Pengaruh Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Followers Instaram Paradise Cosmetic Pengguna Produk Make Over Di Sukabumi)

  • Melinda Anastasya Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Faizal Mulia Z Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh promosi dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Make Over di Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan menggunakan simple random sampling yang melibatkan 366 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang meliputi uji koefisien determinasi, uji koefisien korelasi berganda, uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji T). Hasil penelitian, dengan menggunakan uji F diperoleh nilai probabilitas sig. 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa Promosi (X1) dan Brand Image (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Sedangkan uji t menunjukkan bahwa Promosi (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan Brand Image (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).

Kata Kunci : Promosi; Brand Image; Keputusan Pembelian

References

Husna, G. K., & Oktafani. F. (2017). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Dunkin Donuts Bandung. Jurnal Ekonomi , Bisnis & Enterpreneurship, 27-36.
Khodijah, Siti, & Saino. (2012). Analisis Faktor yang mempengaruhi keputusan .2012.
Kotler, & Keller. (2012). Model Perilaku Konsumen. 161.
Kotler, & Philip. (2006). Manajemen Pemasaran . In Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta.
Lim, S., Aisha, N. A., Ratu , T. M., & Ressy , P. P. (2020). Purchase intention on Indonesia male’s skin care by social media marketing effect towards Brand Image and brand trust. ResearchGate.
Muchlisin, R. (2016, November 03). Kajian Pustaka. Retrieved from
https://www.kajianpustaka.eom/2016/l1/pengertian-tujuan-dan-bauranpromosi.html
Musay, F. P. (n.d.). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Media Neliti.
Rahutama,
Gede, W. K., & Ni Luh, W. (2019). Analysis of Brand Image and Promotions andtheir effect on purchase decisions. Atlantis Press.
Rambat, Lipiyoadi, & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat.
Riadi, M. (2016, November 03). KajianPustaka.com.Retrieved from Kajian Pustaka: https://www.kajianpustaka.eom/2016/l1/pengertian-tujuan-dan-bauran-promosi.html
Samuel, S. E. (2017). Sales Promotion as a Strategy in Service Marketing : Exploring the believability Dilemma and Consumer Purchase Decision. American Journal of Marketing Research, 8-15.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT Alfabet.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D PT Alfabet.
Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran PT Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian.
Wajeeha, A., Marija, H., & Kashif, F. (2018). Influencing faetors of brand perception on consumers’ repurchase intention: An examination of online apparel shopping. ResearchGate.
Published
2022-08-06
Abstract viewed = 175 times
pdf downloaded = 163 times