Pengaruh Belanja Modal Dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Lampung

  • Citra Etika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Rachmania Rachmania Universitas Negeri Islam Raden Patah Palembang
  • Meti Elisa Pitri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh belanja modal dan pendapatan asli daerah terhadap pertumbuhan ekonomi. Belanja modal dan pendapatan asli daerah sebagai variabel independen. Pertumbuhan ekonomi sebagai variabel dependen. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yaitu data yang telah disajikan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung periode 2011-2021. Sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan kriteria tahun pemilihan sampel tahun 2011-2021 atau selama 11 tahun, memilih data belanja modal, pendapatan asli daerah dan pertumbuhan ekonomi yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini SPSS versi 21. Penelitian ini memperoleh hasil yangmenyatakan bahwa Belanja modal berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Pendapatan asli daerah berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi. Belanja modal dan pendapatan asli daerah secara simultan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi.

 

Kata Kunci : Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah, Pertumbuhan Ekonomi

References

Akhlis, P.P dan Muhammad, I.S. (2019). Analisis Peran Belanja Modal Dan Investasi Swasta Terhadap Perumbuhan Ekonomi Serta Dampaknya Pada Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ekobis. 20(1).
Aulia, A. N. (2017). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Analisis Pengaruh Pendapatan Daerah, Dana Alokasi Umum, Dan Bagi Hasil Pajak Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi. 1(2) : 203-214.
Dajaan, dkk. (2019). Sisi lain Akuntabilitas KPK dan Lembaga Pegiat Antikorupsi Fakta dan Analisis. Jakarta : Kencana
Dewi C.P, dkk. (2017). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Serta Dampaknya Terhadap Kemiskinan Di Kota Bitung. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah 18(4).
Dwi, S. (2018). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Dana Perimbangan Sebagai Pemoderasi Di Kabupaten/Kota Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publish.8(2).
Francis dan Febricia. (2020). Dana Alokasi umum, Dana Alokasi Khusus, Pendapatan Asli Daerah dan Belanja Modal. Journal of Applied Accounting and Taxation. 5(1)
Priambodo, Agung. (2014). Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja Modal, Dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2008-2012. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(3).
Provinsi Lampung Dalam Angka .(2021). Badan Pusat Statistik (BPS)
Rapanna, Patta, dan Zulfikry Sukarno. (2017). Ekonomi Pembangungan. Makassar : CV Sah Media,.
Saraswati, Dwi. (2018). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Dana Perimbangan Sebagai Pemoderasi Di Kabupaten/Kota Sumatera Utara. Jurnal akuntansi Bisnis Dan Publik. 8(2) : 54–68.
Published
2022-12-05
Abstract viewed = 164 times
pdf downloaded = 130 times