Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan ( Studi Emperis Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2016-2022)

  • Fadzilla Isnaini Puspitasari Universitas Stikubank Semarang
  • Sunarto Sunarto Universitas Stikubank Semarang

Abstract

This study aims to examine and analyze the factor that influence firm value. Some of the variables used in this study are leverage, profitability, company size, and company growth. The population used in this study are companies in the real estate and property sector that are listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2022. The method used to collect this data is purposive sampling method. The number of samples used is 46 companies and the number used is 322 data. When processing data, there are several company data that must be outlier. After the outlier data, the number of samples used was 143 data. The analytical method used in this study is the quantitative analysis method. The results of this study show that leverage and company growth have no effect on firm value. While the profitability and size of the company positive affect the value of the company.

Keywords: Leverage, Profitability, Company Size, Company Growth, and Company Value

References

Anggawinata, J., Chanaka, R., Suwarmansyah, S., Kwanty, K., & Teng, S. H. (2022). Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Konsumsi yang Terdaftar di BEI. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 446-458.
Anni’Mah, H. F., Sumiati, A., & Susanti, S. (2021). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Indeks IDX SMC Composite 2019. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 2(2), 260–279.
Akerlof, G.A., 1970. The market for `Lemons': Quality uncertainty and the market mechanism. Quarterly Journal of Economicsi, 84: 488-500.
Dessriadi, G. A., Harsuti, H., Muntahanah, S., & Murdijaningsih, T. (2022). Pengaruh Kebijakan Dividen, Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 195. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.506
Dewantari, N. L. S., Cipta, W., & Susila, G. P. A. J. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages Di Bei. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2), 74. https://doi.org/10.23887/pjmb.v1i2.23157
Diah Ayu Shinta Dewi, I Dewa Made Endiana, I. G. A. A. P. (2022). Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. Jurnal Kharisma, 4(2), 81–91.
Faizra, Y. L. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 22(2), 176–188. https://doi.org/10.30596/11507
Fitri Prasetyorini, B. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Imu Manajemen, 1(1), 183–196.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete SPSS 25.
Gujarati, D. N., & Porter, D. (2009). Basic Econometrics Mc Graw-Hill International Edition.
Gumanti, T. A. (2009). Teori sinyal dalam manajemen keuangan. Manajemen Usahawan Indonesia, 38(6), 4-13.
Industri Kontan, Sektor Properti Diperkirakan Tumbuh Tahun 2023, Pengembang Mulai Rilis Produk-produk. February 13, 2023, https://industri.kontan.co.id/news/sektor-properti-diperkirakan-tumbuh-tahun-2023-pengembang-mulai-rilis-produk-produk
Irsad, M., & Sudarsi, S. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Deviden, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017. Proceeding SENDIU, 2000, 978–979.
Jensen, M., & Meckling, W. (2012). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs, and ownership structure. The Economic Nature of the Firm: A Reader, Third Edition, 283–303. https://doi.org/10.1017/CBO9780511817410.023
Lisa, E. (2018). Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi Volume X No. 1 / Februari / 2018. X(1), 21–39.
Mufidah, N., & Utiyati, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10(2), 1–17.
Nabila Barnades, A., & Suprihhadi, H. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages Di Bei Periode (2014-2018). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 9(6), 1–20.
Nasir, M., Arifai, M., & Chairina, T. (2022). Hubungan Kausalitas Leverage, Return On Equity, Earning Per Share, Ukuran Perusahaan dengan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Property, Real Estate and Building Construction yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Moneter - Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 9(1), 39–50. https://doi.org/10.31294/moneter.v9i1.11081
Natalie, V., & Lisiantara, G. A. (2022). Pengaruh Profitabilitas (ROA), Likuiditas (AKO), Ukuran Perusahaan (SIZE), dan Leverage (LTDER) terhadap Nilai Perusahaan. Owner, 6(4), 4175–4186. https://doi.org/10.33395/owner.v6i4.1057
Nuswandari, C., Sunarto, S., & Jannah, A. (2019). Corporate Social Responsibility Moderated the Effect of Liquidity and Profitability on the Firm Value. 86(Icobame 2018), 87–90.
O. Fakhrana, Yetty, M., & S. Bambang. (2018). ( Studi Empiris Perusahaan Sektor Real Estate , Properti , dan Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016 ). Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 16(1), 83–97.
Oktaviarni, F. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Kebijakan Dividen, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.9.1.1-16
Pramudia, N. S. (2020). Siti Rokhmi Fuadati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Prawira, I. Y., AR, M. D., & Endang NP, M. G. W. (2014). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15(1), 1–7.
Putra, B. A. I., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 149. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.195
Rofila, A., & Subardjo, A. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 7(7), 1–20.
Samosir, R. C., Herlina Novita, Rutmia, Kristina Sarumaha, & Eliza Saragih. (2022). Pengaruh Harga Saham, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2018-2020. Akurasi : Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 77–86. https://doi.org/10.29303/akurasi.v5i1.150
Sari, P. I. P., & Abundanti, N. (2014). Leverage terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 3(5), 1427–1441.
Setiyowati, R., & Tjahjono, R. S. (2022). LIKUIDITAS , LEVERAGE , DAN PERTUMBUHAN ENTITAS TERHADAP NILAI. 2(4), 503–514.
Sinaga, A. N., Perdy, P., & Purba, A. T. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan Dan Laverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 5(1), 400–408.
Sunarto. (2019). DETERMINAN NILAI PERUSAHAAN Program Studi Akuntansi , Fakultas Ekonomika Dan Bisnis , Universitas Stikubank Semarang. September, 134–138.
Sunarto, Budi & Prasetyo, A. (2009). Effect of leverage, size, and company growth on profitability. Management Review, 6, 86–103. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe5/article/view/2072
Sunarto. (2009). TEORI KEAGENAN DAN MANAJEMEN LABA Oleh: Sunarto Fakultas Ekonomi Unisbank Semarang. 1(1), 13–28.
Suryana, F. N., & Rahayu, S. (2018). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). e-Proceeding of Management, 5(2), 2262–2269.
Suryandani, A. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Property Dan Real Estate Di Bei. BMAJ: Business Management Analysis Journal, 1(1), 49–59. https://doi.org/10.24176/bmaj.v1i1.2682
Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I. K. (2017). Hartono dkk 2016. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1248–1277.
Widati, L. W. (2023). Pengaruh leverage , profitabilitas , pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan manufaktur industriibarang konsumsii. 7(1), 171–184. https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i1.1031
Zuhroh, I. (2019). The Effects of Liquidity, Firm Size, and Profitability on the Firm Value with Mediating Leverage. KnE Social Sciences, 3(13), 203. https://doi.org/10.18502/kss.v3i13.4206
Published
2024-03-16
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times