Pengaruh Program Customer Relationship Management (Continuity Marketing, One To One Marketing, Dan Partnering Program) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Online Lazada Di Kota Mataram

  • Waidatul Ilmi Universitas Airlangga
  • Hendri Setiawan Universitas Mataram

Abstract

This study examines the effect of the Customer Relationship Management (Continuity Marketing, One to One Marketing, and Partnering Program) programs on the Customer Loyalty of Lazada online store in the city of Mataram. This research was conducted on 75 respondents namely Lazada customers in Mataram City aged 18-45 years who have shopping experience at Lazada at least 2 times. This research is an associative quantitative study carried out by filling out a questionnaire and then analyzed using an independent sample t-test. The results of this study indicate that One to one marketing has a positive and significant effect on customer loyalty of Lazada online stores. While Continuity Marketing and Partnering Program have a negative but not significant effect on the loyalty of Lazada online store customers in the city of Mataram.

 

Keywords: Continuity Marketing, One to One Marketing, Partnering Program, Customer Loyalty

References

____________(2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”, Edisi 4. Semarang : Unversitas Diponogoro.
_________ (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta
Bahri, Dinda Monika Mediana. (2010). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan,Kualitas Layanan dan Kedekatan Emosional Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada Bank BRI Cabang Pattimura Semarang). Skripsi. Universitas Diponegoro.
Barnes, James G. (2003). Secrets of Curtomer Relationship Management. Yogyakarta : ANDI.
Boyd, et al. (2000). Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta : Erlangga.
Danibrata, Aulia. (2013). Pengaruh Strategi Bersaing Dengan Menggunakan Kualitas dan Kerelasian Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Industri Perbankan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 15(1) : 98.
Engel, J.F, Blackwell, Rd dan Miniard, DW. (1995). Perilaku Konsumen. Terjemahan. Jilid I. Jakarta : Bima Rupa Aksara.
Felix, Ryan. (2016). Pengaruh Costumer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Tivoli Club House Sidoarjo Dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Perantara.
Ferdinand, Agusty. (2006). Metode Penelitian Management. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivanate dengan SPSS. Semarang. Universitas Diponogoro.
Griffin, Jill. (2005). Customer loyalty. Jakarta : Erlangga.
Hidayat, Taufik, (2008).Panduan Membuat Toko Online dengan OS Commerce, Jakarta : Mediakita,
Humadiana, dan Evi Indrayani. (2006). Sistem Informasi Manajemen Obsesi. Mengoptimalkan Informasi dalam Bisnis. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta.
Jushermi, Ari Asriandi. (2013). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pengguna Kartu KFC Music Hitter Pada KFC Sudirman Pekan Baru.Universitas Riau, Jurnal Ekonomi, 80(4).
Kotler, Philip dan Armstrong, G. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi ke-9. Alih Bahasa : Alexander Sindoro. Jakarta : PT Indeks.
Kotler, Philip Keller, Kevin Lane. (2007). Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi 12. PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Lukas, Ade Paul. (2006). Makalah Seminar. Costumer and Partner Reltionship Management. Research Group.
Lupiyoadi, Rambat & Ridho Bramulya Ikhsan, (2015). Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.
Malhotra, Neresh K. (2009). Riset pemasaran Terapan Jilid 1. Jakarta : PT Index.
Mulyati, Hesti. (2016). Pengaruh Program Costumer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Handphone Smartfren Andromax. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nykamp, Melinda. (2001). The Costumer Differential: The Comple Guide to Implementing Costumer Relationship Management. New York : Amacon.
Oliver, R.L. (1997). Satisfaction : A Behavioral Perspective on the Consumer. Boston : McGraw-Hill.
Pamariadinata, Frieska. (2008). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Hubungan Emosional Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi kasus pada radio Trax fm Semarang), Universitas Diponegoro, Semarang.
Pearson, Mc. Leod. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Salemba.
Pratiwi, Riska Febriana. (2013). Analisis Kinerja Costumer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Puspitasari, Ika Dkk. (2010). Hubungan Antara Emotional Bonding Dan Citra Kualitas Produk Dengan Minat Membeli Pada Konsumen. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi. 12(1) : 74-80.
Setyowiseso, Bagas dan Sutopo. (2010). Analisis Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagaI Variabel Intervening, Jurnal Manajemen, 7(4)
Sheth, Jagdish N. Atur Pravatiyar & G. Shainesh. (2002). Costumer Relationship Management: Emerging Concepts, Thools, and Application. New Delhi : Tata-McGrawHill.
Sierra, Jeremy dan Shaun mc.Quity. (2005). Service Providers and Costumers : Social Exchange Theory and Service Loyalty. Journal Of Services Marketing, 19(6) : 392-400
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. (2008). Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3S.
Siregar, Syofian. (2014). Metode Penelittian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers.
Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suhasto, Iwan Noor. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kedekatan Emosional Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen. 2(1) : 55-64
Sukoco, Badri Munir & Reza Aditya Hartawan. (2011). Pengaruh Pengalaman dan Keterikatan Emosional Pada Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen. 4(3).
Sukoco, Badri Munir & Reza Aditya Hartawan. (2011). Pengaruh Pengalaman dan Keterikatan Emosional Pada Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen. 4(3).
Suyanto, M. (2003) E-commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, Fandy. (2004). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.
Vermaat, Shelly Cahsman. (2007). Discovering Computer : Menjelajah Dunia Komputer Fundamental. Jakarta : Salemba Infotek.
Wijaya, Serli. dan Thio, Sienny. (2008). Implementasi Membership Card dan Pengaruhnya Dalam Meningkatkan Loyalitas Pengunjung Restoran di Surabaya, Penerbit : Universitas Kristen Petra.
Wulandari, Dwi. (2007). Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Eksekutif, 4(2).
Published
2023-03-20
Abstract viewed = 209 times
pdf downloaded = 180 times