PENGARUH BRAND AWARENESS DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BUKALAPAK (STUDI PADA KONSUMEN BUKALAPAK DI KARAWANG)

Authors

  • Habibah Nurul Mizwah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Novian Ekawaty novian.ekawaty@fe.unsika.ac.id

DOI:

https://doi.org/10.31539/mepxpn04

Keywords:

Brand Awareness, Iklan, Keputusan Pembelian.

Abstract

Perkembangan bisnis saat ini melaju sangat pesat dengan persaingan yang sangat ketat. Jual beli online menjadi trend yang kini merambah di semua kalangan masyarakat. Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat memunculkan perubahan perilaku di kalangan masyarakat, dapat dilihat dari kebiasaan masyarakat dalam berbelanja yang tadinya terbiasa berbelanja secara langsung secara konvensional, kini banyak yang gemar melakukan belanja secara online. Fenomena ini tentu saja menjadi peluang bisnis baru bagi para pelaku usaha dengan membuat toko online sebagai bagian dari e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Awareness dan Iklan yang ditetapkan Terhadap Keputusan Pembelian pada Bukalapak di Karawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 145 reponden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Path Analysis. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Brand Awareness dan Iklan secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara parsial, variabel Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian diperoleh pengaruh yang signifikan, kemudian untuk variabel Iklan terhadap Keputusan Pembelian berpengaruh siginifikan.

 

References

[1] Amirulla. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media

[2] Dimyati, Dr. Mohamad. (2018). Pendekatan Hayati: Strategi Pemasaran Untuk Menghadapi Persaingan Yang Dinamis. Edisi Asli. Jakarta: Mitra Wacana Media.

[3] Hasibuan, Malayu. (2011).

[4] Jaiz, M. (2013). Dasar-dasar Periklanan.

[5] Karyoto. (2015). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Andi.

[6] Keller, K. (2007). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: BPFE.

[7] Keller, K. (2018). Manajemen Pemasaran edisi 13. Jakarta: Pearson Education.

[8] Kotler, Philip and Kelin Lane Keller. (2012). Marketing Management. Edisi 14. New Jersey: Prentice-Hall Published.

[9] Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Manajement. 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

[10] Lee, J. (2011). Prinsip-prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana.

[11] Setiyaningrum, A. (2015). Prinsip Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

[12] Suhandang, K. (2005). Periklananan. Bandung: Nuansa.

[13] Tjiptono. (2006). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

[14] Udaya, J. (2015). Prinsip Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

[15] Anggana, R. F., & Idris. (2017). Prabayar Xl Di Kalangan Mahasiswa ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro ). 6, 1–10.

[16] Christian, S. A. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, 72.

[17] Destiana, R. I., & Octavia, D. (2012). Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Handphone Merek Nokia Di Kota Bandung.

[18] Dicky, I. W., Pranata, R., Agus, K., & Pramudana, S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo Dengan Niat Beli Konsumen. 7(10), 5230–5257.

[19] Febrianti, N. S. (2017). Faktor Kebudayaan Pendorong Munculnya Loyalitas Pada Konsumen Kuliner Kota Kediri Jawa Timur. Universitas Brawijaya, Indonesia, Vol 1, 241.

[20] Imantoro, F. (2018). Pengaruh Citra Merek, Iklan, Dan Cita Rasa . Vol. 57, 181.

[21] Janna, M. (2016). Pengaruh Iklan Aqua Terhadap Keputusan Membeli Masyarakat Di Kompleks Btn Tritura-Antang Kota Makassar (Studi Iklan Televisi).

[22] Kurnyawati, M. (2014). Pengaruh Iklan Terhadap Brand Awareness Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (Fia) Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Angkatan 2012-2013 Yang Menggunakan Produk Sabun Mandi Merek Lifebu. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 16(1), 84972.

[23] Meuthia, S. (2018). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zara ( Studi Pada Konsumen Zara Sun Plaza Medan ).

[24] Novita, F., Darmawan, H., & Manajemen, S. S. (N.D.). Pengaruh Brand Awareness , Perceived Value , Dan Brand Image Terhadap Customer Satisfaction. I(4), 768–777.

[25] Nursari, N. T. (2019). Pengaruh Iklan, Citra Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Wardah (Studi Pada Pengunjung Store Wardah Di Bandar Lampung). 14–18. Retrieved from https://movisa.org.mx/images/NoBS_Report.pdf

[26] Putri, S. L., Dharma, U., & Unidha, A. (2018). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chicken Nugget Fiesta Di Kota Padang. 11(2), 70–78.

[27] Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. 1(1), 1–15.

[28] Setiawan, Y. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Jual Beli Shopee.

[29] Wulandari, A., Purwati, A. A., & Alfani, M. H. (2019). The Effect Of Brand Awareness, Prices, And Advertisement Onpurchase Decision Of Pucuk Harum Tea Atpelita Indonesia Pekanbaru. 7(2), 238–249.

Downloads

Published

2025-10-20