Analisis Business Model Canvas (BMC) Sistem Operasi Skema Blockchain Equity Crowdfunding Pada Ekosistem Bisnis Renewable Energy Di Indonesia

  • Fauzan Azhiman Universitas Indonesia
  • Toto Pranoto Universitas Indonesia

Abstract

Permasalahan utama pada pengembangan teknologi renewable energy di Indonesia terletak pada nilai investasi awal yang cenderung tinggi dibandingkan teknologi fosil. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu business model canvas penerapan teknologi renewable energy dengan skema blockchain equity yang diharapkan mampu diterapkan di Indonesia. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan data primer berupa wawancara langsung dengan responden, melakukan pengamatan langsung pada aktifitas bisnis yang terjadi, dan mencari data sekunder dari berbagai sumber untuk memperkuat data dari responden. Jumlah responden yang peneliti gunakan sebanyak 10 orang yang dikumpulkan dari berbagai pihak ahli di setiap bidang pada ekosistem bisnis blockchain dan renewable energy. Analisis yang digunakan adalah memasukkan data dari berbagai sumber tersebut kedalam 9 blok Business Model Canvas (BMC) yang selanjutnya pada setiap blok dilakukan analisis Strenght, Weakness, Opportnity, dan Threat. Dari hasil penelitian tersebut harapannya menjadi masukan yang dapat digunakan untuk pengembangan strategi bisnis bagi perusahaan yang ingin menerapkan skema blockchain equity crowdfunding pada bisnis renewable energy, serta menjadi bahan pertimbangan investor maupun user agar berani mengambil keputusan dalam berinvestasi pada ekosistem bisnis renewable energy.

References

Andoni, M., Robu, V., Flynn, D., Abram, S., Geach, D., Jenkins, D., … Peacock, A. (2019). Blockchain technology in the energy sector: A systematic review of challenges and opportunities. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 100, 143–174. https://doi.org/10.1016/j.rser.2018.10.014
Cheng, E. (2017). Meet CryptoKitties, the $100,000 digital beanie babies epitomizing the cryptocurrency mania.
Diamandis, P., & Steven Kotler, B. (2016). The Six D’s Of The Exponential Organizations. Singularity University.
Ellabban, O., Abu-Rub, H., & Blaabjerg, F. (2014). Renewable energy resources: Current status, future prospects and their enabling technology. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 39, 748–764. https://doi.org/10.1016/j.rser.2014.07.113
Iansiti, M., & Lakhani, K. R. (2017). The Truth About Blockchain. Harvard Business Review.
J, F. W., Charmaz, K., McMullen, L. M., Josselson, R., & Anderson, R. (2011). Five Ways of Doing Qualitative Analysis Phenomenological Psychology, Grounded Theory, Discourse Analysis, Narrative Research, and Intuitive Inquiry (1st ed.). The Guilford Press.
Lumbaturuan, M., & Suwartoyo, B. (1992). Ensikopledia Ekonomi,Bisnis & Manajemen. PT Cipta Adi Pustakan.
Peter, V., Paredes, J., Rivial, M. R., Sepúlveda, E. S., & Astorga, D. A. H. (2019). Blockchain meets Energy Digital Solutions for a Decentralized and Decarbonized Sector. German-Mexican Energy Partnership (EP) and Florence School of Regulation (FSR).
PricewaterhouseCoopers. (2017). The Long View: How will the global economic order change by 2050? Research On The Economics Outlook.
Raval, S. (2016). Decentralized Applications: Harnessing Bitcoin’s Blockchain Technology. O’Reilly Media, Inc.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Yli-Huumo, J., Ko, D., Choi, S., Park, S., & Smolander, K. (2016). Where Is Current Research on Blockchain Technology?—A Systematic Review. PLoS ONE 11(10): e0163477.
Published
2022-03-18
Abstract viewed = 151 times
PDF downloaded = 201 times