Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Belanja Kebutuhan Di Grosir Sembako Ibu Ervina Kelurahan Aek Paing Tengah

  • Elvi Rahma Dani Universitas Labuhanbatu, Rantauparapat, Indonesia
  • Hayanuddin Safri Safri Universitas Labuhanbatu, Rantauparapat, Indonesia
  • Raja Saul Marto Hendry Universitas Labuhanbatu, Rantauparapat, Indonesia

Abstract

This study aims to analyze the effect of Product Quality, Price and Price Discounts on Consumer Satisfaction shopping needs at Wholesale Sembako Mrs. Ervina Kelurahan Aek Paing Tengah To determine the effect of Product Quality, Price and Promotion on Consumer Satisfaction with a sample of 134 people. The data collection technique was carried out by questionnaire or primary data ... The results showed that simultaneously the variables of the Effect of Product Quality, Price, and Promotion had a positive and significant effect on Customer Satisfaction with a calculated F value of 11,650 greater than Ftable 2.37 with a significant value of 0.000 <0.05, partially Product Quality has a positive but insignificant effect on Customer Satisfaction obtained tcount value 0, 263 is smaller than the t table 1.65 partially Price has a positive but insignificant effect on consumer decisions to buy with t count 1.985 greater than the t table 1.65 and the significance value of t is 0.049 < 0.05, partially Promotion has a positive and significant effect on consumer decisions obtained tcount 3.317> t table 1.65 and the significance value of t is 0.001 < 0.05.

Keywords: Product Quality, Price, Promotion, Consumer Satisfaction

References

A. S. Moenir, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, (Jakarta: PT Bumi Aksara, Tahun 2006), 3Etta Mamang Sangadji dan Sopiah, Perilaku Konsumen, (Yogyakarta: C.V. Andi Offset, Tahun 2013), h. 7. 4Ibid, h. 9.
Amelia, M. S. (2016). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Cafe Coffee Time Kopo Bandung (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).
Arumsari, D. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua. Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis,
Darma, Budi. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia, 2021.
Dewa, Chriswardana Bayu. "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wisatawan di Yogyakarta)." Perspektif: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika 16.1 (2018): 1-6.
Faroh, Wahyu Nurul. "Analisa pengaruh harga, promosi, dan pelayanan terhadap keputusan pembelian." Journal Ilmiah Prodi Manajemen 4.2 (2017): 3-24.
Ibrahim, Malik, and Sitti Marijam Thawil. "Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen." Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4.1 (2019): 175-182.
Janie, Dyah Nirmala Arum. "Statistik deskriptif & regresi linier berganda dengan SPSS." Jurnal, April 52 (2012).
Kotler, P. and Keller, Kevin L. (2016). Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Pranata, Fajar, and Amelindha Vania. (2022). Analisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian." Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia 7.6: 6881-6890.
Rivai, Ade Risman, and Triyono Arief Wahyudi. (2017). Pengaruh persepsi kualitas, citra merek, persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan dengan kepercayaan dan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi 4.1: 29-37.
Slat, Andre Henri. (2013). Analisis harga pokok produk dengan metode full costing dan penentuan harga jual. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1.3
Telussa, Ade M., Elvinus R. Persulessy, and Zeth A. Leleury. (2013). Penerapan analisis korelasi parsial untuk menentukan hubungan pelaksanaan fungsi manajemen kepegawaian dengan efektivitas kerja pegawai. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan 7.1 15-18.
Venessa, Ike, and Zainul Arifin. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-B. Diss. Brawijaya University, 2017.
Zulkarnaen, Wandy, and Neneng Nurbaeti Amin. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 2.1: 106-128.
Published
2023-09-28
Abstract viewed = 85 times
pdf downloaded = 72 times