Pengaruh Kualitas Informasi, Kemudahan Penggunaan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Dampaknya Pada Keputusan Penggunaan Bca Mobile (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Stikubank Semarang)

  • Lailatu Zahro Universitas Stikubank Semarang
  • Markus Surkamta Eric Santosa Universitas Stikubank Semarang

Abstract

The original aim of this study was to find out the impact of issue qualiti, ease of use and company image on customer believes and their influence on the decision to use BCA mobile phones. The population of this study means mobile BCA users who are still active as Faculty students Economics and Business, University of Stikubank Semarang using a amount sample of 112 respondent. Information was collected by developing questionnaire. The analysis technique used in this study is linear regression analysis. Research results show that’s the quality of information has a positive influence on trust, ease of use has an positive effet on trus’t, corporate image has a positive effect’s on trust andd trust has  positive efect ono usage preferences.

Keywords : Company Image; Customer Trust; Decisions About The Use; Ease of Use; Information Quality

 

References

Adiwijaya, I. G. B. P. (2018). Kemudahan Penggunaan, Tingkat Keberhasilan Transaksi, Kemampuan Sistem Teknologi, Kepercayaan dan Minat Bertransaski Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(3), 135–153.
Ayuningtiyas, K., & Gunawan, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 152–165.
Bastian, D. A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2((1)), 1–9.
Cermati.com. (2015). Mengenal Mobile Banking, Apa Keunggulan dan Kekurangannya? Cermati.Com. https://www.cermati.com/artikel/mengenal-mobile-banking-apa-keunggulan-dan-kekurangannya
Chaudhary, S., Tyagi, V., & Rao, P. H. (2016). Factors affecting customer satisfaction in the taxi service market in india. Journal of Enterpreneurship & Management. Journal of Enterpreneurship & Management, 5((3)), 46–53.
Febrianta, A., & I. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah BCA Di Kota Bandung. E-Prints: Universitas Islam Negeri Raden Fatah, 3(3), 1–7.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25.
Nurdin, N., Nngrum, R., Bachmid, S., & Jalil, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking di Bank Mega Syariah Cabang Palu. Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(1), 30–45. https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i1.37.30-45
Oentario, Y., Harianto, A., & Irawati, J. (2017). Pengaruh Usefulness, Ease of Use, Risk Terhadap Intentionto Buy Onlinepatisserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 26–31. https://doi.org/10.9744/pemasaran.11.1.26-31
Pawirosumarto, S. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(3), 416–433.
Prasetya, G. (2021). Pengaruh Kualitas Informasi, Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi pada Masyarakat Surakarta Pengguna Situs Shopee). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Prayanthi, I., Lompoliu, E., & Langkedeng, R. D. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. Klabat Accounting Review, 1(2), 1–11.
Pujiastuti, E. E., & Wiludjeng, B. S. (2014). Analisis Keterkaitan Antara Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan Serta Loyalitas. Administrasi Bisnis, 3((2)), 1–8. http://eprints.upnyk.ac.id/23652/
Sari, A. A. R. P., & Yasa, N. N. K. (2020). Kepercayaan pelanggan di antara hubungan citra perusahaan dan kewajaran harga dengan loyalitas pelanggan mapemall.com. Lakeisha.
sikapiuangmu.ojk.go.id. (2022). No Title. Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id.
Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian.
Soelistiawan, H., Lukitaningsih, A., & Wiyono, G. (2021). Pentingnya Trust dalam Mediasi Citra Perusahaan dan Relationship marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8((1)), 188–196. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/index
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Swasta, B., & Irawan. (2003). Manajemen Pemasaran Modern.
Tarjo. (2019). Pengaruh Kompetensi Aparat Desa dan Komitmen Organisasi Terhadap Akuntabilitas Dana Desa (Studi Pada Desa Muara Niro Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo). Tata Sejuta STIA Mataram, 5((2)), 331–395.
Tirtana, I., & Sari, P. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking.
Published
2023-05-04
Abstract viewed = 121 times
pdf downloaded = 109 times