Pengaruh Financial Literacy, Parents’ Income, Parents’ Academic, Dan Parents’ Occupation Terhadap Financial Management Behavior Pada Generasi Z Di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.6980Keywords:
Generasi Z, Literasi Keuangan, Pekerjaan Orang Tua, Pendapatan Orang Tua, Pendidikan Orang Tua, Perilaku Pengelolaan KeuanganAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis pengaruh literasi keuangan, pendapatan orang tua, pendidikan orang tua, dan pekerjaan orang tua terhadap perilaku pengelolaan keuangan generasi Z di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 400 responden generasi Z di Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai teknik analisis data untuk mengukur intensitas hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa literasi keuangan, pendapatan orang tua, pendidikan orang tua, dan pekerjaan orang tua berpengaruh signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan generasi Z di Kota Bandung. Jika dilihat berdasarkan masing-masing variabel, diperoleh hasil bahwa literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan pada generasi Z di Kota Bandung. Namun pendapatan orang tua, pendidikan orang tua, dan pekerjaan orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan generasi Z di kota Bandung.
References
[2] Badan Pusat Statistik. (2020). Jumlah Penduduk Menurut Wilayah, Kelompok Umur, dan Jenis Kelamin, Indonesia 2020.
[3] Badan Pusat Statistik. (2021). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin, 2021.
[4] Badan Pusat Statistik Kota Bandung. (2022). Penduduk Kota Bandung Berdasarkan Kelompok Umur dan Jenis Kelamin (Jiwa), 2019-2021.
[5] Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2022). Rata-rata Pengeluaran per Kapita Sebulan Makanan dan Bukan Makanan Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat (Rupiah), 2020 dan 2021.
[6] Bapat, D. (2020). Antecedents to responsible financial management behavior among young adults: moderating role of financial risk tolerance. International Journal of Bank Marketing, 38(5), 1177–1194.
[7] Baptista, S. M. J., & Dewi, A. S. (2021). The Influence of Financial Attitude, Financial Literacy, and Locus of Control on Financial Management Behavior (Study Case Working-Age of Semarang). International Journal of Social Science and Business, 5(1), 93–98.
[8] Candiya Bongomin, G. O., Munene, J. C., Ntayi, J. M., & Malinga, C. A. (2017). Financial literacy in emerging economies: Do all components matter for financial inclusion of poor households in rural Uganda? Managerial Finance, 43(12), 1310–1331.
[9] Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil. (2022). Jumlah Migrasi Masuk Antar Provinsi Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat.
[10] Endarwati, O. (n.d.). OCBC NISP: Literasi Kuangan Generasi Muda RI Rendah. Retrieved October 31, 2022, from
[11] Iriani, A. R., Rahayu, C. W. E., & Rahmawati, C. H. T. (2021). The influence of demographic factors and financial literacy on the financial behavior. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 10(1), 33–45.
[12] Katadata Insight Centre. (2021). Perilaku Keuangan Generasi Y & Z. Katadata.co.id, 17–18.
[13] Katadata Media Network. (2018). 2018, Jumlah Penduduk Indonesia Mencapai 265 Juta Jiwa.
[14] Katadata Media Network. (2019). Jumlah Penduduk Indonesia 2019 Mencapai 267 Juta Jiwa.
[15] Khairani, F., & Alfarisi, M. F. (2019). Pada Mahasiswa S1 Universitas Andalas Padang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 360–371.
[16] Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 131–139.
[17] Lee, P. (2021). Orang Indonesia Telat Rencanakan Keuangan, Mau Sampai Kapan?
[18] Mahmudah, N., & Retnosari. (2021). Pengaruh Financial Literacy, Parent Income, Dan Hedonisme Terhadap Manajemen Keuangan Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Maneksi, 10(2), 186–194
[19] Meneau, L. K., & Moorthy, J. (2022). Struggling to make ends meet: can consumer financial behaviors improve? International Journal of Bank Marketing, 40(2), 263–296.
[20] Minta, Sri, Suriani, & Meutia, R. (2022). Pengaruh Pendapatan Dan Jumlah Penduduk Terhadap Konsumsi Masyarakat di Provinsi Aceh Dengan Regresi Data Panel. 01(01), 1–17.
[21] Mutlu, Ü., & Özer, G. (2022). The moderator effect of financial literacy on the relationship between locus of control and financial behavior. Kybernetes, 51(3), 1114–1126.
[22] Nisa, F. K., & Haryono, N. A. (2022). Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude, Financial Self Efficacy, Income, Locus of Control, dan Lifestyle terhadap Financial Management Behavior Generasi Z di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 82–97.
[23] Nugraha, F. R. (2022). 10 Kota dengan Penduduk Terbanyak di Indonesia.
[24] Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Salinan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 30 /Seojk.07/2017.
[25] Paramita, K., Wahyudi, & Fadila, A. (2020). Determinan Perilaku Pengelolaan Keuangan pada Pelaku Industri Kecil Menengah. Studi Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 213–232.
[26] Philip. (2019). Pengaruh Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian dengan Perilaku Konsumtif sebagai Variabel Intervening pada Pembelian Sneakers Branded oleh Generasi Z di Surabaya. Agora, 7(2)
[27] Prasasti, G. D. (2022). Gen Z Lebih Aktif Belanja Online Ketimbang Milenial di Ramadhan 2022.
[28] Pratama, I., Jasman, J., & Saharuddin. (2022). Pengaruh literasi keuangan, pendapatan orang tua, dan gaya hidup hedonis terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 819–825.
[29] Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pascal Books: Tanggerang Selatan.
[30] Putri, I. R., & Tasman, A. (2019). Pengaruh Financial Literacy dan Income terhadap Personal Financial Management Behavior pada Generasi Millennial Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01(01), 151–160.
[31] Rahmawany. (2020). Analisis Perilaku Keuangan Mahasiswa Yang Dipengaruhi Oleh Literasi Keuangan Dan Pendapatan Orang Tua. Seminar of Social Sciences Engineering & Humaniora, 1, 1
[32] Rika, H. (2021). Indeks Perilaku Keuangan Generasi Muda Cuma 37,72 dari 100.
[33] Ritakumalasari, N., & Susanti, A. (2021). Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Locus of Control, Dan Parental Income Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1440–1450.
[34] Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia: Yogyakarta.
[35] Sakinah, G., & Mudakir, B. (2018). Analisis Literasi Keuangan Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Angkatan 2014 - 2017. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 1(2), 54–70.
[36] Sampoerno, A. E., & Asandimitra, N. (2021). Pengaruh Financial Literacy, Income, Hedonism Lifestyle, Self-Control, dan Risk Tolerance terhadap Financial Management Behavior pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 1002-1014.
[37] Taime, H., & Djaelani, P. N. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Jumlah Penduduk Terhadap Tingkat Pengangguran di Kabupaten Mimika. Journal of Economics and Regional Science, 1(1), 54–66.

