Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Di E-Commerce Lazada

  • Poppy Avianti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Siti Aminah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Abstract

The rapid development of the internet has the potential to become a new business tool for profit, which is then used by business people to carry out business activities using electronic trading systems or often called e-commerce in meeting the needs of society more efficiently and effectively. This study aims to determine the effect of Electronic Word Of Mouth and Brand Image on Purchase Intention in E-commerce Lazada. This research was conducted on 84 respondents who are active students of the Faculty of Economics and Business Class of 2019 UPN “Veteran†Jawa Timur who knew Lazada e-commerce. And selected using non-probability sampling and purposive sampling methods. The data analysis technique in this study is the Partial Least Square (PLS) analysis technique. Data is primary data by using the method of collection through a questionnaire. The Likert scale is used to measure variables in this study. The results of the study show that Electronic Word Of Mouth and Brand Image have a significant positive effect on Purchase Intention.

Keywords : Brand Image; E-commerce; Electronic Word Of Mouth; Purchase Intentions

 

Abstrak

            Perkembangan internet yang pesat berpotensi sebagai sarana bisnis baru untuk memperoleh keuntungan, yang kemudian dijadikan para pebisnis untuk melakukan aktivitas bisnis dengan menggunakan sistem perdagangan elektronik atau sering disebut ecommerce dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang lebih efisien dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Brand Image terhadap Purchase Intention di Ecommerce Lazada. Penelitian ini dilakukan terhadap 84 responden yang merupakan mahasiswa/mahasiswi aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2019 UPN Veteran Jawa Timur yang mengetahui e-commerce Lazada. Dan dipilih menggunakan metode non-probability sampling dan purposive sampling. Teknik analisis data pada penelitian adalah teknik analisis Partial Least Square (PLS). Data merupakan data primer dengan menggunakan metode pengumpulan melalui kuesioner. Skala likert digunakan untuk mengukur variabel pada penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word Of Mouth dan Brand Image berpengaruh siginifikan positif terhadap Purchase Intention.

Kata Kunci: Brand Image; E-commerce; Electronic Word Of Mouth; Purchase Intention

References

Aisyah, Dian, and Yunita Engriani. “Pengaruh Reputasi, Kualitas Informasi, Dan e-WOM Terhadap Minat Beli Pada Situs Jual Beli Online Tokopedia Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Pelanggan.” Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha 1, no. 4 (2019): 48–59. https://doi.org/10.24036/jkmw0278990.
Ayu Desy Trisnadewi Darmawan, Putu, Putu Ngurah Suyatna Yasa, Ni Made Wahyuni, and Kadek Goldina Puteri Dewi. “Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bi Snis Pengaruh Elektronic Word Of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 7, no. 1 (2022): 89–100. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen.
Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun. https://www.bps.go.id/indicator/12/1975/1/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun.html, diakses pada 15 januari 2023.
Benowati, S. G., & Purba, T. Pengaruh Citra Merek dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah di Kota Batam. Journal of Management, Accounting, Economic and Business, (2020) 1(1), 56–70.
Databoks.Katadata. (2022). Google Prediksi E-commerce Indonesia Terus Menguat Sampai 2025.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/28/googleprediksi-e-commerce-indonesia-terus-menguat-sampai-2025, diakses pada 15 januari 2023
Databoks.Katadata. (2022). Jumlah Pengguna Internet Di Indonesia Tahun 2018-2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022, diakses pada 15 januari 2023.
Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Fransiscus, Billy, and Nur Elfi Husda. “Pengaruh Brand Image, Promosi Penjualan Dan Duta Merek Terhadap Minat Beli Konsumen E-Commerce Blibli Pada Masyarakat Kota Batam.” Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK) 4 (2022): 536–41. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/5308.
Iprice. (2021). Peta E-commerce Indonesia. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/, diakses pada tanggal 18 januari 2023
Kuswibowo (Politeknik APP), Christian, and Aji Kresno Murti (Politeknik APP). “Analisis Pengaruh Brand Image, Promotion, Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Online Shop.” Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik 5, no. 1 (2021): 53–61. https://doi.org/10.30988/jmil.v5i1.726.
Lestari, Erika D, and Ce Gunawan. “Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli.” Februari 2021 EMBISS 1, no. 2 (2021): 75. https://embiss.com/index.php/embiss.
Maskuri, Muh Ali, Ergo Nurpatria Kurniawan, Mursida Kusuma Wardani, and Meli Andriyani. “Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Online.” Jurnal Manajemen Kewirausahaan 16, no. 2 (2019): 139. https://doi.org/10.33370/jmk.v16i2.348.
Naufal, Lutfi, and Mahir Pradana. “Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Platform E-Commerce Bukalapak.” E-Proceeding of Management : 8, no. 5 (2021): 5768–73.
Quality, Pengaruh E-service, and D A N E-wom Terhadap. “Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Tokopedia Di Organisasi Himacan Kota Medan Skripsi Oleh : Lusi Sihombing Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area Medan Skripsi Oleh : Lusi Sihombing Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Medan,” 2022.
Sanana, Anita, Muslichah Erma W, and Enny Istanti. “Pengaruh Inovasi Produk, Promosi, Electronic Word of Mouth (EWOM), Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Pucelle Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Surabaya.” Benchmark 2, no. 1 (2021): 11–24. https://doi.org/10.46821/benchmark.v2i1.218.
Topbrand-award.com. (2022). Top Brand Award. https://www.topbrandaward.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=6&id_s ubkategori=540. Diakses pada 14 Januari 2023
Wisnu Wardhana, Handika, Zakaria Wahab, Muchsin Saggaff Shihab, and Yuliani Yuliani. “Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen.” Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen 12, no. 3 (2021): 431–46. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i3.627.
Published
2023-09-17
Abstract viewed = 119 times
pdf downloaded = 115 times