working Paper.

Mambu, T. R., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2023). Kepercayaan konsumen dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi e-commerce Shopee di Kota Tondano. Jurnal Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi, 4(2), 79–84.

Mundambi, S.M., & Schuff, D. 2010. What makes a Helpful Online Review? A study of customer reviews on Amazon.com. Mis Querterly, 34(1),185-200

Masoud, E. Y. (2013). The effect of perceived risk on online shopping in Jordan. European Journal of Business and Management, 5(6), 76–87.

Pavlou, P. A. (2001). Integrating trust in electronic commerce with the technology acceptance model: Model development and validation. In Proceedings of the Americas Conference on Information Systems (pp. 816–822).

Priadana, S., Rusiadi, & Subiantoro, N. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli (LPPIA).

Putri, Anita Erianti & Fakhrurrozi. 2024. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian pada Traveloka di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial (JEIS), 3(2): 262–273. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, UIN Suska Riau.

Radiansyah, E., & Putri, B. A. (2024). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kemudahan Pembelian Dan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 7(2), 278-291.

Ramadhana, D., & Nicky, A. (2022). Pengaruh ulasan online, persepsi risiko, dan tingkat kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce. Jurnal Manajemen dan Bisnis Digital, 5(2), 70–80.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran jasa (Edisi ke-2). Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2025-12-20