PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.31539/ge95tt51Keywords:
Kualitas Produk, Promosi, Kepercayaan Konsumen, Keputusan PembelianAbstract
Banyaknya persaingan e-commerce atau aplikasi pembelian menyebabkan konsumen memiliki banyak pilihan dalam menentukan dimana akan melakukan pembelian. Penelitian ini dilatarbelaknagi untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, promosi dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian di Shopee. Metode penelitian adalah kuantitatif. Jumlah sampel sebnayak 97 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian memperoleh kualitas produk, promosi dan kepercayaan konsumen berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian di Shopee.
References
Ambarita, L. F., & Wasino, W. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Di E-Commerce Shopee. eCo-Buss, 7(2), 992-1009.
Andrian., Indra, C., (2022). Perilaku Konsumen. Malang: Rena Cipta Mandiri
Devi, A. C., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee Di Kalangan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Journal of Student Research, 1(5), 113–123.
Indrasari, M. (2023). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo. Press.
Innukertarajasa, I. M., & Hayuningtias, K. A. (2024). Pengaruh Kepercayaan, Sikap Konsumen Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Semarang). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 7881–7889.
Kasmir. (2021). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada:
Kespandiar, T., Pujiastuti, E., & Munizu, M. (2025). Pelatihan Adaptive Marketing Strategy untuk Bisnis Kecil Menghadapi Disrupsi Teknologi. AJAD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 260-265.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing management (15th ed.). Upper ... Strategi pemasaran hotel (3rd ed.). Yogyakarta: Gramedia. Pustaka Utama
Kurniawan, R., & Yuniarto, B. (2016). Analisis Regresi dasar dan penerapannya dengan R. Jakarta: Kencana.
Lasfiana, E.& Elpanso. (2023). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Tiktok Shop (Doctoral dissertation, Universitas Bina Darma).
Maulana,A, G., & Milliyani, H. (2022). Pengaruh Promosi di Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. Bandung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom.
Muhammad, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Cantika Panji Situbondo (Doctoral dissertation, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo).
Munafis, S. (2024). Kualitas Produk Berpengaruh Positif Dan Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 7(3), 625-633.
Nasution, U. H., & Junaidi, L. D. (2024). Metode penelitian. Medan:Serasi Media Teknologi.
Priansa, D. J. (2023). Manajemen Komunikasi Dan. Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Risnawati, R., Wonua, A. R., & Astaginy, N. (2023). Pengaruh kepercayaan dan pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian produk kecantikan. Student Scientific Creativity Journal, 1(6), 15-28.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Sleman: Deepublish.
Rosmita, R., & Andella, D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Bolu Kemojo Gerai Aurel Mandiri Kabupaten Kuantan Singingi. JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis dan Sosial, 1(1), 14–25.
Sangadji, E.M. & Sopiah. (2022). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai. Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Sindiah, S., & Rustam, T. A. (2023). Pengaruh Keamanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Facebook. ECo-Buss, 6(1), 42–52.
Sunyoto, Danang. (2024). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan kasus) Edisi Ketiga. Jakarta : CAPS (Center Of Academic Publishing.
Tegowati, T., & Khamimah, W. (2024). Analisis Kepercayaan Konsumen Milenial Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion. MARGIN ECO, 8(1), 37-42.
Tjiptono, Fandy. (2022). Strategi Pemasaran, Edisi 3. Jakarta: Andi.
Yoebrilianti, A. (2025). Pengaruh Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Manajemen Universitas Serang Raya, 8(1), 20-41.
Yoebrilianti, A. Dan Dugarri (2025). Pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli produk fashion dengan gaya hidup sebagai variabel moderator (Studi Kasus Pada Jejaring Sosial).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Windy Laudya, Mohd. Nawi Purba, Riyo Pramono Garcia, Ara Auza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

