Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2019 – 2022)

  • Rafly Muhammad Musthofa Universitas Stikubank
  • Batara Daniel Bagana Universitas Stikubank
Keywords: Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Dividen, dan Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah likuiditas, leverage, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan kebijakan dividen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 41 perusahaan dan jumlah data yang digunakan sebanyak 164 data. Pada saat mengolah data, terdapat beberapa data perusahaan yang harus di outlier. Setelah dilakukan outlier, total sampel yang diperoleh sebanyak 94 data. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas dan kebijakan dividen berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Leverage, profitabilitas, dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

 

Kata Kunci: Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Dividen, dan Nilai Perusahaan

References

Amaliyah, F., & Herwiyanti, E. (2020). Pengaruh Keputusan Investasi, Ukuran Perusahaan, Keputusan Pendanaan Dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan . Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 43.
Aeni , N. A., & Asyik , N. F. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 1.
Amrulloh, A., & Dwita, A. A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Likuiditas Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan . Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 182.
Ayuningtyas, P., & Bagana, Batara. D. (2023). Pengaruh Solvabilitas, Profitabilitas Dan Aktivitasterhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Idx Lq45 Pada Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2019. Jurnal Kresna: Kumpulan Riset Akuntansi, 190.
Bita, F. Y., Hermuningsi, S., & Maulida, A. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Syntax Transformation, 300.
Brigham F, & Houston J. (2019). Fundamentals Of Finacial Management.
Chusnitah, N. M., & Retnani, E. D. (2017). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan . Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi , 18-19.
Damayani, K. A., & Wirawati, N. P. (2022). Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 20.
Damayanti, N. E., & Darmayanti, N. A. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Transportasi Dan Logistik. E-Jurnal Manajemen, 1468-1469.
Dwiputra, T., & Viriany. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara, 982 - 983.
Faizra, Y. L., Lubis, P. A., Ifazah, L., & Muthmainnah. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 178.
Fathihani. (2019). Analisis Pengaruh Leverage, Likuiditas, Tax Avoidance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 169.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam IBM SPSS 25. Jakarta: Badan Penerbit Universitas Dipenegoro.
Handali, W., Kurniawan, & Mulyanta, S. (2022). Pengaruh Kebijakan Dividen, Leverage, Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. journal In Management And Entrepreneurship, 79.
Harahap, R. (2020). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesian. Akuntansi Prima, 86.
Hendryani, V., & Amin, M. N. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Hutang dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurusan Akuntansi, 192.
Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada.
Hendraliany, S. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Deviden Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2017). Jurnal Ekonomika dan Manajemen , 56.
Ibrahim, M., & Jonnardi. (2020). Pengaruh Leverage, Growth, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Di Bei. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara, 286-287.
Irsad, M., & Sudarsi, S. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Deviden, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2017). Jurnal Proceeding SENDIU , 557-558.
Jesen , & Meckling. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of Economics.
Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Kolamban, D., Murni, S., & Baramuli, D. (2020). Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Perbankan Yang Terdaftar Di Bei . Jurnal EMBA, 176.
Latief, A. (2022). Likuiditas, Kebijakan Dividen, Leverage, Non-Performing Loandan Nilai Perusahaan Bank BUMN yang Go Public. Riset & Jurnal Akuntansi, 3415.
Lukman, I., & Albar, S. G. (2022). Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaanterhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Impresi Indonesia (JII), 306.
Lumoly, S., Murni, S., & Untu, V. (2018). Pengaruh Likuiditas,Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Peruhaan. Jurnal EMBA, 8.
Maharani, R., Siswatiningsih, I., & Kusumawardani, M. R. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Hotel, Pariwisata, Dan Restoran Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2019 . Jurnal Manajemen dan Akuntansi , 128-129.
Mufidah. (2019). Kebijakan Deviden, Investasi, Pendanaan, dan Tata Kelola Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 – 2017. Jurnal Manajemen dan Sains, 60-61.
Mujiono, F., & Hakim, A. D. (2021). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Asset, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan . Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 3.
Myers, S. C. (1984). The Capital Structure Puzzle. Amerika: The Journal of the American Finance Association.
Nadiyasari, & Gantino, R. (2021). Perbandingan Pengaruh Profitabilitas Leverage dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Sub-Sektor Pertambangan Baru Bara dan Sub Sektor Pertambangan Minyak Mentah dan GasAlam). Indonesian Journal Accounting (IJAcc), 100.
Nanda Perwira, A. G., & Wiksuana, I. B. (2018). Pengaruh Profitabilitas Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Kebijakan Dividen Dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 3771.
Nugraha, A. G., Maulid, T., & Falah, S. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Good Corporate Governance, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi & Keuangan Daerah, 8.
Nurrohman, G. D. (2022). Pengaruh Solvabilitas, Profitabilitas, dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan Sektor Industri Food and Beverage (F&B) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2020. Jurnal Ekonomika dan Bisnis, 21.
Pramudia, N. S., & Fuadati, S. R. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan perusahaan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1 - 2.
Prasetyo, Y., Ernawati, N., & Hakm, A. R. (2021). Pengaruh Solvabilitas,Likuiditas,dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Audit Syariah, 189.
Rahayu, M., & Sari, B. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, 74.
Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 78-79.
Rolanta, R., Dewi, R., & Suhendro. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen , 57-59.
Santoso, B. A., & Junaeni, I. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Riset & Jurnal Akuntansi, 1609.
Saputri, A. N. (2020). Pengaruh KebijakanDeviden ,Likuiditas ,Manajemen Aset ,dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri FoodAnd Beverages Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016-2020. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi, dan Bisnis, 174.
Saputri, C. K., & Giovanni, A. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Management Studies, 93.
Setiyowati, R., & Tjahjono, R. S. (2022). Likuiditas, Leverage, Dan Pertumbuhan Entitas Terhadap Nilai. E-Jurnal Akuntansi Tsm, 506-507.
Silalahi, E., & Sihotang, V. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 157.
Sudjiman, L. S., & Sudjiman, P. E. (2022). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas,dan Solvabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 326.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Suriana, O., Fraternesi, & Febriansyah, E. (2020). Pengaruh Solvabilitas, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam, 93.
Susesti, D. A., & Wahyuningtyas, E. T. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Lq45 Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. Jurnal Accounting and Management , 40.
Sutama, D. R., & Lisa, E. (2018). Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, 24.
Sutisna, P., & Suteja, J. (2020). Kebijakan Dividen, Hutang, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 32.
Thio, K. T., & Susilandari, C. A. (2020). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, Auditing dan Keuangan, 172.
Tusolihah, N., & Hunein, H. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal Dan Agresivitas Pajak Terhadap Nilai Perusahaan. Economic, Accounting, Management and Business , 269.
Utami, R. R., Nababan, W. J., Siregar, V. A., Gulo, N. I., & Siahaan, U. S. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Size Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, 100.
V. Wiratna, S. (2018). Riset Penelitian Bisnis. Jakarta Selatan: Pustaka Baru Press.
Zunita, A., & Bagana, Batara. D. (2022). Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen dan Agresivitas Pajak Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 79.
Published
2024-06-11
Abstract viewed = 45 times
pdf downloaded = 26 times