Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Game Among Us)

  • Aldo Septa Nugraha Universita Airlanggga

Abstract

This research was conducted to determine the effect of product quality on consumer satisfaction and its effect on consumer loyalty in the Among Us game. Data analysis techniques using path analysis. The population in this study were users of the Among Us game in Malang City with a sample of 96 respondents who had played the Among Us game and were aged 18-35 years. Data collection techniques using a questionnaire. Meanwhile, the results of the study show that the results of product quality have a significant effect on consumer loyalty, product quality has a significant effect on visitor satisfaction, consumer satisfaction has a significant and negative role in mediating consumer loyalty and product quality.

Keywords: Consumer Loyalty, Consumer Satisfaction, Product Quality

References

Ananti, D. L. R., & SRI, R. T. A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Konsumen Produk Obat Coparcetin di Kota Semarang).
Ellitan, L. (2006). Strategi inovasi dan kinerja perusahaan manufaktur di Indonesia: pendekatan model simultan dan model sekuensial. Jurnal Manajemen Maranatha, 6.
Fanani, I., & Djati, S. P. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Fundamental Management Journal, 1(04), 40–53.
Ferdinan, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.
Griffin, J. (2005). Customer loyalty: Menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Ishak, F., & Abd Ghani, N. H. (2013). A review of the literature on brand loyalty and customer loyalty.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P., Keller, & Lane, K. (2011). Manajemen Pemasaran. Translated by MM Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 2. Jakarta : ERLANGGA.
Kurriwati, N. (2015). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dan dampaknya terhadap loyalitas konsumen. Eco-Entrepreneur, 1(1), 48–55.
Kusumasasti, I., Andarwati, A., & Hadiwidjojo, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop. Ekonomi Bisnis, 22(2), 123–129.
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Salemba Empat.
Mawarni Sari, R. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Sophie Martin Di Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Oliver, R. L. (2010). Satisfaction A Behavioral Prespective on the Customer. Mc Grow Hill.
Panji, S. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Kartu Indosat (Studi Kasus: Warga di Taman Wisma Asri RW 04 Kelurahan Teluk Pucung Bekasi Utara). Universitas Darma Persada.
Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–9.
Sari, S. P. (2020). Mengenal Game Among Us yang Viral di Media Sosial. Inews.Id. https://www.inews.id/techno/internet/mengenal-game-among-us-yang-viral-di-media-sosial
Stephanie, C. (2020). Game Among Us Diunduh 217 Juta Kali di Android dan iOS. Kompas.Com. https://tinyurl.com/y2s4n443
Stephanie, C. (2021). 10 Game Mobile Terpopuler 2020, Among Us Juara.
Stevenson, W. J. (2014). Manajemen Operasi Perspektif Asia Edisi 9-Buku 2. Jakarta : Salemba Empat.
Sugiyono, P. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV Alfabeta,
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Jakarta : CV Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta : Alfabeta.
Susiyanto, S. (2019). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pelanggan Taman Rekreasi Sengkaling UMM). Universitas Muhammadiyah Malang.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (Mengupas Pemasaran Strategik, branding strategy, customer sarisfaction, stategi kompetitif, hingga e-Marketing. Andi.
Trianah, L., Pranitasari, D., & Marichs, S. Z. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 26(01), 105–122.
Utomo, R. M. (2016). Rata-Rata Usia Gamer adalah 35 Tahun, Bukan Anak-Anak. Medcom.Id. https://tinyurl.com/y55y52c6
Wedarini, N. M. S. (2013). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan telkom flexi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2(5).
Widayatma, C. P., & Lestari, S. P. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Serat Acitya, 7(3), 25.
Published
2023-02-11
Abstract viewed = 205 times
pdf downloaded = 142 times