DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN PANGAN PROTEIN HEWANI

Authors

  • Annisa Asprilia Universitas Terbuka
  • Ali Muktiyanto Universitas Terbuka
  • Istianingsih Istianingsih Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31539/69ec2f02

Keywords:

Keputusan Pembelian, Protein Hewani, Stunting, Gaya Hidup, Pendapatan, Harga, Dukungan Sosial

Abstract

Keputusan pembelian merupakan sebuah proses yang diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan, mencari alternatif produk, dan memutuskan pembelian produk yang paling sesuai dengan kebutuhan. Pilihan yang dibuat oleh ibu dalam membeli bahan pangan protein hewani, dalam hal jumlah dan jenisnya, menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena kebutuhan asupan gizi balita stunting berbeda dengan balita lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan yang memengaruhi keputusan pembelian bahan pangan protein hewani pada ibu balita stunting di Kota Tangerang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 149 ibu yang memiliki balita stunting. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster sampling, dengan pengelompokan berdasarkan wilayah Kelurahan Non Lokus Stunting dan Kelurahan Lokus Stunting, yang ditentukan melalui analisis prevalensi stunting dan cakupan layanan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Formulir. Variabel independen pada penelitian ini adalah gaya hidup, pendapatan, harga, dan dukungan sosial, sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Analisis data menggunakan metode SEM dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian bahan pangan protein hewani (t = 0,654; p > 0,05), pendapatan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian bahan pangan protein hewani (t = 2,084; p < 0,05), harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian bahan pangan protein hewani (t = 2,084; p < 0,05), dan dukungan sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian bahan pangan protein hewani (t = 3,555; p < 0,05).

References

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial least square (PLS): Alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Penerbit ANDI.

Ainun, A., Hamzah, A., & Yusriana. (2023). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian telur ayam broiler pada Toko Anna di Desa Pondong Baru Kecamatan Kuaro. JURMA: Jurnal Riset Manajemen, 1(2), 165-176. https://doi.org/10.54066/jurma.v1i2.367

Christanti, A. A., & Nasikh. (2022). Perilaku konsumen pada daging ayam ras (broiler) saat pandemi COVID-19 tahun 2020. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP), 2(5), 553-569. https://doi.org/10.17977/um066v2i52022p553-569

Farras, M.F., Anindita, R., & Asmara, R. (2021). Pola konsumsi dan permintaan protein hewani di Kota Malang model Almost Ideal Demand System AIDS. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 5(2), 286-297. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.02.01

Fawwaz, M.S., Sudjoni, N., & Susilowati, D. (2022). Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian sayur hidroponik (Studi kasus Pojok Hidroponik Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 10(5). https://jim.unisma.ac.id/index.php/SEAGRI/article/view/16197

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2021). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). SAGE Publications.

Headey, D., Hirvonen, K., & Hoddinott, J. (2018). Animal sourced foods and child stunting. American Journal of Agricultural Economics, 100(5), 1302-1319. https://doi.org/10.1093/ajae/aay053

Hutagaol, D. A. L., Siboro, K., Dalimunthe, S. Y. (2025). Menganalisis peran dan tugas kader posyandu dalam pelaksanaan program pencegahan stunting. Sport Science and Health, 7(6), 2025, 276-282. 10.17977/um062v7i62025p276-282

Latifah, A. N., Tanjung, G. S., & Djazuli, R. A. (2023). Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian sayuran organik di pasar modern Kabupaten Gresik. Jurnal Agribisnis, 12(2), 141-149. https://doi.org/10.32520/agribisnis.v12i2.2860

Manalu, D. S. T., Rostwentivaivi, V., Utami, P. P., Ratnakaniya, N. M., Azhar, A. G., Pramena, A., & Mardatila, A. (2024). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian telur ayam ras di Pasar Anyar, Kota Bogor. Botani: Publikasi Ilmu Tanaman dan Agribisnis, 1(2), 37-49. https://doi.org/10.62951/botani.v1i2.43

Mardhiyani, A. M. P., Indah, P. N., & Wijayati, P. D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian Ayam Geprek Bensu melalui GoFood di Kota Gresik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 9(3), 1424. https://doi.org/10.25157/jimag.v9i3.8539

Mariza, M., & Putriningtyas, N. D. (2023). Kejadian stunting pada balita: Studi kasus di Desa Kebondalem, Kabupaten Pemalang. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 3(2), 204–214. https://doi.org/10.15294/ijphn.v3i2.59678

Maroah, S., & Ulfa, M. (2021). Pengaruh faktor budaya, sosial, personal, dan psikologis terhadap keputusan pembelian produk olahan ikan laut. Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2). https://doi.org/10.30651/imp.v1i2.9796

Muhtar, D. I., Wahid, A., Tahang, H., Made, S., & Hasani, M. C. (2022). Consumer decisions in purchasing consumed fish at PPI Lonrae, Bone Regency. Ponggawa: Journal of Fisheries Socio-Economic, 2(2). https://doi.org/10.35911/ponggawa.v2i2.20129

Nugroho, E.J., & Simamora, L. (2021). Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian daging sapi di Pasar Raya I Salatiga. Ziraa'ah, 46(2), 134-143. http://dx.doi.org/10.31602/zmip.v46i2.4528

Pindyck, R.S., & Rubinfeld, D.L. (2014). Microeconomics (8th ed.). Erlangga.

Prihartanti, W., Kartika, M. G., Gamal, A., Suasridewi, D. G., & Rahmanto, A. (2024). Pengaruh budaya dan sosial terhadap keputusan pembelian bakso ikan di Surabaya. Economics and Sustainable Development, 8(2), 1-11. https://doi.org/10.54980/hwrz0c08

Qazzafi, S. (2020). Factor Affecting Consumer Buying Behavior: A Conceptual Study. IJSRD - International Journal for Scientific Research & Development. Vol. 8, Issue 2. 2321-0613. https://www.ijsrd.com/articles/IJSRDV8I20938.pdf

Rahmatika, T., Pangestuti, D. R., & Asna, A. F. (2024). Hubungan ketahanan pangan, pola asuh, dan tingkat kecukupan gizi dengan kejadian stunting balita 6–59 bulan di Puskesmas Dawe, Kabupaten Kudus. Amerta Nutrition, 8(3SP), 82–93. https://doi.org/10.20473/amnt.v8i3SP.2024.82-93

Sari, N.M.W., Ayu, W.C., Mahmudiono, T., Mahmudah, S., & Soenarnatalina, R.R. (2023). Association between stunting in children under five and types of food sources. Indonesian Journal of Human Nutrition, 10(1), 12-19. https://doi.org/10.21776/ub.ijhn.2023.010.01.2

Som, S.V., Hoeven, M. V. D., Laillou, A., Poirot, E., Chan, T., Polman, K., Ponce, M.C., Wiringa, F. T. (2020). Adherence to child feeding practices and child growth: A retrospective cohort analysis in cambodia. Nutrients, 13(1): 137. https://doi.org/10.3390/nu13010137

Wahyuni, S. D., Murti, B., & Adriani, R. B. (2023). Meta-analysis: Effects of household size, maternal education, and family income on stunting. Journal of Epidemiology and Public Health, 8(3), 323–334. https://doi.org/10.26911/jepublichealth.2023.08.03.04

World Health Organization, Regional Office for Europe. (2021). Nutrition, overweight and obesity: Factsheet on Sustainable Development Goals (SDGs): Health targets. World Health Organization Regional Office for Europe.

Zhao, H., Yao, X., Liu, Z., & Yang, Q. (2021). Impact of pricing and product information on consumer buying behavior with customer satisfaction in a mediating role. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.720151

Downloads

Published

2025-12-26