Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Flip (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani)

  • Fitri Adelfi Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Nunung Aini Rahmah Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

This study aims to determine the influence of System Quality, Information Quality, and Service Quality on User Satisfaction in Flip Applications (Case Study on Students of the Faculty of Economics and Business, Jenderal Achmad Yani University). The analysis technique used in this study was the accidental sampling technique, with 335 samples from 2072 populations directly related to user satisfaction. All respondents filled out the research questionnaire via Google Forms. The results of the study show System Quality significantly negatively affects User Satisfaction with the Flip Application, Information Quality does not affect User Satisfaction in the Flip Applicatio,.  Quality of Service has a positive significant influence on User Satisfaction in the Flip Application.

Keywords: System Quality, Information Quality, Service Quality, User Satisfaction

References

Agani, D. P., & Azis, E. (2021). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Pajak (Studi Kasus pada aplikasi SAMBARA di Jawa Barat). e-Proceeding of Management, 8(1), 67–75.
Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(1), 37–52. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i1.6001
Arey, & Sanjaya, R. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi MyARS Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Komputer dan Informatika, 9(2), 214–222. https://doi.org/10.35508/jicon.v9i2.5273
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.856
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713
Fauzi, R. A. (2017). Sistem Informasi Akuntansi (Berbasis Akuntansi). Deepublish.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Hartikayanti, H. N., Rahmah, N. A. (2022). Factors Affecting the Use of Green Information Systems (GIS) in Higher Education. Tec Empresarial Cocta Rica, v. 17 n.2. p. 112-120. 2022 P-ISSN: 1659-2395; E-ISSN: 1659-3359
Hasibuan, R. M., Fitriani Harahap M., & Armansyah Lubis, S.E., M. . (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Cafe Vanilla Panyabungan. Jurnal Misi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS), 4(3), 175–182.
Jogiyanto, H. . (2017). Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis). Andi.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajeman Pemasaran (PT.Indeks (ed.); 12 Jilid 1).
Layongan, C., Nangoi, G. N., & Kalalo, M. K. (2022). Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Software SAP terhadap Kepuasan Pengguna pada PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kotamobagu. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Hukum), 5(2), 309–322.
Maydianto, & Ridho, M. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop. Jurnal Comasie, 02, 50–59.
Muhammad, O. (2018). Bab Ii Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 8–24.
Muharsyah, A., & Ekawati, R. K. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Tokopedia Dengan Model Delone And Mclean Di Kota Palembang. JuSiTik : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, 4(2), 20–27. https://doi.org/10.32524/jusitik.v4i2.505
Mulyawan, A., Rosadi, D., & Mardira Indonesia, S. (2019). Sistem Informasi Customer Relationship Management Cv. Junindo Pratama. Jurnal Computech & Bisnis, 13(1), 36–41.
Negara, V. P., & Pratomo, D. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Kualitas Layanan Her Registrasi Igracias Terhadap Kepuasan Pengguna. JAF- Journal of Accounting and Finance, 1(01), 33. https://doi.org/10.25124/jaf.v1i01.903
Novita, D., & Helena, F. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 22–37. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i1.846
Pratiwi, W. (2021). Effect of Accounting Information Systems, System Quality, and Service Quality on Mobile Banking-Based Applications User Satisfaction. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 04(05), 383–396. https://doi.org/10.47191/jefms/v4-i5-05
Prawiranta, H., & Diana, R. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Gojek Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(3), 1–22.
Priyanto, Widiarto, S., & Darmadi, R. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem, Informasi Dan Layanan SIAKAD Online Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa AKPINDO Jakarta). Eduturisma, 3(2), 1–23.
Saputro, P. H., Budiyanto, A. D., & Santoso, A. J. (2017). Model Delone and Mclean untuk Mengukur Kesuksesan E-government Kota Pekalongan. Electronic Journal on e-Learning, 2(1), 203–216.
Septianita, Wi., Agus Winarno, W., & Arif, A. (2014). Effect System Quality, Information Quality, Service Quality of Rail Ticketing System (RTS) to User Satisfaction (Empirical Study at PT. KERETA API INDONESIA (Persero) DAOP 9 JEMBER). 1(1), 53–56.
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764.
Sihotang, J. S. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Layanan Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instasi (SAKTI). Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 11(1), 1–9.
Simon Nisja Putra Zai, A. F. D. (2014). Pengaruh Pentingnya Sistem, Kualitas Sistem& Kualitas Informasi Terhadap Kegunaan& Kepuasan Pengguna Dalam Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus di RSUP Dr.Soeradji Tirtonegoro Klaten). Yogyakarta, Unversitas Negeri Yogyakarta, 1992.
Suawa, E. E., Lapian, J., & Mandagie, Y. (2021). Analisis Komparasi Kualitas Pelayanan di Indomaret dan Alfamart Teling Atas Kota Manado. Jurnal EMBA, 9(3), 1601–1610. file:///C:/Users/USER/Documents/proposal/jurnal/Analisis Komparasi Kualitas Pelayanan Di Indomaret Dan Alfamart Teling Atas Kota Manado.pdf
Sudana, I. K., & Yesy Anggreni, N. L. P. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kober Mie Setan (Study Kasus Kober Mie Setan Peguyangan). Jurnal Pendidikan Widyadari, 22(2), 555–561. https://doi.org/10.5281/zenodo.5574445
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi. CV.Alfabeta.
Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D (Cetakan 28). CV.Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suharsimi, A. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipata.
Sumarsid dan Atik Budi Paryanti. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 70–83. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.867
Tampanguma, I. K., Kalangi, J. A. F., Walangitan, O., Bisnis, P. S. I. A., & Ratulangi, F. I. S. dan P. U. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado. Productivity, 3(1), 7–12.
Titin Endrawati, Anung Widodo, S. R. (n.d.). Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Jaklingko Pada PT Jaklingko Jakarta Level of Customer Satisfaction With Jaklingko Services At PT Jaklingko Jakarta. 255–265. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Trihandayani, L. H., Aknuranda, I., & Mursityo, Y. T. (2018). Penerapan Model Kesuksesan Delone dan Mclean pada Website Fakultas Ilmu Komputer ( FILKOM ) Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(12), 7074–7082.
Tulodo, B. A. R., & Solichin, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 10(1), 25–43.
Ulita, C. E., & Sutrisna, E. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Eka Sari Lorena “Esl Express.” Journal of Chemical Information and Modeling, 6(2), 1–15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/25274
Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa Desain Servqual Edisi ke 2. Indeks, 14.
Published
2023-08-21
Abstract viewed = 124 times
pdf downloaded = 125 times