Strategi Peningkatan Pelayanan Princess Rental CAR Karawang Dengan Menggunakan Analisis SWOT
Abstract
Kualitas pelayanan sangat berpengaruh dalam dunia bisnis karena akan berdampak pada citra perusahaan. Dalam usaha jasa sewa mobil Princess Rental Car terdapat permasalahan terkait pelayanan yang dirasakan oleh pelanggan seperti respon terhadap kebutuhan yang diperlukan konsumen kurang cepat serta jadwal sewa yang tidak terorganisir yang mengakibatkan ketidaksesuaian antara permintaan dan jumlah mobil yang tersedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaksimalkan strategi kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang memengaruhi bisnis sewa mobil Princess Rental Car. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dari hasil wawancara dan observasi yang selanjutnya dilakukan analisis menggunakan alat analisis SWOT. Hasil penelitian dan analisis matriks IFE dan EFE didapatkan Strengths dan Opportunities (SO) sebesar 5,44, Strengths dan Threats (ST) sebesar 3,65, Weaknesses dan Opportunities (WO) sebesar 3,20, Weaknesses dan Threats sebesar 1,41. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Princess Rental Car berada pada posisi Kuadran I, di mana sumbu x = 2,25 dan sumbu y = 1,79 dan mendukung strategi agresif (positif-positif) yang memungkinkan untuk terus melakukan kegiatan, memperbesar pertumbuhan dan perkembangan bisnis dengan cara memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada.
References
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor (Vol. 1, Issue 2).
Arianto, N., & Octavia, B. D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 98. Https://Doi.Org/10.32493/Drb.V4i2.9867
Caraka, P., & Rahardjo, M. (2017). Pengembangan Strategi Bisnis Menggunakan Metode Ife, Efe, Qspm, Swot Dalam Mengembangkan Bisnis Pt. Xyz. Http://Techno.Okezone.Com/Read/2015/09/19/57/1217340/2015-Pengguna
Fatimah. (2020). Teknik Analisis Swot. Anak Hebat Indonesia.
Haryanto, & Sembiring, H. R. U. (2021). Membangun Pribadi Prima Dalam Pelayanan Publik. Media Nusa Creative (Mnc Publishing).
Hasiholan, L. B. S. E. D. A. And A. P. P. (2021). Peranan Analisis Swot Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Franchise Panganan Ringan Di Kota Semarang. Media Sains Indonesia.
Hery. (2019). Manajemen Pemasaran. Pt Grasindo.
Jannah, A., Sulistiyani, E., Administrasi Bisnis, J., & Negeri Semarang, P. (2017). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Berbasis Swot Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Candisari. In Jurnal Jobs (Vol. 3, Issue 2). Https://Jurnal.Polines.Ac.Id/Index.Php/Jobs
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori Dan Praktik. Pt Raja Grafindo Persada.
Kotler, P. And L. K. (2017). Marketing Management (15th Ed.).
Kristanto, T., & Muliawati, C. (2017). Rachman Arief 3) , Dan Syaiful Hidayat 4) Jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya 1),3) Jurusan Teknik Kimia, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya 2) Jurusan Teknik Informatika, Universitas Dr. Soetomo 4) Jl. Arief Rachman Hakim No. 100 Surabaya 1),2),3) Jl. Semolowaru No. 84 Surabaya 4) Telp : +6285730370856 1. In Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (Issue 2).
Mukarom, Z. And L. (2018). Manajemen Pelayanan Pubik. Cv. Pustaka Setia.
Pongantung. (2021). 76 Manajemen Strategis Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Motoling Dua Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan Maria Christina Pongantung Salmin Dengo Rully Mambo. Ejournal.Unsrat.Ac.Id.
Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis Swot. Pt Gramedia.
Siswanto, A. And S. M. (2019). Analisis Swot Dengan Metode Kuesioner. Cv Pilar Nusantara.
Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar: Manajemen Pemasaran (Pertama). Cv Pustaka Abadi.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta
Copyright (c) 2024 Akhmad Akhmad, N. Neni Triana, Thomas Nadeak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.